5 Cara Agar Pertengkaran Bisa Menjadi Solusi dalam Masalah Asmara

Home Articles 5 Cara Agar Pertengkaran Bisa Menjadi Solusi dalam Masalah Asmara
Share the knowledge!

Untuk menyelesaikan masalah dalam asmara, kamu dan pasangan pastinya perlu melalui yang namanya pertengkaran sebelum akhirnya menemukan solusi. Kamu harus berdebat untuk mempertahakan pendapatmu, begitupun dengan pasangan.

Agar pertengkaran dapat selesai dan membuahkan sebuah solusi, kamu dan pasangan perlu melakukannya secara sehat. Kalau kamu dan pasangan hanya berdebat nggak jelas dan selalu lari dari masalah, pertengkaran tersebut nggak akan pernah bisa selesai. Kamu dan pasangan hanya menjadikan pertengkaran tersebut memendam dan menjadi bom waktu di kemudian hari.

Lalu, bagaimana caranya agar setiap pertengkaran yang terjadi selalu berbuah solusi dan berakhir dengan tuntas? Coba cara berikut ini.

Tenang

Yah, kita tahu, siapa sih yang nggak emosian saat bertengkar dengan pasangan? Semua orang pasti akan terpancing emosinya saat bertengkar dengan pasangan sendiri. Namun, cobalah sebisa mungkin untuk tetap tenang di saat bertengkar dengan pasangan. Coba kendalikan emosimu agar hal tersebut nggak mengambil alih pikiranmu. Sebab, emosi dapat membuat pikiranmu jadi kacau sehingga kamu nggak bisa menyelesaikan dengan baik. Emosi juga membuat kamu dan pasangan nggak bisa berdikusi dengan tepat dan sehat.

Menyendiri Sementara Waktu

Jika emosi sudah merasuki pikiranmu, maka langkah yang perlu kamu ambil selanjutnya adalah menyendiri dahulu. Nggak apa-apa kok untuk mengambil waktu sendirian dan berpikir, atau sekadar melakukan hal yang dapat menenangkan pikiranmu. Dengan begitu, emosi yang sudah meluap dapat mereda, serta nggak akan mengganggu logikamu untuk berpikir sehat.

Sebelum kamu menyendiri, baiknya katakan pada pasangan terlebih dahulu keinginanmu tersebut. Sebab, pasangan bisa berpikir hal yang aneh-aneh saat kamu tiba-tiba menghilang di saat sedang bertengkar dan menghadapi masalah dalam hubungan.

Fokus pada Tujuan

Saat akan bertemu pasangan dan membahas masalah tersebut, ingat bahwa tujuanmu adalah untuk menyelesaikan masalah. Jadi, berfokuslah pada tujuan tersebut. Jika kamu nggak berpegangan pada tujuan tersebut, pembahasan masalah nantinya akan berujung pada debat yang tiada akhir. Kamu dan pasangan pun bsia saling menyalahkan dan mencaci maki. Alhasil, pertengkaran tetap berlanjut dan masalah nggak akan pernah tuntas.

Pilih Kalimat yang Tepat Saat Berbicara

Saat berdiskusi dengan pasangan, penting sekali untuk memilih kalimat yang tepat. Salah penggunaan bahasa dapat memicu perdebatan lainnya dengan pasangan. Cobalah menghindari kata “selalu” atau“nggak pernah”pada pasangan. Misalnya, “Kamu selalu saja salah” atau “Kamu nggak pernah mengerti aku ”. percayalah, kalimat seperti ini nggak akan membuat pasangan jadi berpikir akan kesalahannya, melainkan membuatnya jadi lebih emosi dan berbalik menyalahkanmu.

Gunakan kalimat yang lebih baik, misalnya, “Aku lebih senang kalau kamu menyimpan handphone-mu saat kita sedang berduaan”. Bagaimana? Lebih enak dan nyaman bukan? Pasanganmu pun pasti dapat mengerti dengan jelas keinginanmu tanpa merasa dihakimi.

Jangan Mengungkit Masa Lalu

Di saat terjadinya pertengkaran, bukan hal yang baik untuk memunculkan kesalahan masa lalu. Malahan, memang sebaiknya nggak usah mengungkit masa lalu. Sebab kamu justru menunda-nunda penyelesaian masalah. Kamu nggak membuat pertengkaran berubah menjadi sebuah solusi, yang ada membawa pertengkaran ke luar dari jalur yang seharusnya. Sekalipun kesalahan masa lalunya sama atau berhubungan dengan kesalahannya yang sekarang, tetap bukan hal yang bijak untuk mengungkitnya kembali.

Cukup gampang bukan untuk mengubah pertengkaran menjadi sebuah solusi? Dengan begitu, masalah dapat selesai dengan tuntas tanpa perlu membuang waktu, energi, serta emosi.

Share the knowledge!