5 Pertengkaran yang Menentukan Kesuksesan Hubungan Kamu dan Pasangan

pexels-photo-289237 (2)

Kalau kamu masih percaya pasangan yang hubungannya sukses tidak pernah bertengkar, berarti kamu sengaja mengubur semua permasalahan hubungan agar kalian terlihat bahagia. Meskipun pertengkaran memang menyakitkan dan melelahkan, kamu dan pasangan harus melaluinya supaya bisa pindah ke tahap relationship yang lebih baik.

Saat kamu bertengkar, kamu akan mengenali gaya berkomunikasi pasangan yang mungkin saja berbeda denganmu. Apapun caramu berkomunikasi saat bertengkar, pastikan kalian bisa melaluinya dengan produktif. Bagaimana cara mengetahui pertengkaran kalian produktif atau tidak? Berikut ini adalah tanda-tandanya.

1. Pertengkaran yang Mengajari Kamu dan Pasangan Menghormati Batasan Diri Satu Sama Lain

romance-1822585via Pixabay

Terkadang pasangan bisa khilaf menyakiti kamu atau tanpa disengaja atau tidak melanggar batasan diri kamu. Ketika kamu dibuat tidak nyaman oleh pasangan, sudah menjadi kewajiban kamulah untuk menegur dia. Menegaskan batasan diri dapat menyinggung perasaan pasangan dan memicu konflik, tetapi bisa memberi dampak positif dalam jangka panjang. Pasangan yang tadinya kesal ditegur olehmu akan menyesal dan berusaha lebih baik untuk tidak menyakiti kamu lagi. Bertengkar karena hal ini jauh lebih baik daripada kamu diam-diam memendam ketidaknyamananmu sampai kebencian tertanam di antara kalian.

2. Pertengkaran yang Membantu Kamu dan Pasangan Mengenal Satu Sama Lain Dengan Lebih Baik

couple-1502624via Pixabay

Saat kamu dan pasangan berargumen dan saling mendengarkan keluhan satu sama lain, kalian pasti menemukan ketidakcocokan atau ketidaknyamanan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Jika kalian mau menggunakan kecerdasan dan empati, berargumen bisa dimanfaatkan untuk saling memahami dan belajar mengenal satu sama lain. Oleh karena itulah, sebisa mungkin, jangan hindari konflik, bertengkarlah dengan sehat. Bukalah telinga dan hatimu lebar-lebar untuk mendengarkan kebutuhan pasangan kamu.

3. Pertengkaran yang Mendorong Kalian Sepakat Untuk Memperlakukan Satu Sama Lain Lebih Baik Lagi

love-1043228via Pixabay

Salah satu konflik yang produktif adalah yang bisa mendorong kalian untuk menyayangi dan memperlakukan satu sama lain dengan lebih baik lagi. Pertengkaran seperti inilah yang membuat kalian sadar manakah aspek diri masing-masing serta aspek hubungan yang harus diperbaiki untuk mencapai kesuksesan hubungan sesuai impian kalian. Pertengkaran seperti ini baru akan sukses kalau kamu dan pasangan merasa lebih dewasa dan berada dalam tahap relationship yang lebih tinggi.

Content continue below...

4. Pertengkaran yang Membuatmu Mengenal Diri Sendiri Lebih Baik Lagi

lake-543307via Pixabay

Saat bertengkar, ada kalanya kamu dipaksa untuk introspeksi diri hingga menemukan titik terang. Pada saat inilah, kamu akan sadar di mana letak kekuranganmu dan langkah apa saja yang harus kamu lakukan untuk memperbaikinya. Mungkin sikap dan emosimu yang memicu pertengkaran disebabkan oleh trauma atau masalah di masa lalu yang belum kamu selesaikan sepenuhnya. Penting sekali untuk mempelajari dirimu lebih dalam jika kamu ingin langgeng bersama pasangan.

5. Pertengkaran yang Membuat Kamu Sadar Pasangan Orang yang Tepat Buatmu

boy-946213via Pixabay

Salah satu alasan pasangan tidak ingin bertengkar karena mereka takut pertengkaran berakhir putus atau saling bermusuhan. Namun, bertengkar dengan pasangan yang tepat dan kompatibel buatmu tidak akan berakibat putus atau hubungan merenggang, justru malah menambahkan keyakinan kalian memang tepat untuk satu sama lain. Hanya pasangan yang sama-sama dewasa dan cerdaslah yang menganggap pertengkaran sebagai perekat hubungan, bukannya pemisah.

Pertengkaran hanyalah salah satu bagian kecil dari penentu kesuksesan hubungan. Apabila kamu ingin tahu lebih lanjut tentang faktor kesuksesan hubungan dan apa saja yang harus kamu lakukan untuk meraihnya, segera daftarkan dirimu dalam seminar =>>>[klik!]Twogether Forever[klik!]<<<= yang diadakan dalam waktu dekat ini!

Twogether Forever - Kelas Cinta

Share Your Thoughts