5 Bentuk Kasih Sayang yang Wajib Wanita Berikan Pada Dirinya Sendiri

anthony-ginsbrook-294309

Banyak wanita yang terlalu sibuk mencari-cari cinta pada orang lain. Tidak jarang mereka melakukan pengorbanan yang belum tentu berbalas dan malah berbalik menyakiti diri mereka sendiri. Mereka tidak ragu mencurahkan segala energi untuk mencintai orang lain sampai mereka lupa mencintai diri sendiri.

Mencintai diri sendiri bukanlah sikap yang egois, Ladies. Sama seperti halnya orang tercintamu, kamu juga layak dan butuh mendapatkan kasih sayang yang sama dari kamu. Mencintai diri sendiri akan sangat kamu butuhkan pada saat kamu tidak punya siapa pun di dunia ini, sekaligus sebagai bentuk kemuliaan diri saat kamu dikelilingi orang lain. Berikut ini adalah 5 bentuk kasih sayang yang harus kamu curahkan sebagai bentuk cintamu pada diri sendiri.

1. Kebaikan Hati

StockSnap_6FHPVOHL40via Stocksnap

Sebagaimana kamu bersikap baik pada orang lain, bersikap baiklah pada dirimu sendiri, baik secara jiwa dan ragamu. Rawatlah jiwamu dengan membiarkan emosi yang kamu rasakan mengalir lalu curahkanlah dengan cara yang positif. Tinggalkan orang-orang yang hadir hanya untuk menyakiti kamu. Rawatlah ragamu dengan menerima segala kelebihan serta kekurangan tubuhmu, janganlah kamu malu-malu menunjukkanya pada orang lain. Dengan begitu, kamu akan lebih peka akan kebutuhan jiwa dan ragamu setiap saat.

2. Kesabaran

StockSnap_EJ5OPA0IKXvia Stocksnap

Mengembangkan diri sendiri butuh waktu yang tidak singkat. Biarkan dirimu terus berevolusi seiring hidupmu berjalan. Gunakan waktu untuk mengenali kapasitas dirimu agar kamu tahu apa saja yang harus kamu lakukan pada waktu yang tepat. Memiliki kesabaran pada diri sendiri membuatmu tahu kapan harus berhenti dan terus berjuang. Sadari bahwa ada saatnya dalam hidup kamu akan merasakan kegagalan, keputusasaan, kebahagiaan, dan berkembang menjadi wanita yang lebih baik lagi. Semuanya akan terjadi pada waktu yang tepat, di mana setiap langkah kamu akan belajar banyak hal baru untuk membentuk dirimu menjadi lebih bijaksana dan dewasa.

3. Apresiasi Diri

StockSnap_LHFJ2DF399via Stocksnap

Content continue below...

Apresiasi diri yang sesungguhnya adalah menerima bahwa kamu tidak sempurna. Kamu tidak akan pernah bisa menjadi orang lain dalam hal apapun. Selalu ada orang yang lebih baik di luar sana. Terimalah bahwa kamu memiliki kekurangan dan keterbatasan yang harus kamu atasi sedikit demi sedikit. Sadari bahwa terlepas dari semua orang yang menyayangimu, akan selalu ada yang membencimu dan menganggap dirimu tidak akan pernah cukup baik untuk mereka. Diri kamu adalah kombinasi seluruh kekurangan dan kelebihanmu. Selain itu, kamu juga berani menerima perubahan diri yang tidak pernah kamu sangka sebelumnya. Meski kamu punya kekurangan, kamu tetaplah lovable, berkualitas, dan cantik.

4. Kepercayaan

StockSnap_SFRSEXGI16via Stocksnap

Percayalah pada kemampuan, kelebihan, dan keahlian yang kamu miliki. Percayalah bahwa setiap harinya kamu bisa melalui segala rintangan yang terkadang bisa melampaui batasan dirimu. Kamu memiliki ketahanan diri dan kekuatan tak terbatas untuk menaklukkan apapun yang kamu inginkan. Percayalah cepat atau lambat kamu pasti bisa menguasai atau memahami sesuatu yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya, dan itu membuatmu lebih pintar dan bijak. Percayalah pada dirimu kamu akan selalu bangkit dan tetap berjuang meski kamu berada di ujung tanduk.

5. Kejujuran

StockSnap_Q3P6NCT23Evia Stocksnap

Kalau kamu ingin orang lain selalu jujur padamu, bersikap jujurlah pada dirimu sendiri. Kalau kamu tidak suka pada keadaan dirimu saat ini, beranilah membuat perubahan yang positif. Jika kamu menyukai seseorang, bersikaplah proaktif. Jika kamu dihadapkan sesuatu yang tidak cocok dengan dirimu, miliki keberanian untuk menolaknya. Apapun keinginanmu, janganlah ragu untuk mewujudkannya. Kejujuran diri dapat menumbuhkan pertumbuhan yang positif dalam hidupmu, dan akan menempatkanmu dalam kehidupan yang lebih tenang dan membahagiakan. Banyak orang yang meraih banyak kesuksesan tetapi kelihatannya tidak pernah bahagia karena mereka enggan jujur pada diri mereka sendiri.

Apapun bentuk kebaikan yang kamu harapkan dari orang lain, pastikan kamu sudah memberikannya pada dirimu sendiri. Acceptance and love comes from within. Luangkan waktu sebanyak-banyaknya untuk mulai menyayangi dirimu sendiri, ya!

Share Your Thoughts