Mantra Untuk Move On: Expecto Patronum

Home Articles Mantra Untuk Move On: Expecto Patronum
Share the knowledge!

Film Harry Potter adalah salah satu film yang menurut saya sangat menginspirasi. Di film ketiganya, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, ada satu adegan yang menurut saya sangat berkesan, yaitu adegan di mana Harry dengan penuh keberanian menghadapi makhluk kegelapan yang bernama Dementor. Nah, ini bisa kita jadikan salah satu kiat untuk menghadapi kegalauan dan kepiluan, termasuk kenangan-kenangan buruk akan para mantan.

Sekarang mari kita analogikan Dementor sebagai kenangan pahit dan kesedihan masa lalumu yang selalu datang tanpa diundang (maupun sengaja kamu undang). Dia bersemayam jauh di dalam relung hatimu yang menyimpan semua kenangan pilu. Dia seperti hantu, muncul tiba-tiba. Di saat ia datang dan memenuhi seluruh isi benak kita, dia seperti Dementor yang tengah mengecup mangsanya. Dia menghisap semua kebahagiaan yang ada di dalam diri kita, dan hanya menyisakan perasaan sedih, merana, dan tersiksa.

Membuat kita kembali teringat betapa suramnya masa lalu, betapa terlukanya kita di saat kita dikhianati oleh orang yang pernah sangat kita sayangi, betapa kecewanya saat kita harus menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa bersamanya lagi, betapa pedih dan berlikunya perjalanan hidup dan percintaan yang telah dilewati.

Semua hal yang sudah kamu lakukan untuknya. Semua janji yang tidak akan pernah terpenuhi. Semua bayangan indah tentang masa depan yang tak akan pernah jadi nyata.

Sampai kapanpun kamu memang nggak akan bisa melupakan itu semua. Namun bukan berarti kamu nggak bisa menghalaunya. Di film Harry Potter, kita tahu ada satu mantra yang dapat mengusir Dementor, yaitu Expecto Patronum. Expecto Patronum adalah mantra yang sangat indah, karena setelah Harry merapalkannya, muncul cahaya terang benderang dari ujung tongkat sihirnya yang kemudian membentuk wujud seekor hewan yang akan segera mengusir Dementor pergi.

Seperti Harry, untuk dapat menggunakan mantra ini kamu harus punya ingatan dan kemauan kuat untuk membayangkan hal-hal terindah yang pernah terjadi di hidupmu. Misalnya, saya akan mengingat masa kecil saya yang suka bersepeda ria, lebaran bersama keluarga, hangout bareng teman-teman, wisuda S2, dan para mahasiswa-mahasiswa saya yang tersayang di kampus.

Sadarkanlah dirimu, bahwa dirimu adalah hal pertama yang paling berharga yang kamu miliki, dirimu adalah hal yang harus pertama kali kamu sayangi. Ingatlah bahwa kamu sedang melupakan begitu banyak pintu kebahagiaan di masa lalu, kini maupun yang akan datang, pintu kebahagiaan bersama orang-orang yang mau mengasihimu dan membutuhkanmu, karena kamu terlalu sibuk menatap satu pintu berisi kenangan pahit di sudut hatimu.

Saat kamu menatap dan meratapi satu pintu yang tertutup, kamu mengabaikan begitu banyak pintu yang terbuka.

Bayangkan keteguhan hatimu yang kuat, teriakkan Expecto Patronum setiap saat kamu sedih. Munculkan cahaya yang menerangi hatimu yang gelap, hampa, dan putus asa. Kamu akan kembali menemukan pijakan untuk bangkit dari kesedihan. Sehingga kini kegalauan dan masa lalumu yang pahit bukan lagi penghalang. Karena kamu tahu, sampai kapanpun kamu layak untuk memperoleh kebahagiaan.

Karena kamu sadar, ada begitu banyak pintu kebahagiaan lain yang siap menggantikan satu pintu yang sudah hilang. Bahwa nilai satu pintu tidak sebanding dengan begitu banyak pintu-pintu lain yang kamu abaikan.

Well, sekarang kamu ngga perlu takut lagi menghadapi Dementor itu kan?

Move on jadi lebih mudah, karena kamu udah bisa ber- “Expectoooo Patrooonuuuuuum!” seperti Harry Potter.

Dan supaya kamu punya langkah harian, silakan klik panduan berikut ini:

Klik sekarang agar bisa mulai bergerak maju segera!

Good luck. :)

 

Share the knowledge!