4 Cara Atasi Dilema Saat Pasangan Berselingkuh

shutterstock_66136882

Hubungan asmara yang penuh cinta, bisa berputar 360 derajat ketika mengalami perselingkuhan. Entah kamu melihat perselingkuhan pasangan dengan mata kepalamu sendiri, entah karena dia mengakuinya apadamu. Intinya, setelah diselingkuhi pasangan, hubunganmu menjadi gantung, kamu pun kecewa sekaligus bimbang dengan hubungan kalian.

Young couple holding glasses with champagne and woman looking for them, outdoors, focus on woman with red hair and manLantas, apa yang akan kamu lakukan dengan hubunganmu dan pasanganmu? Apa kamu akan bertahan dengannya atau pergi meninggalkannya? Mungkin kamu terlalu bingung karena di satu sisi kamu masih mencintainya, di sisi lain kamu sangat kecewa padanya (bahkan bisa jadi sangat membencinya). Sebelum menentukan pilihan, lakukan beberapa hal ini agar kamu nggak salah langkah dalam mengahadapi pasanganmu yang berselingkuh.

Menyendiri dan Merenung

Ketika mengetahui pasangan berselingkuh, kamu mungkin akan merasa shock dalam beberapa waktu. Sebaiknya, pergilah menyendiri dan merenungi kejadian tersebut. Minta pasangan agar menjauh darimu dan menghargai keputusanmu untuk pergi menyendiri. Kamu perlu waktu untuk berpikir jernih sebelum mengambil keputusan yang tepat. Apabila kamu mengambil keputusan di tengah emosi yang nggak stabil, tentu akan ada penyesalan di kemudian hari. Selain itu, masalah perselingkuhan tersebut nggak bisa diselesaikan secara tuntas.

Mempertimbangkan Alasannya Berselingkuh

Apakah kamu akan memaafkan dirinya dan melanjutkan hubungan, atau memaafkannya tetapi pergi meninggalkannya? Semua kembali pada prinsip hidupmu. Namun, sebelum memutuskan pilihan, pertimbangkan alasannya berselingkuh. Jangan selalu menganggap bahwa pasangan berselingkuh, maka ia salah. Bisa jadi, pasangan berselingkuh karena ulah kamu yang kurang baik dalam hubungan asmara.

Content continue below...

Contohnya, kamu menjadi wanita yang insecure dalam hubungan asmara, atau akhir-akhir ini jadi kurang perhatian pada pasangan. Karena sikapmu inilah, akhirnya ia memilih untuk berselingkuh. Pikirkan baik-baik dan jadikan waktu ini sebagai ajang introspeksi kamu dalam hubungan.

Bicara dengan Pasangan

Setelah kamu sudah lebih tenang, ajaklah pasangan untuk berdiskusi berdua saja denganmu. Bicarakan mengenai perasaannya saat ini, dan juga keinginannya akan hubungan kalian. Apakah ia sudah melepaskan wanita selingkuhannya, atau sebenarnya ia lebih memilih untuk menjalani hubungan dengan wanita itu? Bicarakan dengan baik-baik. Selesaikan hingga tuntas agar nggak ada algi yang mengganjal di hati kalian masing-masing.

Jangan Mengungkitnya Lagi

Apabila ia tulus meminta maaf dan ingin tetap bersamamu, dan kamu pun masih mencintainya, mungkin kamu lebih memilih untuk menerima maafnya dan melanjutkan hubungan asmara dengannya. Nggak masalah akan hal itu. Semua keputusan tentu tergantung padamu. Akan tetapi, ketika sudah memaafkannya, janganlah mengungkit masa lalu tersebut di masa depan. Jangan pula menoleh ke momen perselingkuhannya di masa lalu. Sebab itu akan membuat kamu sakit hati, juga membuat pasangan jengah. Jangan pula menjadi wanita yang insecure di kemudian hari. Cobalah menyesuaikan diri seperti biasa, seperti dahulu sebelum mengetahui pasangan berselingkuh.

Share Your Thoughts