Fakta: Mengapa Pria Lebih Cepat Jatuh Cinta Daripada Wanita?

matheus-ferrero-320901

Saat kamu sedang PDKT, pasti kamu dan si dia saling menanti siapa yang lebih dulu mengucap kata I love you atau “aku mencintaimu”. Berdasarkan penelitian, jawabannya cukup mengejutkan: prialah yang umumnya lebih dulu jatuh cinta dan mengutarakan perasaannya pada wanita!

Penelitian tersebut diterbitkan dalam The Journal of Social Psychology. Dengan 172 peserta yang merupakan mahasiswa pria, mereka mengungkapkan bahwa mereka lebih dulu jatuh cinta dan menyatakan perasaannya sebelum wanita.

“Secara umum, pria dianggap tidak seemosional wanita dan jarang mempertanyakan perasaan mereka sendiri,” ungkap Rachel Needle, Psy.D., seorang psikolog dari Florida, Amerika Serikat. “Di sisi lain, wanita cenderung menganalisa perasaan mereka dan ragu-ragu untuk menyatakan cinta. Makanya, pria yang sebelumnya tidak jatuh cinta bisa menyatakan perasaannya setelah dia benar-benar yakin dan perasaannya cukup kuat. Terlepas dari pandangan media dan masyarakat, pria sebenarnya menginginkan hubungan yang intim.”

Jadi, kenapa pria bisa lebih cepat jatuh cinta kalau mereka masih belum yakin dengan perasaannya sendiri?

1. Faktor Biologis

giphy (3)
via Giphy

Karena alasan biologis, wanita cenderung menunda menyatakan cinta pada pria. Para wanita merasakan lebih banyak kerugian secara biologis kalau dia memilih pasangan yang salah. Jumlah sel telur wanita terbatas, tetapi pria bisa menghasilkan jutaan sperma setiap harinya. Itulah yang diungkapkan Marissa Harrison, salah satu peneliti studi yang diungkapkan sebelumnya.

Masuk akal, bukan? Seorang ilmuwan lainnya, Clarissa Silva, juga sependapat akan hal ini. Pria bersikap seperti ini karena mereka tidak bisa melahirkan anak seperti wanita, sehingga mereka berusaha untuk menafkahi wanita secara materi.

Oleh karena itulah, pandangan hidup pria cenderung materialistis ketimbang emosional daripada wanita. Berhubung wanita mampu melahirkan anak dan lebih sadar akan risiko hidup, mereka cenderung sangat hati-hati dalam mengambil keputusan. Itulah sebabnya wanita mencari stabilitas, kemapanan, dan keamanan dari pria yang akan menjadi pasangan mereka.

Content continue below...

2. Apakah Pria Mengutarakan Perasaannya Karena Cinta atau Obsesi Saja?

giphy (1)
via Giphy

James Preece, seorang pakar asmara, mengungkapkan bahwa karena kadar testosterone yang dimiliki pria dan cara berpikir mereka yang membuat mereka dengan mudahnya mengatakan cinta. Kedua faktor tersebut menyebabkan para pria hanya fokus pada orang dan situasi yang ada di depan matanya berdasarkan ketertarikan fisik. Para pria juga cenderung tidak mempertanyakan lebih dulu apakah dia dan wanita yang dia suka benar-benar kompatibel atau tidak.

Mereka pikir mereka sedang jatuh cinta, padahal sebenarnya mereka hanya menikmati ekspektasi mereka saja tentang cinta. Jika mereka merasa bahagia dan terpenuhi oleh wanita, mereka langsung berasumsi mereka pasti sedang jatuh cinta.

3. Jadi, Apakah Salah Pria Bisa Jatuh Cinta Lebih Dulu Daripada Wanita?

giphy
via Giphy

Dalam relationship, pria membayangkan keintiman fisik, sedangkan wanita membayangkan kehidupan yang akan dia jalani selama relationship berlangsung. Sering kali pria sudah memenuhi kebutuhan mereka secara sehat sebelum menemukan pasangan yang dirasa paling tepat untuk mereka. Saat mereka menemukan jodohnya itulah mereka merasa semua fantasi mereka terwujud dan cenderung malas jatuh cinta lagi pada wanita lain. Sehingga kelihatannya mereka dingin dan lebih sulit jatuh cinta daripada wanita.

Bagaimana menurut kamu, Ladies? Mungkin kamu pernah bertemu pria yang mendadak menyatakan cintanya duluan padamu padahal kalian belum lama saling kenal. Kalau kamu bingung kenapa dia bisa seperti itu, artikel ini pasti bisa menjawab pertanyaan kamu. Mungkin juga kamu lebih bisa membedakan pria mana yang benar-benar jatuh cinta atau hanya termakan ekspektasinya saja!

Share Your Thoughts