7 Cara Mempertahankan Hubungan yang Sering Dilupakan Banyak Pasangan

Cara Mempertahankan Hubungan Kelas Cinta

Semua pasangan yang sudah lama menjalani hubungan pasti pernah menghadapi perbedaan dan konflik, sebahagia apapun mereka. Sehingga mereka lebih rajin mencari-cari tahu bagaimana cara mempertahankan hubungan.

Ada banyak sekali cara mempertahankan hubungan. Kamu bisa mengetahuinya dari teman, media massa, hingga relationship coach. Setiap saran yang kamu terima bisa kamu seleksi agar sesuai dengan kondisi hubungan. Namun, masih cukup banyak pasangan yang semestinya wajib melakukan 7 cara mempertahankan hubungan ini, tetapi mereka lupa atau malas melakukannya sehingga mereka cepat jenuh bahkan putus dalam hubungan!

1. Menunjukkan Kepedulian Kamu yang Besar Pada Pasangan

mira-bozhko-196730via Unsplash

Setelah cukup lama menjalani hubungan, ada kalanya kamu lupa menunjukkan kepedulian kamu pada pasangan. Akan tetapi, dengan menunjukkan kepedulian kamu padanya dengan cara kecil, seperti memberikan hadiah, membawakan dia makanan favoritnya, atau memeluk dan mencium dia setiap harinya, memberikan pengaruh yang sangat besar dalam keharmonisan hubungan.

2. Menjaga Privasi Pasangan Dari Teman-Teman Kamu

christiana-rivers-217056via Unsplash

Banyak pasangan yang masih lupa untuk menjaga dan menghormati privasi pasangan dari teman-teman kamu, khususnya teman yang tidak terlalu kamu kenal. Pasti kamu pernah tergoda untuk menceritakan rahasia pasangan kamu sebagai bahan gosip pribadi, tetapi kamu pasti tahu pasangan tidak akan suka kalau kamu membocorkan rahasianya seperti itu. Pada akhirnya, salah satu kunci hubungan sukses adalah kalau kamu bisa menjaga privasi dan batasan diri pasangan.

3. Bersikap Terbuka Pada Pasangan, Meski Kamu Merasa Tidak Nyaman

montse-monmo-82819via Unsplash

Terbuka dan jujur secara emosional memang tidak nyaman untuk sebagian orang. Menyimpan perasaan dan pikiran kamu dari pasangan memang sangat mudah untuk dilakukan karena kamu tidak ingin menyakiti pasangan. Akan tetapi, bersikap terbuka dan jujur pada pasangan sangatlah penting dalam berkomunikasi secara sehat. Kamu akan menghindari kesalahpahaman serta komunikasi lainnya yang tidak sehat.

4. Menggunakan Kata “Aku” Saat Bertengkar

elizabeth-tsung-194530via Unsplash

Content continue below...

Menggunakan kata “aku” memang terkesan sepele, tetapi sangat berdampak besar dalam berkomunikasi dengan sehat. Ketimbang menggunakan kata “kamu” yang pastinya membuat pasangan merasa dituduh dan dihakimi olehmu, gunakan kata “aku”. Misalnya, “Kamu nggak pernah perhatian sama aku!” gantikan menjadi, “Waktu aku lagi kesepian tapi kamunya sibuk banget kerja di kantor, aku ngerasa nggak diperhatiin sama kamu…”

5. Menonton Film Tentang Relationship Berdua Ternyata Juga Termasuk Cara Mempertahankan Hubungan!

StockSnap_EUHWI21QMFvia Stocksnap

Film yang dimaksud tidak hanya film biasa, tetapi film yang secara spesifik membahas atau bertemakan relationship. Sebuah penelitian di University of Rochester mengungkapkan bahwa pasangan yang menonton film seminggu sekali tentang relationship lalu mendiskusikannya bersama usai nonton akan menuai dampak positif yang tidak jauh berbeda dengan yang dirasakan pasangan yang berkonsultasi dengan seorang konselor. Para ahli beranggapan bahwa membahas relationship yang ada di film dapat memberi kesadaran diri kepada pasangan yang menonton. Jadi, jangan malu-malu lagi nonton film drama dan romcom berdua, ya!

6. Melakukan Aktivitas Baru Bersama-sama

StockSnap_ZX4RET9EU0via Stocksnap

Pasangan yang melakukan aktivitas baru berdua, seperti mengambil kursus bersama, travelling ke kota baru, melakukan hobi bersama dapat membantu kamu dan pasangan berkembang ke arah yang sama ketimbang menjauh dari satu sama lain.

7. Meluangkan Waktu Tambahan Minimal 6 Jam Setiap Minggunya Untuk Pasangan

StockSnap_Q6TZVNX185via Stocksnap

Pasangan yang meluangkan waktu bersama setidaknya 6 jam seminggu berpotensi besar untuk memiliki hubungan yang lebih baik. Agar waktu kamu tidak terbebani, bagi 6 jam tersebut menjadi satu minggu setiap harinya selama 6 hari seminggu untuk pasangan. Kalian bisa menghabiskannya dengan nonton film berdua, menikmati sarapan atau makan siang berdua saat istirahat, atau hanya duduk berdua menikmati kopi di kafe. Kelihatannya sangat sepele, tetapi sangat membantu untuk menciptakan hubungan yang lebih sehat di masa depan.

Share Your Thoughts