Weekend Ini Ngapain Yah?

weekend

Salah satu point yang ditekankan hari ini adalah keluar dari zona kenyamananmu dan hadapi tantangan.

Lex beberapa waktu lalu juga mengatakan demikian dan bahkan ia membagikan beberapa tips kecil dalam memperbaiki kepercayaan diri para cowok dengan menyapa setiap orang di jalan atau di kantor, atau dengan kata lain meningkatkan kepercayaan dirimu! Sulit memang tetapi itu akan membantumu untuk keluar dari kursi kantormu yang nyaman, atau ranjangmu yang empuk untuk mendapatkan tantangan baru yang akan membuat hidupmu menarik.

Seorang peserta workshop pernah bertanya pada kami, “Bagaimana sih caranya bikin hidup gw gak sucks kayak sekarang ini?” Biasanya kami menyarankan beberapa hal, seperti memiliki komunitas baru, hobby baru, lingkungan baru, dan banyak hal lainnya yang terlalu panjang untuk diceritakan dalam artikel.

Salah satu cara untuk membuat hidupmu lebih menarik adalah dengan selalu menjawab, “IYA!” Atau dengan selalu mengambil keputusan yang lebih sulit, lebih seru, atau lebih menantang.

Seandainya Anda dihadapkan dengan pertanyaan, “Clubbing atau tidak malam ini?” langsung beri jawaban, “Clubbing!”

Kalau ada yang mengajakmu untuk mencoba rafting minggu ini, langsung jawab, “Ikut!”

Jika seorang teman lama yang tidak pernah akrab denganmu sebelumnya tiba-tiba menelpon mengajakmu nongkrong bareng di weekend ini, padahal Anda berencana untuk menghabiskan waktu seharian di kantor, langsung jawab, “So pasti!”

Kenapa saya mendorong Anda seperti itu?

Sering kali saat Anda dihadapkan dalam dua keputusan, Ikut atau Tidak Ikut, Pergi atau Tidak, Anda lebih sering memilih yang lebih nyaman.

Mungkin faktor psikologi dimana Anda merasa lebih nyaman di tempat yang sudah Anda kenal atau dalam situasi yang dapat Anda kendalikan. Dalam kantor misalnya, Anda lebih sering memilih diam saat bos memberi Anda tugas, Anda seperti ninja diam-diam ke WC saat bos sedang mencari orang untuk diberi tugas baru.

Kenapa? Karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi saat Anda mengambil tugas tersebut!

Content continue below...

Anda takut akan konsekwensinya, Anda takut gagal dan berakibat dipecat, dan mungkin Anda merasa malas mengambil tantangan baru tersebut. “Ah buat apa capek-capek ngerjain tugas baru, mendingan diem aja, main internet, chatting, daripada tugas baru harus keringetan, lembur-lembur dan susah.”

Manusia memang paling gampang mengambil keputusan yang membuat dirinya sendiri nyaman dan aman.

Dan otak Anda memang jenius dalam hal menciptakan banyak ilusi seperti, dipecat, diomelin bos, jatuh saat rafting, teler saat pergi dugem, atau ditampar wanita saat diajak bicara. Saya pernah membahas tentang ilusi dalam artikel Cara Agar Berani Kenalan Dengan Siapa Saja, baca lagi sekarang supaya ingatanmu segar.

Tapi tanpa Anda sadari, Anda juga melewatkan banyak kemungkinan-kemungkinan positif yang bisa terjadi apabila Anda menerima tantangan baru. Mungkin saja, setelah menunaikan tugas dari bos ia akan memberikan applause pada dirimu dan menaikkan posisimu. Bayangkan jika Anda mengatakan YA atas ajakan temanmu, dan mengalami hari yang menakjubkan.

Anda bisa jatuh ke air dan berenang ke perahu di bawah terjangan arus yang mengerikan dan juga menantang, Anda bisa berlari-lari menyusuri hutan menghindari tembakan teman Anda saat bermain paint ball. Anda bisa menemui banyak teman baru, wanita baru, dan segudang pengalaman yang jelas lebih menyenangkan dibandingkan TIDUR DI KAMAR.

Ada begitu banyak hasil yang lebih positif dari pilihan yang selama ini Anda lewati. Saat Anda mengatakan YA, apa sih hal yang terburuk yang bisa menimpamu? Memang selalu ada kemungkinan kalau pergi rafting, atau paint ball atau dugem atau semua aktifitas lainnya yang lebih menantang itu itu berakhir dengan tidak menyenangkan. Tetapi paling tidak Anda sudah mencobanya! Anda jadi tidak perlu lagi bermimpi dan menduga-duga keasikan apa yang akan terjadi bila Anda mengatakan YA.

Dan apabila Anda memang mengatakan YA dan keluar dari goamu, Anda bisa mengalami hari-hari yang menarik dan pada akhirnya Anda senang sudah bisa mengambil keputusan yang bisa merubah hidupmu jadi jauh lebih menarik.

Jadi mulai sekarang, saat Anda dihadapi dengan dua pilihan.

Yang satu kembali ke zona nyaman mu, dan yang satu lagi menuju sebuah lembah yang Anda tidak tahu isinya. Apa pilihanmu? Take YES for your answer! Dan saya jamin Anda mungkin akan mengalami hari yang luar biasa!

So guys, buatlah kehidupanmu lebih menarik, sekarang. Itu adalah perintah.

Share Your Thoughts