Mengapa Bisa Jatuh Cinta Hanya dengan Tatapan Mata?

o-DATING-facebook

Kamu dan pembaca lain tentu pernah mendengar istilah “cinta pada pandangan pertama” bukan? Di mana seseorang bisa jatuh cinta pada pertemuan dan pandangan pertama dengan lawan jenis yang ia temui. Padahal, satu sama lain belum saling mengenal dan nggak pernah melakukan kontak lebih dari sekadar berpandangan

9oGLa6qMeskipun banyak artikel yang kemudian menyatakan bahwa cinta pada pandangan pertama itu adalah sebuah mitos belaka, namun kita tentu penasaran, mengapa seseorang bisa jatuh cinta hanya dengan melihat tatapan mata orang lain? Tatapan mata kan nggak memberi sentuhan fisik, bahkan nggak mengekspresikan hal-hal romantis yang dapat menyentuh hati. Jadi, bagaimana caranya?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The National Institute of Physiological Science di Jepang menemukan fakta menaruk tentang caranya sebuah tatapan mata dapat membuat dua orang saling jatuh cinta. Dilansir oleh thehealthline.com, penelitian ini mengungkapkan bahwa hubungan antara perilaku dan saraf di otak selama dua orang saling bertatapan mata sangat erat kaitannya. Jadi, nggak ada hubungan yang bisa dibangun tanpa adanya kontak mata di antara keduanya.

Baca juga:
3 Cara Memikat Cowok atau Cewek Keren Yang Dijamin Ampuh!

Sebanyak 96 responden dilibatkan dalam penelitian ini. Para responden ini belum mengenal satu sama lain. Kemudian, mereka dipasangkan dan diminta untuk saling bertatapan mata dalam situasi yang sebelumnya sudah diatur. Selama penelitian berlangsung,  peneliti menggunakan sebuah magnet yang berfungsi untuk meresonansi aktivitas otak para responden saat melakukan instruksi tersebut.

Content continue below...

Jadi, bagaimana hasilnya? Dari eksperimen ini, ditemukan adanya sinkronasi antara kedipan dan tatapan mata dengan apa yang terjadi pada otak para responden. Kedipan dan tatapan mata ini berbeda dengan yang terjadi pada umumnya. Hasil ini menunjukkan bahwa kontak mata menjadi komponen penting untuk interaksi sosial manusia.

Sepertinya benar bahwa “mata adalah jendela hati”, dan juga pepatah “dari mata turun ke hati”. Sebab sebuah tatapan mata bisa membuat kamu dan orang yang kamu tatap jadi saling tertarik. Kalau begitu, mengapa nggak mencoba cara ini untuk bisa menjalin kedekatan dengan gebetan? Tatap dirinya hingga ia pun memasang tatapannya padamu. Saat tatapan mata kalian bertemu itulah, benih-benih cinta bisa tumbuh di hatinya.

 

Share Your Thoughts