Berapa Waktu yang Wanita Habiskan untuk Memikirkan Berat Badannya?

Home Articles Berapa Waktu yang Wanita Habiskan untuk Memikirkan Berat Badannya?
Share the knowledge!

Jika ditanya siapa yang sangat peduli penampilan, jawabannya sudah pasti wanita, ya? Wanita selalu memusingkan bentuk tubuh dan berat badannya. Bahkan, saking memusingkan keadaan fisiknya tersebut, wanita jadi merasa kebingungan dalam menentukan makanan yang akan merasa santap.

Sebuah penelitian yang diprakarsai Fiona Hope of SodaStream menemukan bahwa wanita menghabiskan waktu mereka dengan mengkhawatirkan berat badannya. Rata-rata, wanita menghabiskan 21 menit setiap harinya untuk memikirkan berat badannya. Saat diakumulasikan dengan rata-rata umur wanita, yakni 67 tahun, wanita akan menghabiskan 127 jam setiap tahunnya hanya untuk memikirkan berat badannya. Total waktu tersebut hampi sama dengan setahun. Jadi dengan kata lain, wanita menghabiskan setahun waktu dalam hidupnya hanya untuk terobsesi dengan berat badannya.

Fakta yang mengejutkan bukan? Cukup banyak juga waktu yang wanita habiskan untuk memikirkan berat badannya. Namun, masih ada hal yang lebih mengejutkan lagi. Setengah dari wanita yang menjadi responden penelitian ini mengaku nggak puas dengan berat badan yang mereka miliki sekarang, dan mulai mengatur makanan yang mereka konsumsi dengan menghitung kalorinya.

Berapa lama seseorang menghabiskan waktunya untuk mengecek kalori makanan? Rata-rata, orang dewasa menghabiskan waktu sebanyak 388 hari untuk menghitung kalori. Jumlah waktu tersebut sudah termasuk mengecek label pada bagian belakang kemasan makanan, ya. Dan rupanya, nggak hanya wanita yang melakukan hal ini, tetapi juga pria. Hanya saja, pria hanya menghabiskan waktu yang lebih sedikit, yakni 18 menit dalam sehari.

Penelitian ini juga menemukan alasan dibalik rasa kekhawatiran yang dialami para responden ini. Rupanya, kekhawatiran itu terjadi karena ingin membuat pasangan bahagia dengan berat badan yang proprosional. Ada juga 9% responden mengatakan bahwa mereka juga ingin memiliki badan langsing seperti temannya.

“Menghitung kalori sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Seharusnya menjadi hal yang penting untuk memberikan orang pilihan diet yang seimbang,” ujar pihak Fiona Hope of SodaStream

Memerhatikan bentuk dan berat badan tentu saja adalah hal yang baik. Namun, jangan sampai berlebihan dengan mengikuti diet ketat, bahkan sampai menghitung kalori yang akan dikonsumsi. Kebiasaan seperti ini dapat membuat pria ilfeel, terutama dalam kencan. Pria nggak tertarik dengan wanita yang pemilih dalam makanan dan nggak mau makan ketika kencan.

Kalau memang ada hal urgent  yang membuatmu harus diet dan memerhatikan kalori, maka hal tersebut diperbolehkan. Misalnya saja, kamu sudah menderita obesitas, atau mengalami penyakit lainnya. Namun, jika berat badanmu masih dalam level normal, mengapa harus menyiksa diri?

 

Share the knowledge!