5 Cara Menenangkan Pikiran yang Kacau

Home Articles 5 Cara Menenangkan Pikiran yang Kacau
Share the knowledge!

Apakah kamu pernah mengalami hari di mana pikiranmu sangat kacau hingga kamu tidak bisa berhenti berpikir? Gara-gara pikiran kacau, kamu jadi kesulitan melakukan apa pun. Fokus dan konsentrasi mudah buyar karenanya. Saat malam pun kamu jadi sulit tidur karena terlalu banyak pikiran.

anxiety1Jika tidak segera dikendalikan, pikiran yang kacau dapat menyebabkan stres dan mendatangkan banyak penyakit. Setiap orang merasakan hal ini berbeda-beda. Dimulai dari terobsesi mengontrol segala hal di sekitarnya hingga merasa lepas kendali. Cara mengatasinya adalah mengendalikan pikiran yang sesuai dengan kondisi dan kepribadian kamu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk menenangkan pikiran:

Meditasi

Meditasi adalah cara terbaik untuk menenangkan pikiran. Kunci meditasi bukanlah mengosongkan pikiran, melainkan melambatkan alur pikiran secara perlahan-lahan dengan meditasi secara rutin. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa meditasi mampu mengatasi stres dan gangguan cemas. Meditasi bisa dilakukan bersama yoga atau duduk diam sejenak selama 10 menit.

Pernapasan Dalam

Bagaikan mobil yang berlari tanpa henti hingga bensinnya habis, seperti itulah rasanya berpikir terus-menerus tanpa istirahat. Cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pernapasan dalam. Taruh kedua tangan di atas perut lalu bernapas sampai perut terisi penuh oleh udara, tahan sesaat sebelum dikeluarkan perlahan-lahan. Menghitung di sela-sela tarikan napas juga bisa membantu.

Meregangkan Otot

Menurut Mayo Clinic, meregangkan otot dari kepala ke mata kaki dengan meremas setiap otot tubuh sebanyak tiga kali dapat membantu menghilangkan ketegangan otot. Cara ini mampu mengurangi gejala fisik yang disebabkan pikiran yang kacau.

Olahraga

Berjalan-jalan santai atau jogging di saat pikiran kacau dapat melepaskan endorfin yang meningkatkan perasaan senang dan melepas rasa stres. Berolahraga sudah menjadi cara terampuh untuk meredakan stres atau masalah kesehatan mental lainnya.

Bermain Games

Alihkan pikiran dengan bermain games kesukaan di waktu luang. Permainan yang menantang pikiran seperti sudoku atau teka-teki silang dapat membantu melatih pikiran untuk fokus. Ketika permainan sudah selesai, akan ada rasa kepuasan tersendiri karena telah berhasil menyelesaikannya. Efek berikutnya yang akan dirasakan adalah rasa senang dan terhibur setelah bermain games.

Semua orang mengatasi stres dan pikiran yang kacau dengan cara berbeda-beda. Jika semua cara di atas masih kurang, berbicaralah pada keluarga atau teman terdekat. Carilah jalan keluar untuk mengatasinya karena kesuksesan tidak akan bisa diraih jika pikiranmu keruh.

Share the knowledge!