Awas! Kecanduan Kencan Online Dapat Merusak Kesehatan Mentalmu, Ini 5 Dampaknya

Kencan Online Kelas Cinta

Pacaran zaman sekarang sudah sangat dipermudah dengan kehadiran berbagai jenis kencan online. Bahkan, orang-orang bisa menyeleksi gebetan sambil melakukan aktivitas sehari-hari tanpa terganggu. Tidak pernah ada waktu yang tidak tepat untuk swiping sekian banyak orang-orang menarik di kencan online. Karena itulah, dengan gampangnya mereka bertemu pasangan menarik tanpa harus banyak berusaha.

Melihat keberhasilan mereka, kamu jadi ikutan mencoba keberuntunganmu juga di sana. Awalnya yang hanya coba-coba berubah jadi kecanduan yang membuatmu jadi tidak bisa lepas dan terjebak siklus kencan yang tidak sehat. Kira-kira, apa saja dampak negatif yang akan kamu rasakan dalam kehidupan cintamu dan kesehatan mentalmu karena kecanduan kencan online?

1. Kamu Membuang-buang Waktu Untuk Mencari Pasangan

Kencan Online Kelas Cinta
via Pixabay

Mencari pasangan butuh usaha dan energi yang maksimal. Namun, semua pasti ada batasannya. Berhubung kamu terlalu menggebu-gebu mencari pasangan, kamu jadi tidak mengenal batasan itu lagi. Setiap waktu kamu gunakan untuk mengecek ponsel, mencari pasangan baru, dan sering galau tidak jelas saat si dia tidak membalas chat kamu.

Pasangan berkualitas yang kamu incar pasti menggunakan waktunya untuk kesibukan yang lain ketimbang terus berkutat di ponselnya. Tidak heran dia ilfeel saat kenalan denganmu karena kamu tidak punya kehidupan yang menarik!

2. Mencari Pasangan Berubah Jadi Prioritas Utama Kamu

Kencan Online Kelas Cintavia Pixabay

Jika pertemanan, karir, keluarga, atau hobi mulai terganggu karena terlalu sibuk mencari pasangan, tandanya kamu sudah desperate. Memang asyik sih, kencan dengan beberapa gebetan yang berbeda sekaligus dalam seminggu, tetapi produktivitas kamu pasti berkurang drastis. Lagipula, kalau kamu memang benar-benar percaya diri dan berkualitas, kamu pasti tidak akan membuang waktu dengan mengencani sembarang orang!

3. Self-Esteem Kamu Akan Menurun Drastis Karena Menjadikan Kencan Online Sebagai Validasi Diri

Kencan Online Kelas Cintavia Pixabay

Content continue below...

Wajar saja kalau kamu berbunga-bunga saat si dia yang keren mulai chatting kamu. Akan tetapi, kamu harus waspada, jangan sampai alasan kamu berbunga-bunga karena self-esteem kamu yang rendah! Memanfaatkan kencan online untuk validasi diri malah jadi bumerang buatmu, sehingga kamu mudah insecure dan baper saat gebetan yang sama sekali belum kamu kenal tidak membalas kamu di kencan online.

Bahagiakan diri kamu terlebih dulu, barulah kamu bisa install aplikasi kencan online di ponsel kamu, ya!

4. Keadaan Emosional Kamu Jadi Tidak Stabil

Kencan Online Kelas Cintavia Pixabay

Berhubung kencan online mempermudah penggunanya berhubungan dengan siapa saja dalam waktu yang sangat cepat, terciptalah efek keintiman palsu. Keintiman palsu adalah ketika kamu mudah baper dan ngarep pada gebetan mana pun yang baru kamu temui, padahal kalian baru mengobrol beberapa jam! Kalau emosi kamu masih labil seperti itu, lebih baik vakum dulu dari kencan online sampai emosi kamu lebih stabil!

5. Kamu Memanfaatkan Kencan Online Untuk Pelarian Masalah

Kencan Online Kelas Cintavia Pexels

Wajar saja mengharapkan perhatian dari siapa saja saat memiliki masalah, namun menggunakan orang lain sebagai pelarian sama sekali tidak baik untukmu dan dia. Kamu jadi lebih gampang bergantung pada kencan online, dan tidak kunjung dapat pasangan yang berkualitas karena kamu enggan merawat diri sendiri.

Jika kamu merasakan 5 hal tersebut, lebih baik berhenti menggunakan aplikasi kencan online untuk sementara waktu. Berhenti saja tidak cukup. Kamu juga harus berani menempatkan dirimu di luar sana untuk belajar membahagiakan diri. Siapa tahu, setelah kamu lebih bahagia dengan kehidupanmu, kamu malah tidak butuh aplikasi kencan untuk bertemu belahan jiwa kamu.

Share Your Thoughts