Sehat dengan Berciuman

claves-para-iniciarnos-en-el-sexo-tantrico_2

Ciuman adalah sesuatu yang selalu kamu bagi bersama pasangan. Dengan sebuah ciuman, kita menunjukkan rasa sayang, hasrat cinta, dan bahkan sebagai awalan untuk sebuah foreplay. Hmmm.

Aktivitas yang penuh emosi dan kenyamanan ini ternyata nggak hanya membawa hubunganmu menjadi lebih mesra, ada banyak manfaat menarik dibalik sebuah ciuman yang baik untuk tubuh, terutama bagian mulut dan wajah. Penasaran?

Membakar Kalori

couple_kiss_wedding_sepia_black_white_ultra_3840x2160_hd-wallpaper-28390Kita sudah sering mendengar kalau ciuman membantu membakar lemak, seperti hal nya olahraga. Tetapi, perasaan tubuh kita nggak berubah tuh? Ternyata, setelah diselidiki, kalori yang terbakar berasal dari otot wajah, bukan otot badan. Ada 30 otot yang bekerja saat sedang berciuman. Kamu dan pasangan membakar 6 kalori jika berciuman selama satu menit. Meskipun pengaruhnya nggak terlalu terlihat dan nggak se-drastis seperti mengikuti kelas senam, kalian dapat membakar banyak kalori jika berciuman dalam waktu yang lama.

Membuat Mulut Sehat

Ketika kamu berciuman, produksi air liur bertambah sehingga dapat menetralisir asam dalam rongga mulut. Perlu diketahui, asam dalam rongga mulut dapat menyebabkan masalah pada gigi, loh! Selain itu, bertambahnya air liur ini juga dapat membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut. Tapi harus diingat, kebersihan rongga mulut harus selalu dijaga agar nggak tertular masalah kesehatan satu sama lain ya.

Mengurangi Alergi

Dari mulut, kita naik ke bagian hidung, bagian pernapasan. Ya, ciuman mampu mengurangi alergi yang mengganggu hidung kamu. Contoh paling banyak ditemukan seperti bersin saat merasa kedinginan atau menghirup debu. Aktivitas ciuman dapat ini menghangatkan bagian saluran pernapasan. Studi asal Jepang mendukung pernyataan ini. Para ahli menemukan bahwa ciuman yang dilakukan selama 30 menit dapat mengurangi histamine (bagian dari respon kekebalan tubuh kita dan dilepaskan selama reaksi alergi). Jadi berciuman dapat mengurangi gejala alergi (seperti bersin-bersin) dan mengurangi risiko demam dari alergi berkelanjutan.

Content continue below...

Mengurangi Stres

Kalau stres, sebaiknya berciumanlah dengan pasangan , bukannya menumpahkan emosi padanya. Karena saat berciuman, banyak hormon bahagia yang terlepas dari tubuh kita. Nggak perlu lama-lama, cukup 20 detik saja. Awali dengan ciuman lembut hingga bergairah lalu rasa stres dan pusing akan segera hilang.

Menambah Kekebalan Tubuh

Seperti imunsasi, bakteri dalam rongga mulut berpindah melalui air liur saat sedang berciuman. Kemudian tubuh kita langsung mendirikan semacam pertahan sebagai antibodi. Jangan khawatir, bakteri yang terkandung di dalam air liur setiap orang hampir sama, hanya sedikit yang tidak umum.

Ternyata manfaatnya dari mulut sampai ke tubuh ya. Jadi, segera cium pasanganmu agar lebih sehat!

Share Your Thoughts