7 Tanda Kamu Belum Siap Serius Dengan Pasangan

Belum Siap Serius Kelas Cinta

Banyak pasangan yang ingin langsung loncat ke tahap hubungan yang lebih serius, padahal sebenarnya mereka belum siap serius. Wajar saja itu terjadi, khususnya pada pasangan yang kasmaran di awal hubungan. Yang jelas, jangan sampai kamu dan pasangan langsung berkomitmen karena terpaksa. Baik karena tekanan internal maupun eksternal.

Namun, kalau kamu dan pasangan sudah saling yakin, untuk apa menunggu lebih lama lagi? Apa yang membuat kalian belum siap serius meski sudah sama-sama yakin? Berikut ini adalah tanda-tandanya.

1. Kamu Belum Tahu Apa yang Kamu Mau

StockSnap_9L2LKLMWKZ
via Stocksnap

Walaupun kamu sudah punya pasangan, bukan berarti kamu benar-benar menginginkan relationship. Mungkin kamu ingin punya pasangan karena takut kesepian, balas dendam pada mantan, atau karena tekanan sosial. Ingat, jangan nekat serius dengan seseorang sebelum kamu tahu apa yang kamu mau. Pastikan si dia juga memiliki keyakinan yang sama.

Agar tahu kamu sudah siap punya pasangan serius atau belum, jujurlah pada diri sendiri. Beritahu harapan dan ekspektasi hubunganmu sejelas mungkin padanya.

2. Kamu Belum Pernah Bertengkar Dengan Pasangan

evren-aydin-264109
via Unsplash

Pasangan kompatibel bukanlah yang tidak pernah bertengkar. Semua pasangan pasti melakukannya. Mereka harus mendiskusikan perbedaan dan kebutuhan masing-masing secara sehat. Pasangan yang tidak pernah bertengkar berarti belum tahu caranya mengungkapkan ketidaksetujuan. Mereka hanya diam dan mengubur masalah. Pasangan seperti itu tentu belum siap serius, bukan?

3. Kalian Belum Menemukan Gaya Komunikasi yang Cocok

StockSnap_2S9UCLX4CZ
via Stocksnap

Saat masih kasmaran, segala masalah hubungan bisa cepat dilupakan. Sehingga kalian tidak sempat membangun fondasi komunikasi yang kompatibel. Hubungan yang komunikasinya sehat dapat dilihat dari kamu yang berani membahas apapun secara terbuka dengan pasangan. Kalau kamu masih takut membicarakan hal-hal tertentu dengan pasangan, berarti kalian belum siap serius.

4. Salah Satu Dari Kalian Belum Siap Serius Menjalani Hubungan

freestocks-org-95449
via Unsplash

Content continue below...

Ini adalah poin tersulit, karena kalian harus saling jujur soal ini. Kalau kamu ingin serius, tetapi pasangan hanya ingin main-main, tentu kalian tidak akan pernah bisa serius di masa depan. Pastikan kalian memiliki tujuan yang jelas dalam menjalani hubungan.

5. Kalian Belum Kenalan Dengan Teman Satu Sama Lain

StockSnap_XO53SBWVMF
via Stocksnap

Pertemanan adalah salah satu aspek terpenting dalam hidupmu. Biasanya, teman-temanmu juga bisa menilai apakah pasangan cocok denganmu atau tidak. Itu sebabnya teman-temanmu harus mengenal pasangan sebelum kalian berjalan lebih serius. Bertemu teman satu sama lain akan membantu kalian memutuskan kalian layak berhubungan lebih serius atau tidak.

6. Kamu Merasa Tertekan Untuk Memiliki Hubungan Lebih Serius

pexels-photo-349494 (2)
via Pexels

Mungkin kamu belum mau punya pasangan atau kamu kurang mencintai pasangan. Mungkin juga kamu butuh waktu. Tidak apa. Pastikan kamu memutuskan untuk lebih serius bukan karena tekanan dari mana pun atau siapa pun. Baik dari keluarga, pasangan sendiri, maupun lingkungan sekitar.

7. Pasangan Merasa Tertekan dan Belum Siap Serius Denganmu

StockSnap_DX0UF50OIM
via Stocksnap

Secinta apapun kamu pada pasangan, kalau dia tidak merasakan hal sama, kamu tidak berhak memaksanya. Jika terus dipaksa, yang ada dia makin menjauh atau menjalani komitmen secara terpaksa. Apabila pasangan butuh waktu, berikan padanya. Namun, kalau jika sudah dalam jangka waktu tertentu dia masih belum siap, terima kenyataan kalian memang tidak cocok.

Pada awal hubungan, ada banyak sekali ketidakpastian. Nekat untuk langsung lebih serius dengan pasangan bukanlah keputusan yang tepat. Pastikan kalian berdua sudah siap, baik secara materi maupun rohani.

Share Your Thoughts