Kesepian Saat Berpacaran? Ini 5 Penyebabnya

Home Articles Kesepian Saat Berpacaran? Ini 5 Penyebabnya
Share the knowledge!

Kesepian nggak hanya dirasakan saat kamu sedang sendiri, atau berstatus jomblo. Kamu pun bisa merasakan kesepian saat bersama banyak roang, atau sedang menjalin asmara dengan seseorang. Pernah merasakannya?

bigstock-A-man-and-a-woman-on-a-pier-15649805Ya, jika kamu sudah merasakan kesepian sebelum menjalin hubungan asmara, nggak dapat dipungkiri kalau rasa kesepian itu akan semakin bertambah besar saat kamu menjalani hubungan. Sebab, hubungan asmara memang nggak bisa mengusir rasa sepi di hatimu. Hanya kamulah yang bisa melakukannya.

Namun terkadang, kesepian yang dialami nggak hanya berasal dari diri kamu sendiri. Perasaan tersebut bisa datang dari hubungan atau pasanganmu. Namun, bukan berarti kamu jadi menyalahkan pasangan karena rasa kesepian yang kamu alami saat ini. Respon yang bijak adalah sama-sama berintrospeksi diri dan mencari jalan keluarnya bersama.

Jadi, apa saja yang bisa membuat seseorang dalam hubungan asmara merasa kesepian?

Kurangnya Komunikasi

Orang sering mengartikan bahwa kurang-banyaknya komunikasi itu bergantung pada jumlah sms atau telepon yang dilakukan setiap harinya. Padahal sebenarnya, hal tersebut mengacu pada kualitasnya. Banyak orang yang sering sms atau teleponan dengan pasangannya, namun hubungannya nggak harmonis seperti yang kita anggap. Mengapa? Sebab yang mereka lakukan hanyalah bertanya “lagi apa?”, “lagi di mana?”, dan sebagainya. Pertanyaan tersebut, jujur, sangat membosankan. Komunikasi yang terjalin jadi kurang berkualitas.

Cobalah pilih pembahasan yang lebih bermakna atau lebih menyenangkan ketika ingin berkomunikasi dengan pasangan. Hal tersebut dapat menambah erat kedekatan kalian, dan membuat komunikasi jadi lebih berkualitas.

Kurang Dukungan

Kamu bisa merasa kesepian dalam hubungan karena kurang mendapat dukungan dari pasangan. Contohnya saja, ketika kamu menghadapi suatu masalah dan merasa stres karenanya. Kamu akan merasa lebih tenang dan lebih semangat ketika pasangan mencoba memberimu dukungan bukan? Seperti memberi pelukan, menyemangati dengan kata-kata lucunya, dan sebagainya. Namun ternyata pasanganmu sangat cuek dengan keadaanmu. Dia nggak menghiraukan dirimu yang tengah menghadapi masalah pelik. Dia bahkan nggak memberikanmu pelukan hangat. Alhasil, kamu merasa semakin stres dan sendirian.

Kurangnya Waktu Berkualitas

Rasa sepi yang melanda kamu bisa saja karena kurangnya waktu berkualitas dalam hubungan kalian. Banyaknya kesibukan membuat kamu dan pasangan nggak sempat meluangkan waktu berkualitas bersama. Mungkin kamu dan dirinya sempat makan siang bersama, tapi momen itu nggak terasa berkesan bukan? Sebab kamu dan dirinya nggak menjalin kedekatan dan kemesraan. Kalau terlalu lama tertahan dalam keadaan seperti ini, hubungan kalian bisa terancam putus.

Jadi, cobalah meluangkan waktu untuk bermesraan dengan pasangan, seperti PDKT dulu. Jalinlah kedekatan yang lebih dengan pasanganmu. Banyaknya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama dapat menambah keharmonisan dalam hubungan. Dijamin kamu nggak akan merasa kesepian lagi, deh.

Kurangnya Pujian dalam Hubungan

Apa kamu dan pasangan saling memuji? Nggak? Wajar berarti bila kamu merasa kesepian dalam hubunganmu. Sebab kamu nggak pernah menerima pujian dari pasanganmu. Kamu jadi merasa minder dan ragu dengan dirimu sendiri. Kamu jadi merasa takut kalau pasangan nggak merasa beruntung memilikimu. Akhirnya, kamu merasa kesepian.

Dan jika kamu pun kurang memberikan pujian pada pasangan, mungkin dia merasakan hal yang sama. Lalu, mengapa nggak mencoba untuk saling memberikan pujian?

Kurang Bersentuhan Fisik

Sentuhan fisik di sini bukanlah tentang seks. Ini lebih kepada sentuhan kecil yang sederhana, seperti bergandengan tangan, bersandar ke tubuh pasangan, berpelukan, dan berciuman. Sentuhan fisik seperti ini dapat menambah ketertarikan satu sama lain. Semakin sering bersentuhan fisik, dapat membuat kamu dan pasangan jadi lebih dekat dan mesra. Sebaliknya, kurangnya sentuhan fisik seperti ini dapat membuatmu merasa asing dengannya. Kamu jadi merasa kesepian dan sendirian. Terlalu lama bertahan dalam keadaan ini dapat mengancam hubungan kalian.

Share the knowledge!