Pria Idaman, Di Manakah Kau Berada?

brad_pitt

Beberapa tahun yang lalu ketika saya masih jomblo, saya menuliskan kriteria pria idaman saya untuk didoakan setiap hari. Saya menulis mulai dari agama, tinggi, warna kulit, kemampuan, pekerjaan, dan puluhan kriteria lainnya yang memenuhi satu halaman HVS.

Seiring berjalannya waktu dan meluasnya pergaulan, saya bertemu dengan banyak pria yang “lumayan”, tapi selalu saja ada yang kurang. Entah kurang lucu, kurang pintar… Banyak kriteria pria idaman yang saya tuliskan yang tidak saya temukan pada lelaki-lelaki itu.

Hingga akhirnya kenyataan menampar saya keras-keras ketika saya tersadar, bahwa sesungguhnya selama ini saya hanya mengejar impian yang absurd. Pantas saja nggak nemu-nemu. Maksud saya, ladies, siapa sih yang nggak pingin pacaran dengan Adam Levine? Tapi ada berapa banyak Adam Levine di dunia ini? Dan yang paling penting, ada berapa banyak Adam Levine di dunia kamu?

Saya percaya beberapa dari kita pernah melakukan hal yang sama, atau bahkan sedang melakukannya sekarang. Kalau kamu termasuk salah satu yang menuliskan berpuluh-puluh kriteria untuk pria idaman calon pacarmu, saran saya sebaiknya kamu lipat kertas itu, bakar, tebar abunya ke laut.

Berhenti berimajinasi, mulai hadapi realita.

Content continue below...

Realitanya, tidak ada satupun pria idaman sempurna di dunia ini, dan tidak ada juga hubungan yang sempurna. Pria idaman yang bisa kita temui di dunia nyata bukan pangeran berkuda putih, mungkin bukan pria seksi perperut six pack, bukan Tao Ming Se… But ladies, jangan biarkan imajinasi dan harapan membutakanmu hingga kamu lupa, kamu berhak bahagia meski dunia tidak seindah yang kamu lihat di cerita dongeng atau majalah-majalah yang menampilkan foto mesra pasangan selebriti yang sempurna (namun cerai beberapa tahun lagi).

Tentu saja memiliki standar itu penting, itu hak dan kewajibanmu untuk memastikan bahwa hanya pria berkualitas saja yang pantas memilikimu. Tapi ladies, standarmu perlu dikaji ulang juga… Apakah memungkinkan? Apakah realistis? Atau kamu mengharuskan lelaki yang menjadi pacarmu harus bisa kayang sambil main harmonika sambil nyanyi seriosa? Di sisi lain, bila kamu boleh menginginkan Brad Pitt, pria juga boleh menginginkan Angeline Jolie, yang jauh dari kamu. Dan pertanyaan yang paling penting adalah: Dalam seumur hidup kamu, ada berapa pria dengan semua kriteria idaman pernah masuk dalam hidupmu? Jika jawabannya hanya satu, dua, tiga atau malah belum pernah, jelas kamu perlu mengubah sesuatu bukan? Jika berniat mengubah diri ya pola pergaulanmu, jika malas ya kriterianya saja.

Saya percaya, meski pacarmu bukan Brad Pitt, kamu tetap bisa bahagia. Tapi kalau kamu tidak ingin mengorbankan harapan-harapan berlebihanmu dan kerjasama dengan pasangan untuk kebahagiaan bersama, ya sudah. Saya hanya bisa mendoakan semoga suatu hari nanti, entah kapan, Johnny Depp lewat di depanmu supaya bisa kamu gaet. Ya siapa tau. Siapa tau.

Good luck :)

Share Your Thoughts