3 Jenis Sepatu Yang Wajib Dimiliki Pria

jenis sepatu

Sepatu adalah bagian dari “The Holy Trinity of Men’s Fashion” setelah celana dan kemeja. Sayangnya banyak kaum pria tidak memperhatikan sepatu yang mereka pakai padahal hal ini cukup krusial. Setiap pria wajib mempunyai dua tipe sepatu untuk suasana yang berbeda: Dress shoes & sneakers.

dress-shoes-kelas-cinta

Dress Shoes

Digunakan untuk acara resmi seperti resepsi pernikahan atau ke kantor. Dress shoes rata-rata mempunyai heel (hak sepatu) setinggi 1-2 cm walaupun ada juga model dengan sol rata. Jenis sepatu ini ada yang bertali dan ada pula yang tanpa tali, sering disebut pantofel/slip-on. Sesuaikan mana yang paling pas buat kamu. Saran saya carilah yang model bertali, punya heel, dan berwarna hitam karena ini adalah “golden rules”-nya sepatu formal.

 

sneakers-kelas-cinta1

Sneakers

Bisa buat jalan-jalan santai, nge-date atau traveling. Pilih sneakers dengan warna netral seperti hitam, abu-abu gelap, off-white atau biru tua karena cocok dipadankan dengan hampir semua warna baju dan celana. Pilih sneakers yang simpel, jangan banyak aksen atau corak warna-warni.

 

 

Ada satu jenis sepatu tambahan yang sangat saya sarankan selain dua tipe wajib di atas: Chukka boots. Ciri khas sepatu yang “cowok banget” ini yaitu punya 2 atau 3 pasang lubang untuk tali sepatu. Sepatu ini sangat istimewa karena sifatnya yang fleksibel, bisa dipakai di acara semi-formal dan bisa juga dipadankan dengan gaya casual kamu ketika first date.

Content continue below...

chukka-kelas-cinta

Chukka Boots

Pilih warna coklat karena warna klasik ini pas untuk segala suasana. Cari sepatu dengan bahan kulit asli, jangan yang berbahan kulit sintetis karena tidak tahan lama. Ambil yang bersol rata dan tebal. Boots dengan heel memang lebih elegan, tapi akan menyiksa kalau dipakai untuk acara santai yang memakan waktu lama. Disamping itu, Sol yang rata dan tebal dapat membuat kaki kamu nyaman dan tidak cepat capek.

 

Baca juga:
Glossy Fashion Guide

Guys, cewek bisa menilai seberapa menarik kamu cukup HANYA dengan melihat sepatu yang kamu pakai. So… be awesome with your shoes!

Share Your Thoughts