6 Tips Menenangkan Pasangan yang Sedang Marah

031814-b-real-relationships-angry-couple-talking-argument-fighting-relationship-unhappy-communication

Membuat marah pasangan bukanlah hal yang kita inginkan. Akan tetapi, manusia nggak luput dari kesalahan. Bisa saja kita melakukan kesalahan tanpa disengaja dan membuat pasangan marah. Dan, nggak selalu pasangan bisa langsung memaafkan kita. Terkadang ia perlu ngambek dulu, perlu menangis dulu, atau perlu menyendiri dulu. Kalau kesalahannya fatal, mungkin ia susah untuk memaafkanmu.

USA, New Jersey, Jersey City, Bored couple sitting at bar counterKamu tentu nggak ingin ia marah terlalu lama, dan tentunya kamu ingin kalian segera baikan dan nggak perlu sampai harus putus. Namun, salah bertindak dapat membuat keadaan menjadi lebih buruk. Hmm, harus bagaimana menyikapi pasangan yang sedang marah?

Bersikap Tenang

Baik kamu melakukan kesalahan maupun nggak, kamu sendiri perlu bersikap tenang saat pasangan marah. Tenang bukan berarti cuek dengan pasangan dan masalah kalian, tetapi tenang dalam artian emosi. Jaga emosimu, jangan sampai meluap-luap hanya karena ingin minta maaf atau menjelaskan kesalahpahaman yang terjadi. Kalau kamu ikutan emosi, pasangan nggak akan berhenti marah, tetapi kalian jadi bertengkar lebih hebat lagi. Tenangkan emosi dan pikiranmu sebelum menenangkan pasangan. Katakan dengan tenang bahwa kamu berharap ia nggak marah padamu

Membiarkannya Sendiri

Biarkan pasangan sendiri kala ia sedang marah. Kalau kamu selalu mengeluarkan kata maaf dengan berlebihan, pasangan nggak akan bisa berpikir dengan baik. Ia pun semakin emosional denganmu. Jadi, biarkanlah ia sendiri, merenung, dan memperbaiki suasana hatinya.

Meminta Maaf

Baik kamu nggak melakukan kesalahan—apalagi melakukannya—minta maaflah pada pasangan. ucapkan dengan tulus tanpa berlebihan. Kamu meminta maaf karena mengalah demi hubungan ini. Jujurlah pada pasangan dan jadilah dirimu sendiri di hadapannya. Kalau kamu melakukan kesalahan, pastikan kamu nggak akan mengulanginya lagi.

Content continue below...

Berikan Energi Positif

Pasangan mungkin memaafkanmu, tetapi hati dan kepalanya masih diisi dengan perasaan dan pikiran negatif. Jadi, ucapkan kata-kata positif padanya, tunjukkan rasa cintamu padanya, atau rayu pasangan agar suasana hatinya jadi lebih baik.

Berikan Kejutan atau Hadiah

Luluhkan hati pasanganmu yang masih bad mood dengan sesuatu yang mengejutkannya. Kamu bisa membelikannya makanan favorit, atau membeli balon dan memberikannya pada pasangan. Seperti anak kecil? Ya, tetap kalau membuat pasangan jadi tertawa karena sikapmu, kenapa nggak? moodnya berangsur-angsur membaik.

Jalan-Jalan

Ganti suasana di antara kalian ketika selesai marahan, misalnya dengan jalan-jalan ke suatu tempat. Mungkin bisa dengan mengungjungi tempat favorit kalian berdua. Berjalan-jalan di tempat favorit dapat menghidupkan kembali memori manis yang ada dalam pikiran kalian. Ciptakan suasana yang menyenangkan sehingga mood pasangan kembali membaik.

Share Your Thoughts