Jangan Mengharapkan 4 Hal Ini Dari Pasangan Kamu

Young couple lying on blanket in park

Tidak ada yang salah menginginkan keromantisan dan membangun hubungan dengan harapan kehidupanmu akan menjadi lebih baik bersama pasangan. Tetapi, kemandirian dan prinsip kuat dari sendiri sangatlah diperlukan kalau kamu menginginkan hubungan yang sukses.

couple-holding-hands-sitting2Siapa saja dapat terjebak dalam ketergantungan hubungan, berharap pasangan dapat memenuhi segala kebutuhan, baik secara fisik dan mental. Walaupun kamu dan pasangan bisa mengambil manfaat dari satu sama lain, tetapi kamu juga harus sadar bahwa ada kamu tidak bisa mendapatkan beberapa hal ini dari pasangan. Semua itu harus bisa kamu penuhi sendiri agar kamu bisa menjadi yang terbaik untuk hubunganmu.

Keuangan

Siapa saja, baik pria dan wanita, jangan pernah menggantungkan keuanganmu pada pasangan. Tentu saja, dalam pernikahan, suami harus menafkahi istri dan anak-anaknya, tetapi bukan berarti istri boleh berpangku tangan saja. Dalam mengelola keuangan bersama pasangan haruslah adil, sebaiknya masing-masing memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.

Self-Esteem

Tentu, kamu harus memilih pasangan yang bisa menghargai, menghormati, dan mempercayaimu. Tetapi, sebelum pasangan melakukannya, terlebih dulu kamu harus bisa melakukan ketiga hal itu kepada diri sendiri. Jangan menggantungkan kepercayaan dirimu kepada orang lain, termasuk pada pasangan.

Content continue below...

Menerimamu Apa Adanya

Salah satu hal terindah dalam hubungan adalah ketika pasangan menerimamu apa adanya, dari yang terbaik hingga terburukmu. Akan tetapi, bukan berarti kamu boleh berhenti mengembangkan diri. Jangan menuntut pasangan untuk menerimamu apa adanya tanpa usaha darimu. Justru pasangan yang tidak mendorongmu untuk berkembang malah tidak sehat, lho. Hubungan yang baik adalah ketika pasangan bisa saling mengembangkan diri menjadi yang terbaik.

Pertemanan

Kalau pasanganmu memiliki banyak teman, berarti mereka juga bisa menjadi teman barumu. Akan tetapi, jangan lupa dengan teman-temanmu sendiri. Jangan melupakan teman hanya karena kamu sudah memiliki pasangan. Ketika kamu mendapatkan kesenangan dari teman-teman baru dari pasangan, jangan meninggalkan teman-temanmu sendiri.

Jadi, yang harus diingat adalah, meskipun kamu boleh mencari pasangan yang bisa membahagiakan kamu, kamu juga harus bisa membahagiakan diri sendiri. Hiduplah secara seimbang, dimana kamu bisa memenuhi dirimu sendiri dan pasangan.

Share Your Thoughts