5 Tips Memaafkan Kesalahan Pasangan

Home Articles 5 Tips Memaafkan Kesalahan Pasangan

Kamu, pasanganmu, dan semua orang di dunia pasti pernah melakukan kesalahan. Entah kesalahan kecil, entah kesalahan besar hingga fatal. Kita semua tahu hal tersebut. Namun, memaafkan kesalahan yang dibuat oleh orang yang kita cintai bukanlah hal yang mudah. Terkadang ada rasa marah dan kecewa yang menyelimuti hati sehingga membuat kita berpikir dua kali untuk memaafkan kesalahan pasangan.

2236711_origSebesar apa pun kesalahan yang pasangan buat, kamu perlu memaafkannya. Walau mungkin keputusan berikutnya adalah kamu meninggalkan dirinya, bukanlah hal yang baik untuk menjadi manusia pendendam. Bahkan kamu perlu memaafkan mantan agar bisa move on denga tenang, bukan begitu?

Kalau misalnya kesalahan pasangan masih bisa kamu tolerir, namun hati susah sekali untuk memaafkannya, apa yang harus dilakukan? Coba tips berikut ini.

Mengingat Momen Indah Bersamanya

Pasangan tentunya nggak selalu membuat kesalahan bukan? Kamu juga tentu pernah membuat momen bahagia saat bersamanya. Maka, kenanglah momen bahagia itu. Ingat kembali ketika dia membuatmu merasa senang, merasa dicintai, merasa nyaman. Jangan malah mengingat semua kesalahan yang pernah ia buat padamu. Sebab itu akan menghalangimu untuk bisa memaafkannya.

Jadilah Sosok yang Pemaaf

Pasangan rupanya sadar akan kesalahannya dan memintaa maaf secara tulus padamu. Apa yang akan kamu lakukan? Menggantungkan jawaban atas permintaan maafnya bukanlah hal yang baik. Kalau kamu perlu waktu untuk menyendiri, ingatlah untuk memaafkannya di saat kamu sudah puas menyendiri dan merenung. Bagaimanapun , jadilah sosok pemaaf. Kamu ingat kan, semua orang di dunia ini nggak ada yang sempurna. Bagaimana jadinya jika kamu yang membuat kesalahan, apa kamu senang bila didiamkan oleh pasangan tanpa jawaban yang jelas? Memaafkan pasangan dapat menjadikanmu sosok yang lebih baik.

Ikhlas

Ketika kamu ingin memaafkan pasangan, jangan melakukannya dengan terpaksa. Kalau kamu terpaksa, tentu akan memunculkan konflik baru di antara kalian. Masalah pun nggak selesai dengan tuntas, Jadi, ikhlaskan apa yang terjadi, tuluslah memaafkan pasangan. Butuh waktu untuk melakukannya? Maka katakan dengan jelas pada pasangan bahwa kamu butuh sendiri dahulu sampai kamu bisa memaafkannya.

Jangan Diingat-ingat Lagi

Kalau kamu sudah memaafkannya, maka jangan diungkit-ungkit lagi. Banyak orang yang masih mengingat kesalahan pasangan yang sebenarnya sudah mereka maafkan. Mereka akan mengungkit kesalahan pasangan kala muncul masalah baru di masa depan. Hal ini nggak membuatmu jadi lebih baik. Perasaanmu pun jadi lebih terbebani karena selalu mengingat kesalahan pasangan. Jadi, lupakanlah masalah yang sudah kamu maafkan itu.

Ingat Alasanmu Mencintainya

Mengapa kamu mencintai pasangan? Bawa kembali alasan tersebut dalam pikiranmu. Dengan mengingat alasanmu mencintai pasangan, kamu bisa memaafkannya lebih mudah dan dapat menjaga hubungan dengan baik. Jangan selalu terfokus pada kesalahan yang ia buat.