Hidupmu Bakal Tersiksa dan Penuh Drama Kalau Kamu Berteman dengan 11 Orang Ini

A photo by Aranxa Esteve. unsplash.com/photos/S5DEUg2yUVU

Mendapatkan teman terkadang tidak mudah, tetapi kalau kamu telanjur dekat dengan temanmu yang tidak baik, lebih sulit lagi rasanya untuk menjauh. Kamu ingin mempertahankan mereka, kalian sudah lama mengenal satu sama lain. Namun, kamu juga tersiksa dan tidak tahan dengan drama mereka.

Menurut psikiater Dr. Gail Saltz, berteman dengan orang-orang yang punya berkebiasaan buruk dan negatif dapat merugikan kamu juga. Ditambah lagi, kalau temanmu tersebut senang merendahkanmu dan sering memberi kritik yang tidak bermanfaat dapat merusak self-esteem kamu. Oleh karena itu, kamu wajib menjaga diri kamu sendiri dengan menjauhi 11 tipe orang ini di lingkungan sosialmu.

1. Teman yang Sering Nyinyir Saat Mengobrol

A photo by Aranxa Esteve. unsplash.com/photos/pOXHU0UEDcgvia Unsplash

Obrolan yang efektif seharusnya bisa dilakukan dengan jujur dan terbuka, bukannya ditutup-tutupi oleh omongan nyinyir atau pasif-agresif. Kalau di lingkungan sosial kamu ada orang-orang yang seperti ini, kamu tidak perlu meladeni mereka dan lebih baik menjauh. Biarkanlah sikap negatif mereka yang satu ini jadi urusan mereka sendiri.

2. Teman yang Cemburu Padamu

photo-1467510396478-c4680a636614-1via Unsplash

Teman yang baik seharusnya turut berbahagia atau terinspirasi atas keberhasilanmu, bukannya cemburu atau iri. Saking cemburunya, dia akan melakukan segala cara untuk menyaingimu dan merendahkan kesuksesanmu. Berhati-hatilah pada orang seperti ini dan jangan sampai kenegatifan mereka mempengaruhi kerja kerasmu!

3. Teman yang Merendahkan Gender Kamu

Processed with VSCOcam with a6 presetvia Unsplash

“Lu kan laki, laki tuh nggak boleh cengeng!”

“Jadi cewek tuh harusnya di rumah, nggak usah kerja, biar bisa ngurus anak!”

“Laki kenapa pekerjaannya nggak elit, sih!”

Tidak seorang pun, termasuk temanmu, berhak merendahkan kamu karena gender kamu. Meski mereka hanya bercanda, kalau kamu merasa tidak nyaman, kamu patut menyatakan ketidaknyamananmu pada mereka. Komentar-komentar seksis seperti ini dapat merendahkan identitas dirimu dan tidak layak diterima siapapun oleh kedua gender.

4. Teman yang Selalu Merendahkan Self-Esteem Kamu

Processed with VSCO with m3 presetvia Unsplash

Teman yang tidak baik selalu mencari-cari kelemahanmu untuk dimanfaatkan oleh mereka untuk merendahkan self-esteem kamu. Mereka tidak rela melihatmu bahagia dan selalu berusaha menyeretmu ke level mereka. Carilah teman-teman yang mau menerima kekuranganmu dengan baik. Ketika kamu bertahan dengan orang yang selalu mengingatkanmu akan kelemahanmu, kamu pasti sengsara.

5. Teman yang Tidak Pernah Mau Mendengarkanmu

photo-1469237559036-c4645cda1a05via Unsplash

Content continue below...

Pasti kamu punya teman yang sering mengajakmu ngobrol, tetapi dia selalu membicarakan dirinya sendiri tanpa mau mendengarkanmu. Kamu harus menyingkirkan jauh-jauh teman egois dan narsistik yang selalu mengutamakan kepentingannya sendiri. Sekeras apapun kamu mencoba berteman baik dengan mereka, kamu pasti gagal.

6. Teman yang Tidak Pernah Memberikan Usaha yang Seimbang Buatmu

A photo by Tim Gouw. unsplash.com/photos/J1bAgl8E8uQvia Unsplash

Baik pasangan, teman, atau pun rekan kerja, hubunganmu dengan mereka tidak boleh berat sebelah. Artinya, kamu tidak boleh selalu menjadi pemberi atau pun penerima tanpa kontribusi yang seimbang dari mereka. Hubungan yang tidak seimbang akan mudah membuatmu merasa pahit dan tidak dihargai.

7. Teman yang Tidak Mau Memperhatikan Apa yang Kamu Butuhkan

photo-1467504057324-4c38f39ff87cvia Unsplash

Setiap orang memiliki definisi pertemanan yang berbeda-beda, tetapi semua orang memiliki kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh teman mereka. Maka dari itu, ketika kamu membutuhkan kehadiran temanmu namun dia mengabaikanmu, untuk apa kamu berteman dengan mereka? Carilah teman yang bisa memenuhi kebutuhanmu seperti kamu memenuhi apa yang mereka inginkan.

8. Teman yang Selalu Mementingkan Dirinya Sendiri

www.frsphoto.covia Unsplash

Teman yang negatif selalu mengutamakan dirinya sendiri dan tidak pernah memikirkan orang lain di dekatnya. Kalau kamu sering merasa tidak disayangi dan tidak dipedulikan, tandanya kamu berteman dengan orang yang seperti ini. Teman yang baik semestinya merespons kamu disaat kamu membutuhkan dia, bukannya memaksa kamu mendahulukan kebutuhannya sendiri.

9. Teman yang Tidak Bisa Diajak Berkompromi

photo-1461532257246-777de18cd58b-2via Unsplash

Perselisihan tidak pernah bisa dihindari dalam pertemanan, dan itu wajar. Namun, ketika kamu berdiskusi untuk mencari penyelesaiannya, temanmu sama sekali tidak mau berkompromi dan malah memaksamu menuruti apa yang dia inginkan. Apabila sikap keras kepalanya membuat konflik tidak bisa terpecahkan, tandanya kamu harus mengakhiri hubungan dengan mereka.

10. Teman yang Mempengaruhimu Melakukan Hal-Hal Destruktif

photo-1453975614608-505293680dc6via Unsplash

Semakin lama kamu berteman dengan orang negatif, kamu akan menghancurkan diri sendiri dengan pengaruh negatif mereka. Entah dengan mengonsumsi narkoba, minum alkohol tanpa batas, seks bebas yang tidak aman, dan lain-lain. Kalau kamu bisa berteman dengan orang yang mampu mengajakmu melakukan hal positif, kenapa kamu harus memilih teman yang hanya bisa merusak dirimu saja?

11. Kamu Tidak Pernah Senang Saat Dia Mengajakmu Bertemu

photo-1470343740979-20b904b850da-1via Unsplash

Semestinya kamu senang saat bertemu dengan temanmu, bukannya berharap kamu bisa menghindari mereka. Kalau kamu sampai takut dan berusaha menghindari mereka, mereka bukan teman yang baik buatmu. Siapa pun mereka, kalau kamu tidak pernah merasa bahagia saat berkumpul dengan mereka, saatnya kamu mengakhiri pertemanan dan mencari teman yang lebih baik lagi.

Share Your Thoughts