Karena Terlalu Minder, Kamu Jadi Menyakiti Pasangan Dengan 7 Cara Ini

jad-limcaco-256487

Tidak nyaman rasanya mengakui ada saatnya kamu pernah menyakiti orang lain dengan bersikap minder atau insecure terhadap apapun yang kamu miliki. Bahkan saking parahnya, perlakuanmu terhadap mereka membuat mereka menjauh darimu. Dan sedihnya, mungkin saja kamu tidak sadar akan perlakuan burukmu terhadap mereka!

Kenapa bisa tidak sadar? Karena kamu terlalu sibuk dengan insecurity kamu sendiri. Minder bisa terjadi karena kamu terlalu fokus pada kekurangan diri kamu ketimbang menonjolkan kelebihan kamu. Akibatnya, kamu berusaha menutupinya dengan bersikap tidak baik terhadap orang-orang tersayangmu. Meski sangat pahit rasanya, kamu tetap harus menurunkan gengsi dan berani mengakui kesalahanmu dengan menyadari kamu pernah melakukan 7 kesalahan ini pada pasangan.

1. Kamu Sering Berbicara Dengan Nada Pasif-Agresif

yoann-boyer-196241via Unsplash

Sebenarnya kamu marah, kecewa, sedih, sebal, tetapi kamu bersikeras pada pasangan kamu tidak merasakan semua itu. Namun, kamu mengucapkannya dengan nada pahit ala pasif-agresif, “Aku nggak marah, kok. Kayak kamu peduli aja sama aku.”

Sadar tidak kamu menyakiti pasangan dengan sikapmu yang menyebalkan itu? Sadar tidak pasangan juga makin bingung menghadapi kamu? Orang minder lebih suka menyakiti orang lain dengan cara halus karena dia tidak bisa jujur terhadap perasaannya sendiri.

2. Kamu Mudah Cemburu Pada Siapa Saja

hailey-kean-111977via Unsplash

Setiap kali pasangan punya kabar gembira untuk diceritakan, kamu tidak pernah bisa bergembira untuknya. Setiap kali kamu punya pilihan untuk turut bahagia bersama pasangan, kamu lebih memilih untuk cemburu padanya. Kamu mudah menemukan kekurangan dan mencela setiap kegembiraan pasangan. Kamu benci pasangan mendapat kenaikan jabatan, padahal pekerjaanmu saat ini sudah cukup nyaman buatmu.

3. Kamu Selalu Menyalahkan Orang Lain Atas Masalahmu

daria-nepriakhina-38583via Unsplash

Gara-gara minder, menyalahkan orang lain jauh lebih gampang karena kamu tidak mau bertanggungjawab atas masalah yang menimpa dirimu. Kamu malas mengevaluasi diri karena hal itu sangat membebani kamu. Padahal, kamu juga membebani pasangan secara sepihak dengan kebodohanmu ini.

Content continue below...

4. Kamu Ketagihan Drama Tidak Penting Dalam Hubungan

cassidy-kelley-140787via Unsplash

Karena minder, kamu jadi sering mencari-cari masalah tidak penting dengan pasangan. Akibatnya, drama jadi tidak terhindarkan. Drama memang tidak bisa dihindari dalam hubungan, tetapi kalau sering terjadi, lama-lama mengesalkan dan jadi tidak betah dalam hubungan. Itulah yang dirasakan pasanganmu saat kamu mencekokinya dengan dramamu.

5. Kamu Gampang Selingkuh Dengan Orang Lain

rowan-chestnut-172907via Unsplash

Insecure adalah salah satu alasan seseorang selingkuh dari pasangannya. Baik hanya sekadar chatting atau sampai jalan bareng. Semua itu terjadi karena kamu terlalu bergantung secara emosional pada orang lain. Sehingga ketika pasangan mengecewakanmu sedikit saja, kamu langsung mencari orang lain untuk menutupinya. Ujung-ujungnya, pasangan dan selingkuhanmu akan meninggalkanmu karena sikapmu yang beracun ini.

6. Kamu Mengabaikan Pasangan Saat Dia Membutuhkanmu

larm-rmah-52323via Unsplash

Saat kamu sedih, pasangan harus selalu hadir buatmu, apapun yang terjadi. Namun, begitu giliran dia yang membutuhkanmu, kamu selalu punya alasan untuk mengabaikan dia. Saat pasangan curhat padamu, kamu mendengarkan mereka dia setengah hati. Pasangan pasti capek menjalani hubungan searah ini denganmu. Lama-lama, dia akan jaga jarak darimu dan memutuskanmu.

7. Kamu Lebih Banyak Menerima Daripada Memberi

oscar-keys-60730via Unsplash

Dalam relationship yang sehat, harus selalu ada kontribusi yang seimbang dari kamu dan pasangan. Namun, jadi tidak sehat kalau kamu terlalu malas melakukannya karena terlalu dipenuhi insecurity setiap saat. Kamu hanya mau berkontribusi kalau ada keuntungannya saja buatmu. Jika kamu terlalu lama melakukannya, pasangan pasti akan muak dan meninggalkanmu cepat atau lambat.

Share Your Thoughts