Cinta Membuat Anda Kehilangan Sahabat

Home Articles Cinta Membuat Anda Kehilangan Sahabat
Share the knowledge!

Harga yang harus dibayar ketika Anda jatuh cinta adalah kehilangan dua orang teman, demikian menurut sebuah penelitian di Oxford University. Ketika sedang dilanda perasaan kasmaran Anda menjadi terfokus pada pasangan dan menyisakan lebih sedikit waktu untuk orang lain, sekarang angkanya sudah bisa dibuktikan.

Oxford University meneliti sejumlah orang tentang lingkaran inti mereka dan bagaimana jumlahnya jadi berubah ketika mereka jatuh cinta. Lingkaran inti adalah lingkaran pergaulan terdalam Anda, bisa berisi sahabat, orang tua yang akrab seperti sahabat, mentor ataupun teman-teman biasa namun sangat dekat.

“Ketika seseorang memiliki kekasih baru, maka dari yang tadinya memiliki lingkaran inti berisi lima orang, akan menurun menjadi empat orang. Tapi empat orang ini sudah termasuk kekasih barunya, jadi dia telah melepaskan dua orang yang dekat dengannya.” Ujar Robin Dunbar, profesor antropologi di Oxford University.

Penelitian ini, yang akan diterbitkan dalam waktu dekat, dipresentasikan di British Science Festival di Aston University. Profesor Dunbar dan timnya meneliti jejaring sosial dan bagaimana kita mengelola ukuran dan komposisinya. Dia menunjukkan bahwa jumlah teman yang realistis dan mungkin untuk tetap berhubungan adalah sekitar 150. Di Facebook, misalnya, walaupun akunnya berisi ribuan friends, orang biasanya hanya memiliki 120-130 teman saja yang benar-benar dekat dengannya.

Angka ini bisa dibagi dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil, dengan lingkaran sahabat inti yang terdiri atas empat atau enam orang. Ini adalah orang-orang yang kita temui sekitar seminggu sekali, sahabat-sahabat yang kita datangi ketika kita punya masalah. Kelompok berikutnya adalah teman-teman yang kita temui hanya sebulan sekali, orang-orang yang tidak terlalu dekat tapi bila mereka meninggal besok maka kita akan sedih dan merindukan mereka.

Tim peneliti bertanya pada 540 orang, berumur 18 keatas, tentang hubungan mereka dengan orang-orang terdekat mereka dan bagaimana hubungan tersebut berubah ketika kedatangan kekasih baru. Hasilnya mengkonfirmasi kepercayaan kita selama ini bahwa cinta cenderung membuat orang kehilangan sahabatnya.

“Keintiman sebuah hubungan dan ikatan emosional seseorang sangat berkorelasi dengan frekuensi interaksi Anda dengan orang tersebut, apabila Anda tidak bertemu dengan orang tersebut ikatan emosionalnya akan luntur dengan cepat,” menurut Profesor Dunbar.

“Ketika jatuh cinta, fokus Anda adalah pada pasangan Anda, dan itu membuat Anda jadi tidak bertemu lagi dengan orang-orang yang dekat dengan Anda, akibatnya hubungan Anda dengan beberapa dari orang-orang tersebut jadi merenggang dan mereka tidak lagi masuk ke dalam lingkaran sahabat inti.”

Yang jadi masalah adalah apabila pada suatu saat hubungan Anda bermasalah, lalu Anda mencari mereka, namun mereka sudah tidak ada lagi. Karena hubungan dibentuk dua belah pihak, bila salah satu mundur maka yang lain akan otomatis terhilang. Karena Anda jarang menghabiskan waktu bersama sahabat, mereka akan otomatis hilang perlahan.

Nah sekarang Anda tahu bahwa saat berpacaran Anda akan kehilangan dua orang sahabat bila Anda tidak melakukan apa-apa. Sudah siap mempertahankan merekaBaca artikel ini.

Sumber: BBC News

Share the knowledge!