4 Langkah Menghadapi Rasa Cemburu

young-woman-using-a-mobile-phone-pic-getty-images-580339023-crop

Pacaran dan cemburu di masa modern ini seakan sebuah paket yang sudah tersistemasi dan tidak dapat dipisahkan. Seakan-akan jika kamu pacaran, wajar sekali bila kamu merasa cemburu dan insecure. Ini hal yang salah. Kasus di mana rasa cemburu merusak hubungan pacaran bukan lagi kasus yang langka, malah mungkin kamu sendiri pernah mengalaminya. Berikut ini adalah 4 langkah mengatasi rasa cemburu dalam hubungan pacaran:

Sadari kecemburuan kamu

Kamu harus sadar saat rasa itu hadir dan apa yang menjadi penyebabnya. Jika kamu tidak sadar akan kehadiran rasa cemburu, maka kamu akan terus menganggap bahwa perilaku kamu adalah biasa-biasa saja. Yang lebih parah lagi adalah apabila kamu mengganggap emosi negatif yang kamu salurkan adalah tanda cinta kamu! Bahwa mengekang pergaulannya dan membuat hidupnya menderita adalah bentuk cinta kamu! Sadari sebelum terlambat!

Is it worth it?

Sekarang waktunya menelaah, apakah penyebab kecemburuan kamu layak untuk dijadikan bahan pertengkaran dan bibit keretakan hubungan? Karena ada banyak sekali alasan tidak penting yang bsia dijadikan bahan cemburu, contohnya pacar memilih untuk lebih sibuk dengan keluarganya, dia butuh 30 menit untuk menjawab SMS, atau dia tidak mengangkat telpon saat bermain futsal. Berpikirlah dengan logika (orang main futsal tidak memegang handphone) dan ingatlah bahwa kamu adalah bagian dari hidupnya, bukan KESELURUHAN hidupnya (jelas keluarga yang sudah membesarkannya lebih penting daripada kamu).

Tunjukkan dengan dewasa

Saat dikuasai rasa cemburu, kamu biasanya akan terlihat kekanak-kanakan. Wajar, karena perasaan cemburu sangat identik dengan anak kecil yang iri. Maka jika ingin menunjukannya, tunjukkanlah dengan cara yang elegan dan dewasa. Coba kirimkan pesan seperti “Sebetulnya aku bete benget kamu begitu… tapi gak jadi deh marahnya, soalnya aku tiba-tiba dapet inspirasi nih. Ya udah deh, aku pergi dulu ya!” Dengan begitu, pacar malah penasaran dengan apa yang sebetulnya terjadi dengan kamu dan jadi meluangkan waktunya untuk kamu. Kamu hepi, dia nggak merasa dituntut dan kalian berdua dapetin apa yang kalian mau.

Content continue below...

Pengalihan rasa

Jika rasa cemburu yang tengah kamu alami sudah berlebihan, ya jangan tambah disiram minyak dugaan & prasangka! Biarkan mereda sampai merasa santai dan alihkan rasa cemburu itu dengan kegiatan lain yang lebih positif dan menyita waktu kamu. Karena orang yang nggak ada kerjaan sangat kreatif ngebayangin adegan yang di luar akal. Sesuatu yang sederhana seperti “dia nggak balas sms 30 menit” bisa nyampe ke “dia jalan dengan mantannya”.

Coba cek kasus-kasus yang kamu bumbui sendiri di waktu-waktu yang sudah lalu, berapa persen dari semua kecemburuan itu terbukti benar? Selalu ingat pertanyaan ini setiap kamu merasa cemburu, bahwa kamu sedang menjadi detektif yang payah abis tapi yakin banget benar. Padahal sudah sepuluh kali menduga dia selingkuh, tapi tidak pernah terbukti benar, masih bisa curiga yang kesebelas kali? Nah dari situ kan ketahuan level kecerdasan kamu dalam membina hubungan. =]

Jadi, masih bingung mengatasi cemburu? Bagikan permasalahan kamu di kolom komentar di bawah ini!

Share Your Thoughts