6 Topik Komunikasi yang Lupa Dibahas Pasangan

Topik Komunikasi Kelas Cinta

Semua orang tahu komunikasi adalah hal terpenting dalam relationship. Namun, sering kali orang lebih memilih menyimpan semuanya sendirian daripada diungkapkan ke pasangan. Dengan alasan takut menyakiti pasangan, kurang artikulatif menyatakan keinginan, dan takut tidak dipahami. Makanya, ada banyak sekali topik komunikasi yang semestinya dibahas, tetapi tidak pernah terungkap sekali pun dalam hubungan!

Sometimes, the things that are scariest to tell your partner are often the most rewarding things to talk about. Saat kamu membahas 6 topik komunikasi ini, kamu dan pasangan akan merasa lebih percaya dan intim dengan satu sama lain. Namun, sayangnya topik ini sering lupa dibahas kalian.

1. Penyebab Kemarahan Kamu Saat Terjadi Konflik

ilya-yakover-288667
via Unsplash

Saat konflik, tentu kamu merasa marah pada pasangan. Namun, di balik kemarahan tersebut, tersembunyi beberapa emosi lainnya. Seperti ketakutan, kesedihan, dan kecemasan. Terkadang, marah lebih baik daripada menunjukkan semua emosi tersebut agar kamu tidak terlihat lemah di depan pasangan.

Namun, dengan mengakui semua emosimu ketimbang marah-marah, dampaknya akan jauh lebih baik. Selain membuat pertengkaran lebih mudah diatasi, kalian juga berkembang jadi pasangan yang lebih dewasa.

2. Kebutuhan Kamu

maxime-caron-264222
via Unsplash

Sering kali kamu menahan diri dari membahas kebutuhan kamu, baik kebutuhan fisik mau pun batin, karena takut pasangan tidak mampu memenuhinya. Lalu, kamu lebih baik diam saja dan merasa tidak puas. Cara terbaik agar pasangan tahu kebutuhanmu adalah dengan MEMINTA secara langsung padanya. Berkomunikasi secara langsung secara lemah lembut tentang kebutuhanmu ini justru mendekatkan kalian, bukannya menjauhkan.

3. Keinginan dan Fantasi Kamu di Ranjang

StockSnap_BMHR65NQ3M
via Stocksnap

Seks masih dianggap tabu dan kurang sopan untuk dibicarakan. Wajar saja kamu takut pasangan menganggap kamu aneh karena membicarakan kebutuhan dan fantasi kamu di ranjang. Akibatnya, ada pasangan yang lama menjalani hubungan tanpa pernah membahas kebutuhan masing-masing!

Padahal dengan saling terbuka, kalian akan memiliki hubungan yang makin bahagia. Kesalahpahaman komunikasi juga sangat mudah dihindari. Selain intim secara fisik, kalian juga intim secara emosional. Mulai sekarang, jangan lagi mau membahas preferensi dan fantasi masing-masing!

Content continue below...

4. Apa yang Kamu Syukuri Dari Pasangan

StockSnap_BF43HK5UJI
via Stocksnap

Biasanya kamu berterimakasih pada pasangan akan hal-hal besar yang dilakukannya untukmu. Namun, mungkin kamu lupa untuk berterimakasih hal-hal kecil yang dilakukan pasangan untukmu juga. Baik karena takut dianggap terlalu manja atau sentimentil. Namun, siapa tahu pasangan justru ingin kamu berterimakasih atas hal-hal kecil tersebut.

Menurut Holly Parker, PhD, penulis buku If We’re Together, Why Do I Feel So Alone,  ketika pasangan berhasil mengapresiasi kontribusi dan usaha dari satu sama lain, sekecil apapun itu, mereka akan lebih bahagia dalam hubungan.

5. Membahas Masa Depan

StockSnap_DJ94LV32J0
via Stocksnap

Jika ada keinginan tentang masa depan, segera bicarakan dengan pasangan. Merencanakan masa depan dan memprediksinya dapat menjadi penentu hubungan yang sangat besar. Maka dari itu, sangat fatal sekali akibatnya apabila kamu hanya menyanggupi keinginan pasangan tanpa bersikap jujur akan keinginanmu juga.

Kalau kamu tidak menginginkan masa depan bersama pasangan, sebaiknya bicarakan sejak awal. Lebih baik saling terbuka akan perbedaan daripada berpura-pura dan hubungan jadi bermasalah ke depannya.

6. Keuangan

rawpixel-com-274860
via Unsplash

Inilah salah satu topik komunikasi yang paling krusial. Pasangan wajib saling terbuka soal keuangan masing-masing. Hutang dan cara kalian menghabiskan uang adalah penentu hubungan. Meskipun kamu merasa malu dengan kondisi keuanganmu, telan rasa malumu dan bicarakan dengan pasangan sekarang juga.

Pasalnya, keuangan adalah salah satu penyebab perceraian tertinggi di Indonesia. Keuangan juga salah satu masalah yang paling muncul dalam konsultasi atau terapi pasangan. Pastikan kamu dan pasangan sudah berdiskusi, membuat kesepakatan, dan saling transparan soal finansial dalam hubungan.

Share Your Thoughts