Baru Putus Cinta? 5 Tips untuk Tetap Jaga Konstrasi Saat Bekerja

Home Articles Baru Putus Cinta? 5 Tips untuk Tetap Jaga Konstrasi Saat Bekerja
Share the knowledge!

Putus cinta bukanlah momen yang mudah untuk dilalui. Terlebih ketika asmara yang berakhir sudah berjalan cukup lama. Alhasil, rasa kecewa dan sedih yang dirasakan sangatlah berat sehingga membuyarkan pikiran. Kamu jadi susah fokus untuk bekerja karena sibuk menahan rasa sakit yang kamu alami.

shutterstock_93662965Tentu hal ini dapat berakibat buruk pada produktivitasmu di kantor. Pekerjaan jadi nggak selesai, terbengkalai, masuk kerja terlambat, nggak konsentrasi saat rapat, dan sebagainya. Lama-kelamaan, rekan kerjamu akan ikut terganggu dengan sikapmu. Atasanmu pun bukan nggak mungkin akan memanggilmu untuk menegurmu.

Untuk menghindari semua itu, lakukan beberapa tips ini agar kamu tetap bisa bekerja di saat seih karena putus cinta.

Mengerjakan Tugas Perlahan

Memang sangat susah untuk bisa fokus pada pekerjaan sementara pikiran masih terbayang-bayang mantan. Tetapi, kamu nggak boleh membiarkan dirimu dipermainkan masa lalu. Daripada mencoba mengerjakan semua pekerjaan dengan dalih ingin mengusir mantan dari pikiran, lebih baik kerjakan saja perlahan-lahan. Ambil waktumu, santailah dalam bekerja. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa semua pekerjaan pasti bisa selesai. Kerjakan apa yang lebih dahulu diprioritaskan, atau mengerjakan tugas termudah dulu. Setelah kamu sudah mulai bisa fokus untuk bekerja, barulah mengambil pekerjaan yang lebih berat lainnya.

Banyak Bergerak

Jangan diam saja selama di kantor. Cobalah untuk sesekali berjalan di gedung kantor, atau sekadar pergi ke dapur dan membuat secangkir kopi untukmu. Jangan hanya diam saja di meja dan menunggu istirahat siang. Sebab saat diam seperti itu, kamu jadi lebih mudah memikirkan mantan dan memikirkan kembali rasa sakit hatimu.

Jangan Menarik Diri

Biasanya, seseorang yang sedang galau putus cinta lebih suka menyendiri dan berdiam diri. Karena di kantor, lebih baik jangan melakukan hal itu. Kalau hanya berdiam saja dan nggak ikut bergaul dengan rekan kerja lainnya, kamu akan jadi lebih stres dan terus-menerus memikirkan mantan. Konsentrasimu pun nggak akan kembali.

Jadi lebih baik tetaplah membaur dengan teman-temanmu. Malah dengan begitu, pikiranmu tentang mantan dan rasa sakit hati dapat tersisihkan oleh canda tawa bersama mereka. Gairah bekerja pun bisa balik setelah menghabiskan waktu bersama teman.

Usahakan Jangan Curhat

Mungkin kamu butuh sesi curhat dengan temanmu? Kalau begitu, lakukanlah di luar kantor. Usahakan jangan curhat di tempat kerja dan di jam kerja. Sebab, kantor adalah tempat yang profesional. Bukan hal baik membawa urusan pribadi ke dalamnya. Di tempat kerja, nggak akan ada yang peduli dengan keadaanmu yang sedang patah hati. Sesi curhatmu bisa dianggap mengganggu pekerjaan dan rekan kerja lainnya. Kamu pun dianggap kurang bisa profesional.

Cuti dari Kantor

Putus cinta kadang bisa memberikan efeknegatif pada kesehatan fisik. Kamu bisa terserang stres dan kurang tidur. Kalau kamu memang benar-benar butuh istirahat dan menyendiri, cobalah ambil cuti sehari-dua hari dari kantor. Istirahatlah di rumah, atau melakukan me-time yang dapat mengusir rasa galau tersebut. Atau kamu juga bisa mengambil cuti untuk pergi liburan. Dengan begitu, pikiranmu jadi lebih fresh, dan cukup siap untuk bekerja di kemudian hari.

Share the knowledge!