Rahasia Pesona Bad Boy

bad

Jangan harap Anda mendengar wanita mengaku menginginkan figur pria kurang ajar, brengsek, atau bajingan playboy yang doyan menyakiti. Mereka selalu memimpikan pria yang dewasa, penuh perhatian, romantis, setia, bertanggung jawab, dan seribu satu katalog indah lainnya. Namun pada kenyataannya, mereka sering tersandung pada sosok yang berkebalikan dengan itu semua; bad boy.

Sebenarnya judul yang lebih tepat adalah mengapa pria yang berperilaku negatif (bad boy) dapat menarik para wanita sekalipun secara logis setiap wanita seharusnya membencinya; saya agak putar sedikit kalimat judul agar ringkas dan bombastis.

Sebelum mengetahui alasan fenomena itu, bidang studi psikologi dapat menganalisa pria brengsek dan bajingan dalam hal romansa pada kombinasi Big Five berikut ini: high extraversion (penuh energi, ekspresif di hadapan orang lain), low neuroticism (jarang mengalami emosi yang tidak menyenangkan), low conscientiousness (santai, berantakan, tidak disiplin), low agreeableness (mementingkan diri sendiri, sedikit empati, cenderung bertanding daripada bekerjasama), high openness to experience (menyukai tantangan, cepat bosan, pecandu pengalaman baru), dan sedikit terkontaminasi elemen dark triad traits: “the self-obsession of narcissism; the impulsive, thrill-seeking and callous behavior of psychopaths; and the deceitful and exploitative nature of Machiavellianism.”

Peter Jonason dari New Mexico State University menemukan bahwa James Bond adalah figur yang paling tepat menggambarkan seluruh sifat di atas karena, “… he’s clearly disagreeable, very extroverted and likes trying new things. Just as Bond seduces woman after woman, people with dark triad traits may be more successful with a quantity-style or shotgun approach to reproduction, even if they don’t stick around for parenting.”

Dan jangan pikir itu hanya terjadi di dunia Barat! Survei yang dilakukan David Schmitt dari Bradley University terhadap 35,000 orang di 57 negara juga mengkonfirmasi bahwa pria yang memiliki ‘bau’ seperti itu cenderung lebih meriah dalam petualangan romansanya.

Dalam pelatihan Hitman System, saya selalu menyatakan bahwa wanita jarang sekali menyadari apa yang sebenarnya membuatnya tertarik dari seorang lawan jenis yang mungkin menjadi calon pasangannya. Seluruh proses seleksi dan minat para wanita terjadi nyaris di luar kesadaran mereka. Ini bukan sekedar perkara wanita sebagai makhluk emosional saja.

Jadi mengapa hal-hal yang cenderung negatif di atas dapat membuat wanita di seluruh dunia begitu terpikat? Mengapa Anda dan saya tidak pernah kehabisan sahabat wanita yang curhat terpesona akan kehadiran bad boys yang menghiasi hidup mereka?

Content continue below...

Alasannya adalah perilaku bad boy yang bajingan dan kurang ajar itu menegaskan simbol kegilaan, kesempurnaan, kebebasan, kemegahan, ‘kedewasaan’, dan ‘kemapanan’ yang sangat menggugah cita rasa para wanita. Hal-hal tersebut membangkitkan sensasi yang jarang sekali bisa dipenuhi oleh pria yang lain yang berperilaku sopan, kalem atau baik.

Di saat yang sama, adanya kemungkinan disakiti dan bahaya bila berhubungan dengan pria disfungsional tersebut justru semakin mengobarkan api minat para wanita (yang merasa) dewasa. Setiap wanita menemukan kepuasan dalam mengabdikan (baca: memanipulasi) dirinya untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki pria yang ‘terlihat cacat’. Menjadi satu-satunya wanita yang mampu memahami dan menolongnya, sebagaimana saya jelaskan dengan lengkap dalam artikel Mengapa Wanita Sering Tertarik Pada Pria Yang Salah. Itu adalah dorongan psikologis yang separuh mulia, separuh sakit, dan seratus persen adiktif!

Inilah pilar-pilar ilmiah yang mengungkap misteri mengapa wanita tertarik pada pria bajingan. Tentu saja saya menuliskannya bukan bertujuan memotivasi Anda menjadi bajingan karena pria yang kental dengan karakteristik itu hanya efektif pada tahap pra-hubungan dan sukses untuk romansa jangka pendek saja. Artikel ini lebih bersifat tamparan bagi para pria yang terbiasa bersikap serba baik hati, lembek, ‘miskin’, serba mengeluh dan membutuhkan kehadiran wanita. Sadari bahwa kebiasaan tersebut malah membuat Anda semakin kering dan dijauhi oleh lawan jenis.

Saya ingin Anda berhenti sejenak dan menilik seluruh sahabat wanita Anda selama ini. Anda pasti bisa menemukan benang merah dari ribuan kisah romansa itu: mereka terpikat dan jatuh cinta pada pria yang tidak pernah terlihat membutuhkan mereka. Pria tersebut adalah sebuah tantangan yang besar. Ia sibuk berpetualang, menikmati gaya hidup yang menyenangkan sementara semua orang ikut berputar mengelilinginya.

Anda perlu berlatih mengekspresikan kombinasi Big Five dan Dark Triad di atas tanpa perlu menjadi pria yang bajingan, disfungsional, kekanak-kanakan, merusak dan menyakiti setiap wanita yang tertarik pada Anda. Lalu bila Anda sudah siap untuk membina hubungan cinta yang lebih serius lagi, Anda harus bersedia mengurangi sedikit kesempurnaan Anda dan menunjukkan sisi lemah untuk diisi oleh sang kekasih. Ijinkan dia berakar dan bertumbuh di dalam diri Anda agar ia tidak mudah terpikat oleh gelora pria-pria lain yang senantiasa menggodanya.

Share Your Thoughts