5 Cara Untuk Tetap Mandiri Dalam Hubungan

Playful couple enjoying outdoors

Dalam sebuah hubungan, terutama dalam hubungan jangka panjang, kata-kata “aku” dan “kamu” perlahan-lahan tergantikan menjadi “kita”. Tentu hal ini sangat baik untukmu dan pasangan, karena kalian tidak boleh egois dan harus bisa berkompromi demi kebersamaan. Maka dari itu, sering kali kamu melakukan sesuatu bersama pasangan, kamu juga mempertimbangkan pasangan saat harus mengambil, dan tanpa sadar, kata “kita” akhirnya berubah maknanya saat kamu tidak sanggup melakukan segalanya tanpa pasangan.

healthy_pain_free_coupleOleh karena itu, ada saatnya kamu mundur sejenak dan memiliki sedikit rasa kemandirian. Hubunganmu dengan pasangan adalah bagian terbesar dalam hidupmu, tetapi tidak boleh menjadi satu-satunya bagian dalam hidupmu. Inilah cara agar kamu bisa tetap mandiri meski kamu sudah memiliki pasangan.

Mencari Tempat Menyendiri

Apakah kamu punya tempat favorit untuk menyendiri? Misalnya, kamarmu, kafe kesukaan, perpustakaan, taman, dan lain sebagainya. Temukan sebuah tempat di mana kamu bisa menemukan kedamaian dan melepas segala stres yang kamu rasakan. Tempat mana saja bisa dijadikan tempat menyendiri, asal kamu bisa menemukan kedamaian dan kenyamanan di sana.

Lakukan Hobi yang Berbeda

Kalau kamu benci dengan hobi pasangan tetapi kamu memaksakan diri untuk menyukai hobi pasanganmu tersebut, dampaknya akan sangat berpengaruh besar pada hubungan kalian. Miliki hobi yang berbeda dari pasangan, jadikan itu sebagai salah satu cara untuk mengeksplor hal-hal baru sendiri tanpa bersama pasangan.

Content continue below...

Cari Waktu Menyendiri

Jangan takut meminta waktu sendiri pada pasangan. Lakukan apa saja yang kamu sukai, entah sendirian atau bersama teman. Menghabiskan waktu sendiri bisa sangat menyenangkan, dan membuka kesempatan bagimu menemukan hal-hal baru tentang dirimu.

Berkompromi

Dalam hubungan, pasti akan ada perbedaan, dan memang begitulah adanya. Pasti ada saat di mana kamu harus mengorbankan sesuatu demi hubungan. Akan tetapi, dalam hubungan yang kuat, kamu harus selalu bisa mengemukakan pendapat dan perasaanmu dengan jujur kepada pasangan. Dari situlah, kalian bisa mulai berkompromi, dan baik kamu dan pasangan akan merasa dimengerti dan dihargai oleh satu sama lain.

Share Your Thoughts