Selain Bermesraan, Lakukan 3 Hal Ini Setelah Bercinta

tidur bersama pasangan

Setelah selesai bercinta, apa yang biasanya kamu dan pasangan lakukan? Kalau pria, mungkin lebih memilih untuk tidur, seperti yang sudah dibahas dalam penelitian di sini. Kalau kamu? Mungkin kamu masih ingin berpelukan mesra dan membicarakan hal-hal ringan, seperti momen bercinta tadi. Hanya sayangnya, pasanganmu kini sudah tertidur pulas.

indragostita-de-altcinevaSebenarnya memang dianjurkan untuk bermesraan dengan pasangan setelah selesai berhubungan seks (dibahas di sini). Namun, aktivitas menyenangkan itu kadang nggak bisa dilakukan. Kalau belum mau tidur, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah bercinta, sesuai dengan saran dari pakar seks.

Pergi Ke Kamar Mandi

Kamu tahu infeksi saluran kencing? Pernah mengalaminya? Infeksi saluran kencing yang dialami oleh wanita paling sering disebabkan karena seks. Studi dari National Kidney Foundation mengungkapkan bahwa satu dari lima wanita pernah mengalami infeksi saluran kencing setidaknya satu kali dalam hidup mereka. infeksi bisa terjadi karena bakteri dari area intim dan anus bisa masuk ke saluran kencing, kandung kemih, bahkan ginjal. Saat mengalami infeksi saluran kencing, kamu akan sering buang air kecil, dan saat melakukannya akan terasa menyakitkan. Kamu pun bisaa merasakan sakit perut dan punggung.

Jadi, pakar seks menyarankan agar kamu pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks. Cara ini membuat salurang kencing jadi bersih dari bakteri dan mengurangi tekanan di area kandung kemih. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah berhubungan intim setelah menyentuh area bokong.

Mengingat Kembali Momen Bercinta Barusan

Ingat kembali hal-hal menyenangkan saat hubungan seks tadi. Apa kamu menyukai apa yang pasanganmu lakukan saat bercinta tadi? Kalau iya, utarakanlah pada pasangan. Sebab menurut Kristen Carpenter, Ph.D., profesor di bidang psikiatris, psikologi dan kandungan, waktu terbaik untuk mengatakan hal-hal tersebut adalah setelah berhubungan intim.

“Setelah bercinta adalah waktu terbaik untuk mengatakannya. Karena nggak akan terasa canggung daripada mengungkapkannya nanti,” ujar Kristen yang juga merupakan direktur dari kesehatan wanita di Ohio State Women’s Sexual Health Clinic.

Content continue below...

Membicarakan hal-hal intim juga dapat meningkatkan kepuasan bercinta loh. Studi yang diungkapkan dalam Archieves of Sexual Health menyebutkan bahwa menunjukkan rasa sayang setelah bercinta, baik itu dengan berpelukan maupun melakukan obrolan intim, dapat meningkatkan kepuasan seksual pasangan. Semakin sering pasangan terlibat daam obrolan mengenai seks, semakin tinggi kepuasaan mereka pada momen bercinta dan hubungan pernikahan.

Ingat yang Membuat Seks Terasa Nggak Nyaman

Seks terkadang menimbulkan rasa nyeri pada wanita. Namun, kamu nggak tahu apa yang menyebabkan rasa sakit itu muncul. Kalau terlalu sering merasakannya, tentu akan membuatmu resah bukan?

Lauren Streicher, MD, profesor kandungan dan kebidanan di Northwestern University’s Feinberg School of Medicine mengatakan, “Penyebab umum rasa nyeri muncul adalah karena wanita belum memiliki cairan lubrikasi yang cukup di vagina dan keinginan buang air kecil. Sehingga saat penis pria menekan area rahim, wanita merasakan ketidaknyamanan itu.”

Streicher, yang juga penulis buku Sex Rx — Hormones, Health, and Your Best Sex Ever, memberi saran untuk mencatat waktu saat rasa nyeri itu muncul, Kalau rasa nggak nyaman itu sering dirasakan, tandanya ada masalah kesehatan yang perlu diperiksakan ke dokter. Ada kemungkinan rasa nyeri itu indikasi infeksi jamur atau endometriosis.

 

Share Your Thoughts