7 Orang yang Berperan Positif Dalam Proses Perkembangan Diri Kamu

photo-1449495169669-7b118f960251

Dalam kehidupan ini, kamu tidak bisa hidup sendirian. Segigihnya mengurus diri sendiri, kamu harus sadar dirimu adalah manusia yang membutuhkan orang lain sebagai pelengkap hidup. No man is an island, kata pepatah Inggris. Inilah sebabnya manusia memiliki keluarga dan teman. Ini juga sebabnya banyak orang ingin berpasangan dan cepat-cepat menikah, karena jauh di dalam lubuk hati mereka, mereka tidak ingin sendirian.

Kamu sudah banyak belajar tentang orang-orang macam apa yang harus kamu hindari karena hanya bisa memberikan pengaruh negatif dalam hidupmu. Setelah kamu belajar menyingkirkan orang negatif, saatnya kamu mengetahui siapa saja orang penting dan positif yang layak kamu pertahankan demi kebahagiaan dan perkembangan diri kamu ke arah yang lebih baik. Berikut ini adalah 7 daftar orang penting yang harus kamu miliki dalam hidup karena mereka berperan positif dalam proses perkembangan diri kamu.

1. Keluarga yang Mendukung dan Menyayangi Kamu

photo-1444681179373-730055ddc7b6via Unsplash

Tanpa keluarga, kita bukan apa-apa. Entah itu orang tua, kakak/adik, saudara lainnya, mereka mengenalmu luar dalam. Merekalah yang tahu siapa dirimu sebenarnya karena mereka tumbuh besar bersamamu sejak lahir. Keluarga yang benar-benar menyayangimu akan mendukungmu dan membuat hidup yang sulit terasa lebih mudah untuk dijalani.

2. Teman-Teman

photo-1469989336803-8876b8443f06via Unsplash

Kamu mengenal mereka dengan kepribadian mereka yang beragam. Merekalah refleksi diri kamu yang sesungguhnya. Mereka hadir untuk mewarnai hidupmu. Dengan merekalah kamu membentuk kepribadian yang kamu miliki sekarang ini. Bersyukurlah apabila kamu memiliki teman yang bisa dipercaya dan diajak berbagi suka dan duka tanpa drama. Tandanya pribadimu sudah cukup baik untuk mendapatkan teman seperti mereka.

3. Role Model

photo-1464998857633-50e59fbf2fe6via Unsplash

Role model adalah orang-orang di dalam hidupmu yang kamu jadikan panutan baik buatmu. Baik mereka adalah orang tua, kakek/nenek, saudara, atasan kantor atau guru, atau bahkan teman dekat. They’re the people you look up to the most. Kamu merasa mereka memiliki pengaruh besar dalam pembentukan dirimu yang sekarang ini. Siapapun mereka, pastikan mereka adalah orang yang memberikan pengaruh positif dalam hidupmu, ya.

4. Tokoh Idola

photo-1444068700300-d6ef2904d5e4via Unsplash

Content continue below...

Bedanya dengan role model, tokoh idola adalah orang-orang yang kamu kagumi di luar lingkungan sosialmu. Bisa saja mereka artis atau penyanyi idola, tokoh fiksi, tokoh sejarah favorit, motivator, pemain bola, dan masih banyak lagi. Kisah hidup atau kesuksesan mereka menjadi inspirasi hidupmu. Ada kalanya kamu merasa pengalaman hidupmu tidak jauh berbeda dengan tokoh idolamu sehingga kamu seolah mengenal mereka secara langsung juga.

5. Survivor

Processed with VSCO with hb2 presetvia Unsplash

Siapakah survivor yang dimaksud? Merekalah orang-orang yang perjuangan hidupnya sama denganmu sehingga kamu mudah nyambung dan berempati dengan mereka. They’re someone you can relate to the most. Berkat mereka, kamu tidak lagi merasa sendirian. Mereka memberimu motivasi untuk melalui hal buruk yang kamu alami saat ini.

6. Sahabat Terdekat

photo-1436246745626-344c04303c72via Unsplash

Dialah orang yang tahu luar-dalam dirimu. Dia tahu semua keburukanmu, namun dia tetap bertahan dalam hidupmu. Kamu sudah melalui banyak hal bersama dia. Bahkan kamu juga sudah hapal karakter sahabat kamu dan sebaliknya. Bagimu, kamu tidak perlu memakai topeng saat bersama dia. Kamu juga bisa mengandalkan sahabat untuk membantumu memecahkan berbagai masalah. Dialah orang yang tidak akan merendahkanmu atas kesalahan atau aib yang kamu miliki di masa lalu.

7. Konsultan atau Terapis yang Terpercaya

adolescenttherapyvia PCS Counseling

Meski kamu sudah memiliki keenam hal di atas, kamu masih tetap membutuhkan pembimbing yang mampu memberikan saran objektif dan berwawasan untuk pengembangan dirimu. Baik mereka psikolog, relationship coach, atau terapis, merekalah orang yang bisa kamu percayai untuk mendengarkan keluh kesahmu dan mampu memberikan saran dan solusi yang sesuai dengan permasalahanmu. Dalam Kelas Cinta, kamu bisa berkonsultasi dengan Lex dePraxis, seorang konsultan dan relationship coach terpercaya yang membantu kamu membina hubungan pasangan dan kualitas pribadi. Keberhasilannya pun sudah dibuktikan oleh ribuan pasangan dan individu.

Untuk berkonsultasi, hubungi contact person 081315390915 (SMS/What’s App), telepon: 021-5651772, atau klik isi online form ini. Baik berkonsultasi sendiri atau bersama pasangan, kamu bisa mendapat solusi atas permasalahan hidup apa saja, mulai dari pengembangan diri hingga manajemen hubungan. Kalau kamu masih bingung mencari konsultan terpercaya untuk solusi masalah pribadimu, segera hubungi nomor di atas!

Share Your Thoughts