Pentingnya Belajar Cinta Buat Pria yang Ingin Menikmati Masa Single

ingin menikmati masa single kelas cinta

Banyak pria yang terlalu sibuk mencari pasangan, hingga lupa menikmati masa single. Parahnya, tidak sedikit dari mereka juga terjebak dalam siklus hubungan yang negatif. Friendzone, PHP, ngarep, dan lain sebagainya adalah penyakit yang sering menjangkiti para pria single. Mengapa cinta yang mestinya membahagiakan malah bikin menderita? Karena pria lupa mempelajari cinta secara positif.

Menikmati masa single bukan berarti kamu tidak mencari pasangan sama sekali. Menikmati masa single berarti kamu bahagia dengan dirimu, terus menambah kualitas diri, dan memperluas pergaulan (yang bisa dijadikan calon pasangan). Berikut ini adalah alasan pentingnya belajar cinta untuk para pria, khususnya kamu yang ingin menikmati masa single.

1. Kamu Akan Sadar Pentingnya Mempelajari Diri Sendiri

StockSnap_JM42JRU2UB
via Stocksnap

Menurut salah satu life coach, Carmen Parks, vakum sejenak dari kencan dan menikmati masa single memberi kamu kesempatan untuk evaluasi diri. Nikmati masa singlemu dengan evaluasi kualitas diri, standar pasangan, dan apa saja aspek hidup yang perlu kamu tingkatkan.

2. Kamu Bisa Fokus Pada Aspek Dirimu yang Tidak Terurus Saat Memiliki Pasangan

ben-white-294636
via Unsplash

Kencan butuh banyak waktu dan energi. Kamu tidak perlu sepenuhnya berhenti kencan. Namun, tidak ada salahnya fokus pada hal lain yang lebih penting buat kamu. Bagi saja waktunya. Misalnya, dalam sebulan, kamu pergi kencan. Lalu sisa waktu lainnya kamu gunakan untuk me time. Ikuti kursus, kegiatan rohani, berkumpul dengan teman, dan lain sebagainya.

3. Ada Banyak Sekali Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menikmati Masa Single

william-iven-17309
via Unsplash

Masa single mengajari kamu ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan selain mencari pasangan. Ya, kamu memang ingin punya pasangan suatu hari nanti. Namun, kamu tidak perlu buru-buru, bukan?

Berdasarkan studi, orang single cenderung meluangkan waktu mereka untuk kegiatan yang sangat berarti bagi mereka. Luangkan waktumu untuk tekuni hobi dan menemukan hobi baru. Pergilah travelling. Perluas pergaulan dan wawasanmu. Dari sana, kamu akan bertemu banyak sekali gebetan yang punya banyak potensi jadi pasangan terbaik kamu.

4. Kamu Akan Belajar Menyayangi Diri Sendiri

warren-wong-242286 (1)
via Unsplash

Content continue below...

Karena kamu tidak perlu fokus pada pasangan, kamu bisa fokus pada hal lain. Yaitu diri sendiri. Masa single adalah masa-masa kamu harus memperhatikan diri sendiri. Bahkan kalau perlu, sampai kamu jatuh cinta pada diri sendiri! Luangkan waktu sebanyak-banyaknya untuk mengembangkan diri jadi apa pun yang kamu mau. Jadikan dirimu sebagai orang yang mampu memikat hati tipe pasangan idealmu.

Begitu kamu sudah punya pasangan, kamu memiliki dia karena kamu mencintai dia. Bukan karena tertekan atau takut kesepian.

5. Kencan Jadi Terasa Lebih Seru dan Penuh Petualangan

StockSnap_IQRRLWJ8CP
via Stocksnap

Kencan mestinya bikin kamu bahagia dan percaya diri. Bukan baper atau ngarep. Setelah kamu belajar tentang cinta, kamu akan menghadapi kencan dengan perspektif baru yang lebih sehat. Kamu tidak bakal mudah baper dengan satu wanita saja. Belajar cinta membantu kamu meraih banyak pilihan wanita yang bisa kamu seleksi sesuai standarmu.

6. Penghasilanmu Bisa Digunakan Untuk Hal Lebih Bermanfaat

StockSnap_NO9CN3QYR3
via Stocksnap

Memiliki pasangan butuh biaya ekstra yang tidak sedikit. Daripada buang-buang uang demi wanita yang belum tentu suka padamu, lebih baik gunakan untuk meningkatkan kualitas diri. Mumpung kamu masih ingin menikmati masa single, gunakan untuk hal lebih bermanfaat, seperti menabung dan investasi pada diri sendiri.

7. Kamu Dapat Menyelesaikan Pencapaian Lainnya yang Tidak Sempat Kamu Capai Saat Memiliki Pasangan

alvin-mahmudov-181255
via Unsplash

Apa pun impian dan tujuanmu, semua itu tidak boleh berubah meski kamu sudah punya pasangan. Saat kamu menikmati masa single, kamu sanggup lebih jujur akan apa yang kamu inginkan. Sambil fokus pada diri sendiri, buatlah target yang harus kamu raih dalam 5 tahun ke depan. Misalnya, dengan memulai usaha atau bisnis baru, berinvestasi, dan mengambil studi lagi.

Belajar cinta tidak pernah jauh dari belajar menyayangi diri sendiri. Investasi pada diri sendiri jauh lebih bermanfaat daripada mengejar gebetan. Kalau kamu masih belum puas dengan diri sendiri meskipun sudah dekat dengan banyak wanita, artinya kamu perlu belajar tentang cinta dan diri sendiri!

Share Your Thoughts