3 Kesalahan Komunikasi yang Merusak Hubungan

0

Semua orang sudah tahu kalau komunikasi adalah salah satu hal yang dibutuhkan agar hubungan bisa berjalan langgeng dan awet. Tanpa komunikasi yang baik, susah untuk membangun hubungan percintaan yang harmonis.

Tetapi, seperti apa sih, komunikasi yang baik? Masih ada orang yang belum paham dengan bagaimana seharusnya berinteraksi dengan pasangan. Bukan hanya sekadar menanyakan kabar atau mengingatkan makan, tetapi juga bagaimana cara sepasang kekasih saling berkomunikasi.

Ada tiga kesalahan kecil, namun memberikan pengaruh besar apabila dibiarkan begitu saja. Kesalahan sepele dalam komunikasi ini akan berdampak negatif pada hubungan percintaan kalian.

Bohong

lying

Banyak orang yang menganggap remeh sebuah ‘kebohongan’. Mulanya berbohong demi kebaikan. Namun, satu kebohongan akanmengundang kebohongan lainnya, dan akan membuat pasangan bertanya-tanya akan kebohongamu tersebut. Ketika kamu ingin jujur namun selalu tertunda, percayalah itu akan menjadi bom waktu yang dapat menimbulkan rasa sedih dan kekecewaan pada pasangan. Penjelasan apa pun tetap nggak akan mengembalikan semuanya. Oleh karena itu, sebisa mungkin bersikaplah jujur pada pasangan. Jangan pula membohongi diri sendiri. Katakan fakta yang ada, bukan yang ingin ia dengar.

Saling Menghina

Apa yang kamu rasakan ketika pasangan mengucapkan kata kasar kepadamu? Kalau lagi marah bisa dimaklumi? Oke, tapi ketika ia menghina atau merendahkan dirimu, apa kamu masih bisa maklum? Memang ada orang yang terbiasa berbicara kasar saat sedang dilanda galau atau amarah. Namun, usahakan untuk nggak mengatakan itu pada pasangan sendiri. Baik kamu maupun pasangamu harus tetap menghargai satu sama lain meskipun sedang dalam keadaan emosional. Jika memang harus berkata kasar, pergilah dan buang kata-kata kasar itu sendirian.

Content continue below...

Nggak Mendengarkan Pasangan

305x235_Black-Couple-Arguing

Terdengar sepele, tetapi nggak mendengarkan pasangan saat ia berbicara menunjukkan kalau kamu nggak menghargai dirinya. Komunikasi yang baik tercipta secara dua arah. Jadi kamu dan pasangan harus bisa untuk mendengarkan satu sama lain. Saat ia sedang bercerita, berikan perhatian padanya dengan mendengarkannya. Begitu pula sebaliknya. Support and listening adalah kunci untuk memahami keadaan pasangan. Seperti yang dikatakan oleh pakara hubungan cinta, Virgina Clark. Dengarkan, pikirkan, pahami, dan berikan dukungan. Men-judge atau menyalahkan pasangan hanya akan memberikan dampak negatif pada hubunganmu.

Tiga kesalahan yang sepele bukan? Namun perlu dihindari. Selain itu, janganlah jadi pribadi yang egois, yang minta untuk didengar selalu. Ada waktu di mana kamu harus berbicara dan kamu harus mendengar. Saling menghargai dalam komunikasi juga akan membantumu dan pasangan menjadi lebih bijak dalam berinteraksi.

Komunikasi yang seimbang dan baik akan mengantarkan kamu dan pasangan menuju kehidupan cinta yang bahagia dan langgeng.

Share Your Thoughts