Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Putus (1)

man-in-the-mirror

Hal yang paling menyakitkan dari sebuah hubungan adalah putus. Benar nggak? Bagi sebagian perempuan (mungkin juga laki-laki), dunia terasa hancur dan merasa setengah jiwanya hilang saat putus. Hiks. Lebih sedih lagi apabila kalian berputus secara nggak baik-baik. Rasa sedih, marah, kesal, bingung, bercampur aduk dalam hatimu. Hiks hiks….

download (30)

Untuk beberapa saat, biasanya kita menjadi nggak karuan. Kehilangan kendali dalam meluapkan emosi. Jika sudah begini, banyak hal yang sebenarnya nggak boleh kamu lakukan dalam masa-masa baru putus, dan malah bisa memperburuk keadaan.

Langsung Mencari Pacar Baru

Katanya obat dari sakit hati karena putus adalah mendapat pacar baru, ya? Well, pikirkan baik-baik. Bukannya kamu menjadikan pacar baru tersebut hanya sebagai pelarian? Kamu nggak membangun hubungan baru dalam keadaan siap dan berlandaskan rasa sayang. Nggak usah terburu-buru mencari pengganti. Kasian jika dia tulus menyayangimu tapi kamu hanya memanfaatkannya sebagai “obat” setelah putus.

Update di Media Sosial

Kebiasaan abad ini, apa-apa selalu di-share di medsos, termasuk ketika putus. Boleh saja kamu mengutarakan kesedihanmu di medsos, tapi tidak harus menceritakannya secara detail. Membuat status panjang lebar tentang kronologis kamu putus di dunia maya tidak membuat keadaan lebih baik, justru kamu dianggap seperti meminta perhatian dari banyak orang.

Content continue below...

Masih Menghubungi Mantan

Karena sudah terbiasa, ketika sudah putus pun kamu masih menghubunginya. Ini nggak bagus buat proses move on kamu, guys. Kalian sudah menjalani kehidupan masing-masing. Jika memang kalian terikat dalam satu lingkungan, nggak apa-apa kalau hanya menghubungi sesekali saja. Tapi untuk membanjirinya dengan sms dan telepon? Kamu mengusik kehidupannya dan nggak bisa membuat keadaan lebih baik.

 

Larut dalam Kesedihan

Biasanya buat cewek nih. Boleh nangis nggak pas putus? Boleh. Luapkan kesedihan kamu, menangis di kasur, di bantal, di sofa, senyamannya kamu. sampai mata kamu sembap dan nggak bisa menangis lagi. Tapi jangan lama-lama ya! Masih ada kehidupan yang perlu kamu jalani, guys. Kamu harus bisa bangkit dari rasa sakit itu, seka air matamu, dan kembali tersenyum kepada dunia. Putus bukanlah akhir dari segalanya.

Masih ada hal lain yang nggak boleh kamu lakukan pasca putus. Klik di sini buat baca part 2 nya!

Share Your Thoughts