Dia Belum Juga Melamar Kamu, Ladies?

Marriage-proposal

Lama atau tidaknya sebuah hubungan, tidak menentukan akan berakhir di pelaminan. Banyak pasangan yang baru menjalani masa-masa pacaran berakhir di pelaminan setelah mereka baru beberapa bulan bersama. Namun, banyak juga pasangan yang sudah bertahun-tahun bersama belum juga ke jenjang yang lebih tinggi seperti pernikahan.

Apalagi sebagai wanita, kamu sudah bosan pertanyaan, “Kapan menikah?” saat kamu kumpul dengan keluarga besar. Kamu sebagai wanita sebenarnya ingin menikah karena kamu merasa sudah siap, apalagi waktu pacaran dengan si dia cukup lumayan lama.

Namun, meskipun sudah menjalin hubungan pacaran hingga bertahun-tahun, nggak ada sebuah tanda pun kalau si dia bakal menikahi kamu. Tentu sebagai wanita akan ada perasaan takut hubungan jalan di tempat. Perasaan ragu seketika menyergap saat tahu kalau si dia tak pernah membicarakan pernikahan sedikitpun. Lalu bagaimana jika si dia nggak kunjung melamar kamu, Ladies?

Lihat Hubungan yang Sudah Terjalin

Mungkin salah satu alasan dia belum juga melamar kamu adalah mengenai kualitas hubungan kalian. Coba kamu ingat lagi, apakah kamu dan pacar sering bertengkar hanya karena masalah kecil? Atau coba pikirkan, apakah kamu dan si dia sudah mengenal satu sama lain?

Meskipun hubungan kalian sudah berjalan lama, bukan berarti kamu dan si dia saling mengenal dengan baik kan? Tak adanya sikap saling mengenal bisa menjadi indikasi kuat mengapa kamu dan dia belum juga menikah. Seperti yang dikatakan sebelumnya lama pacaran tidak menentukan seberapa baik seseorang mengenal pasangannya. Maka dari itu, coba cermati dahulu bagaimana kualitas hubungan kalian selama ini.

Content continue below...

Bicarakan dengan Si Dia

Kamu pasti masih bertanya mengapa dia belum juga melamar kamu. Namun, sikap paling bijak sebenarnya adalah menanyakan langsung, bukan malah menperkirakan sendiri alasan kenapa si dia belum melamar kamu.

Tapi ada hal yang perlu kamu ingat bahwa berbicara kepadanya, bukan berarti kamu berhak mendesak dia untuk menikahi kamu.

Tanya dengan santai alasan kenapa dia belum melamar padahal kalian sudah cukup berumur. Dengarkan alasannya kenapa dia tak pernah membicarakan masalah pernikahan. Mungkin kamu akan mendengar alasan dia, mulai dari kurang siapnya masalah finansial atau mungkin belum yakin dengan kamu.

Beri Waktu

Sudah mendengar alasannya? Si dia mengatakan kalau akan menikahi kamu, tapi bukan sekarang. Dia mengatakan perlu mengatur ulang dan menabung untuk masa depan. Atau mungkin dia ingin lebih mengenal kamu dan keluarga. Tentu itu membutuhkan beberapa waktu. Kalau kamu mau, kamu bisa berikan batas waktu untuk dia. Tanyakan berapa waktu yang dia butuhkan untuk melamar kamu. Apakah satu tahu, dua tahun, atau mungkin lebih dari itu. Dengan adanya hal ini tentu kamu dan si dia akan menjalani hubungan yang lebih serius dan adanya komitmen. Namun, jika si dia sudah melewati batas dan tidak juga melamar kamu, maka kamu bisa memberikan keputusan yangterbaik untuk kalian, apakah dilanjutkan atau malah harus berpisah.

Share Your Thoughts