Jantung Berdebar Saat Melihat Lawan Jenis, Pertanda Jatuh Cinta?

Home Articles Jantung Berdebar Saat Melihat Lawan Jenis, Pertanda Jatuh Cinta?
Share the knowledge!

Kita sering merasa jantung berdebar kencang saat bertemu atau berpas-pasan dengan orang yang kita suka. Banyak yang bilang kalau itu tandanya kita jatuh cinta. Sehingga banyak pula yang bilang bahwa jika kamu nggak merasa berdebar saat bersama lawan jenis, tandanya kamu nggak jatuh cinta pada pria/wanita itu. Hmm, apa benar kalau jantung berdebar saat bersama lawan jenis merupakan tanda bahwa kita cinta padanya?

Dikutip dari edition.cnn.com, rupanya tubuh akan mengalami gairah fisiologis saat melihat orang yang disuka secara keseluruhan. Umumnya, gairah ini diawali dengan jantung yang berdetak cepat dan tubuh yang berkeringat.

Seorang profesor dari Thomas Jefferson University di Philadephia, Dr. Reginal Ho, mengatakan, “Saat kamu melihat orang yang disuka atau kamu menarih hati padanya, jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Penyebabnya adalah adanya hormon adrenalin di dalam tubuh keluar.”

Menurut Dokter Ho, tubuh akan melepaskan beberapa hormon sekaligus saar kita bertemu dengan orang yang disuka. Hormon tersebut adalah dopamin, serotonin, estrogen, tetsosteron, dan adrenalin. Kombinasi hormon-hormon itulah yang membuat jantung berdebar kencang saat bertemu sang pujaan hati.

Dr Ho juga menjelaskan bahwa saat bertemu dengan seseorang yang disuka, tubuh nggak akan mengirimkan beberapa sinyal ke kelenjar adrenal pada tubuh. Hal ini juga memungkinkan adanya beberapa hormon dalam tubuh, mengalir melalui darah dan membuat jantung berdebar lebih cepat dan kuat. Mungkin kamu pernah mendengar cerita orang-orang yang merasa pikirannya nge-blank, mulut nggak bisa berkata apa-apa, sampai lutut yang jadi lemas saat bertemu dengan orang yang mereka suka. Seperti itulah kira-kira.

Jadi, bisakah kita menganggap bahwa jantung berdebar lebih cepat saat bertemu seseorang yang disuka, tanda kita jatuh cinta? Bisa iya, bisa nggak. Sebab beberapa orang bisa saja merasakan hal ini, namun ternyata perasaan dalam hatinya hanya sebatas suka atau kagum.  Jadi sebenarnya, penilaian ini kembali pada diri masing-masing ya.

Kamu pun nggak perlu takut jika jantung berdebar cukup kencang saat melihat orang yang kamu suka. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang berbahaya, melainkan perasaan normal. Sebagian besar orang mengalami hal ini, kok. Namun jika kamu memiliki gangguan jantung, kemungkinan besar ini dapat berdampak buruk pada kesehatan jantungmu.

Share the knowledge!