Mengapa Kamu Harus Hargai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain?

hargai diri sendiri kelas cinta

Sering kali kamu berharap dapat cinta yang mendekati sempurna. Itu sebabnya, begitu kamu melihat seseorang yang menarik, kamu langsung mengejar dia. Kamu berharap dia menyadari ketulusan kamu. Kamu berharap dia menerima niat baikmu. Kamu berharap cintamu berbalas. Namun, saat dia menolakmu, hatimu kandas. Sulit rasanya untuk bangkit dan mulai hargai diri sendiri jika ditolak orang yang kamu suka.

Ingat tidak kapan terakhir kali kamu lakukan sesuatu untuk hargai diri sendiri? Jika jawabannya sudah cukup lama atau lupa, tidak heran. Manusia jarang sekali menghargai dirinya sendiri; terlepas dari fakta penelitian bahwa menghargai diri sendiri adalah salah satu kunci kebahagiaan hidup.

Menghargai diri sendiri tidak membuatmu kebal dari penolakan. Namun, bisa menjadi pengingat bahwa kamu tetap sayang diri sendiri dan berhak dapat yang terbaik, meskipun kamu ditolak berkali-kali. Berikut ini adalah alasan lainnya kamu harus hargai diri sendiri, sebelum menyerahkan hati kamu pada orang lain.

1. Kamu Tidak Lagi Mencari Pasangan Demi Melengkapi Diri Sendiri

aj-garcia-303540
via Unsplash

Sejak kecil, kita sudah diajari bahwa hidup tidak akan pernah lengkap tanpa kehadiran pasangan. Jika kamu tidak cepat-cepat dapat pasangan, berarti kamu patut dikasihani.

Ingin punya pasangan hidup atau tidak, itu pilihanmu. Menghargai diri sendiri berarti kamu nyaman dan tidak gampang berkecil hati saat orang lain mencemooh pilihanmu tersebut. Menurut penelitian, jika kamu mulai ragu pada diri sendiri, minta teman terdekat untuk menyebutkan apa saja kualitas dirimu yang positif. Lalu, lakukan hal sama padanya.

2. Kamu Tidak Lagi Buang-Buang Waktu Menunggu Kedatangan Jodoh

pexels-photo-78225
via Pexels

Hidupmu terlalu berharga dengan sia-siakan kesempatan dan waktu demi mengantisipasi kedatangan jodoh. Setelah kamu hargai diri sendiri, kamu tidak lagi menunggu. Kamu akan bangkit dan pergi mencari jodohmu. Kamu tidak mau dikendalikan ekspektasi bahwa jodoh akan datang tepat pada waktunya.

Menghargai diri sendiri membuatmu lebih optimis dan percaya diri. Sudah terbukti orang percaya diri mampu menarik perhatian siapa saja dan meninggalkan kesan pertama yang terbaik.

Content continue below...

3. Dengan Hargai Diri Sendiri, Kamu Juga Bisa Hargai Kekurangan Calon Pasangan

allef-vinicius-305443
via Unsplash

Semua orang punya kekurangan, termasuk calon pasangan kamu nanti. Orang yang biasa menghargai diri sendiri tentu tidak terpaku pada kekurangan dirinya. Dia juga akan seperti itu pada orang lain. Setiap kali kamu terlalu fokus pada satu kekurangan pasangan, cepat atau lambat hubungan akan runtuh.

Menghargai diri sendiri sama saja menerima kekurangan diri. Berdamai dengannya, lalu lakukan sesuatu untuk memperbaikinya setiap saat.

4. Kamu Tidak Lagi Menganggap Asmara Sebagai Hal Paling Penting Dalam Hidupmu

pexels-photo-375880
via Pexels

Masih banyak orang menganggap asmara sebagai hal terpenting dalam hidupnya. Tidak peduli seberapa sukses dirinya dalam aspek hidupnya yang lain. Apa kamu salah satu dari mereka?

Orang yang lupa menghargai dirinya sendiri sangat mudah terjebak pemikiran seperti ini. Tanpa menyadari bahwa selain asmara, jenis cinta lainnya juga sama berharganya. Persahabatan, kekeluargaan, cinta pada hewan, dan cinta pada diri sendiri. Jika kamu bisa membagi hatimu pada semua itu, kamu tidak lagi tertekan untuk mencari pasangan dan lebih menikmati hidup.

5. Kamu Akan Lebih Berani Jujur Pada Diri Sendiri

priscilla-du-preez-216787
via Unsplash

Jika kamu menghargai diri sendiri, kamu tahu apa saja yang bisa kamu kompromikan dan mana yang tidak. Kamu akan tahu betul apa yang kamu mau. Kamu tidak akan mudah berkorban sia-sia demi secuil harapan cinta. Orang yang menghargai dirinya sendiri tentu menghargai dirinya luar-dalam. Dia tidak akan pernah berubah demi orang lain agar bisa dicintai.

Share Your Thoughts