Apakah Hubunganmu Memiliki Komunikasi yang Baik? Cek 4 Tandanya

Home Articles Apakah Hubunganmu Memiliki Komunikasi yang Baik? Cek 4 Tandanya
Share the knowledge!

Komunikasi memegang peranan penting dalam segala hubungan, termasuk hubungan percintaan. Komunikasi yang baik dapat membuat hubungan asmara minim dengan pertengkaran, juga dapat mendekatkan satu sama lain. Sebaliknya, komunikasi yang buruk dapat membuat hubungan diwarnai dengan kesalahpahaman, serta justru menjauhkan satu sama lain.

BreakfastApakah kamu dan pasanganmu sudah memiliki komunikasi yang baik? Tentu akan sulit untuk menilainya jika nggak punya acuan bukan? Oleh karena itu, kami tunjukan beberapa tanda yang dapat menjadi acuan bagi kamu dan pasangan untuk menilai kualitas komunikasi dalam hubungan kalian. Kalau kamu dan pasangan sering mengalami tanda-tanda di bawah ini, berarti hubungan kalian memiliki komunikas yang buruk.

Sering Mengacuhkan Pasangan

Ketika pasangan berbicara, apa yang kamu lakukan? Jika kamu memberikan perhatian pada setiap kata dan kalimat yang keluar dari mulutnya, pertanda bahwa komunikasi kalian berjalan dengan baik. Sementara sebaliknya, jika kamu sering mengacuhkan pasangan, tandanya komunikasi di antara kalian kurang berjalan dengan mulus.

Jika ingin hubungan yang langgeng, kamu perlu memberi perhatian pada setiap ucapan pasangan. Jangan mengacuhkannya, apalagi memarahinya karena menganggap hal tersebut nggak penting untuk didengar. Pasangan akan merasa kecewa sebab kamu nggak bisa menghargai keinginannya untuk berbicara. Kekecewaan ini dapat menjadi sebuah masalah bukan?

Mudah Emosi

Komunikasi dalam hubunganmu berjalan buruk jika kamu atau pasangan mudah marah. Saat mendengar candaan pasangan, kamu malah mengartikannya sebagai ejekan. Saat pasangan baru saja ingin meminta izin untuk melakukan me time, tanpa memberikan kesempatan untuknya menjelaskan, kamu sudah menghujaninya dengan tuduhan macam-macam. Hmm, pesan yang sebenarnya ingin disampaikan pasangan padamu nggak akan pernah bisa kamu dapatkan. Sebab semuanya terhalang oleh emosimu yang berlebihan.

Berbicara Kasar

Komunikasi nggak akan berjalan dengan baik jika kamu sering mengeluarkan kata-kata kasar pada pasangan, terlebih jika sedang dalam mendiskusikan masalah. Belum sempat menceritakan masalah sedang sejelas-jelasnya, kamu  sudah mengeluarkan sumpah serapahmu pada pasangan. Tentu masalah nggak akan pernah selesai, ditambah pasangan merasa sakit hati mendapatkan kekerasan verbal seperti itu.

Nggak Saling Mendengarkan

Kamu merasa pasanganmu nggak pernah mau mendengarkanmu? Coba tanya balik pada dirimu sendiri, apakah kamu pernah mendengarkan pasanganmu saat berbicara? Kalau kenyataanya, kamu nggak pernah mendengarkan apa pun yang ia bicarakan, wajar saja dia melakukan hal yang sama denganmu. Dan hal ini menunjukkan pertanda komunikasi yang buruk dalam hubungan kalian.

Jika kamu mau pasangan mendengarkan ucapanmu, lakukanla hal yang sama untuk dirinya. Dengarkan dirinya saat bercerita, saat berpendapat, dan sebagainya. Komunikasi nggak akan pernah bisa berjalan dengan baik jika nggak ada satu pihak pun yang mau mendengar.

Jadi, apa hubunganmu memiliki komunikasi yang buruk, atau yang baik? Nilai sendiri ya.

 

Share the knowledge!