4 Cara Agar Pertengkaran Cepat Selesai

Home Articles 4 Cara Agar Pertengkaran Cepat Selesai
Share the knowledge!

Banyak pasangan yang sering bertengkar karena hal sepele. Sudah karena masalah sepele, pertengkarannya pun berlangsung cukup lama dan bertele-tele. Kalau keseringan seperti ini, tentunya dapat menjadi ancaman dalam hubunganmu.

Sejatinya, semua pertengkaran bisa selesai dengan cepat dan tuntas. Kamu hanya perlu beradu pendapat dengan sehat dan menghindari adanya sesi drama dalam pertengkaran tersebut. Selain itu, cobalah untuk melakukan hal ini sehingga pertengkaranmu nggak berlangsung terlalu lama dan bertele-tele.

Jangan Bicara Seakan Kamu adalah Ibunya

Dalam pertengkaran ini, selalu ingat bahwa kamu adalah pasangannya, bukan ibunya. Kamu nggak berhak memposisikan dirimu sebagai ibunya, yang bisa mengaturnya, memaksanya, dan membuatnya menuruti kata-katamu. Bahkan mungkin, ibunya nggak bersikap seperti dirimu yang terlalu mengekang dirinya. Jadi, selalu ingat kalau kamu itu adalah pasangannya.

Saat ingin mendiskusikan masalah, bicaralah padanya sebagai teman yang nyaman dan menyenangkan. Berbicaralah dengan baik dan lembut, serta hindari kata-kata yang terkesan menuntut dirinya. Percayalah, dia pun akan mengurungkan niatnya untuk mendebatmu dengan nada tinggi. Ia akan membuka dirinya padamu dan bersikap tenang saat membahas masalah ini denganmu.

Jangan Menyudutkanya

Jangan selalu melimpahkan kesalahan pada pasangan. Jangan selalu membuat pasangan merasa tersudut sehingga ia perlu mengemi-ngemis minta maaf padamu. Tujuanmu adalah untuk menemukan penyelesaian masalah, bukan membuat pasangan merasa bersalah dan menghamba maaf padamu. Jadi berhentilah menyudutkannya, dan hindari kalimat yag membuatnya merasa tersudut.

Meskipun ia bersalah, sedikit –banyaknya tetap ada andil dirimu dalam masalah yang terjadi ini. Menyudutkan atau melimpahkan kesalahan pada pasangan hanya akan membuat masalah jadi tambah panjang. Alangkah baiknya untuk berdiskusi bersama mencari jalan keluar. Minta maaflah satu sama lain, dengarkan dirinya saat memberikan alasan, bersikaplah tenang dan menghindari drama. Dengan begini, pertengkaran nggak akan berlangsung dalam waktu lama. Masalah pun cepat selesai.

Keputusan Bersama

Jangan memaksakan pendapat atau solusi yang kamu ciptakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jangan membuat keputusan secara sepihak. Sebab hal itu justru menimbulkan ketidakpuasan dalam diri pasangan dan berpotensi memunculkan pertengkaran lainnya.

Karena ini adalah masalah kamu dan pasangan, maka buat keputusannya untuk bersama dan dari kesepakatan bersama. Satu sama lain merasa puas dengan solusi yang ada, dan mau bersama-sama memperbaiki diri agar nggak terjadi kesalahan yang sama di masa depan.

Ingat Hal Bahagia Bersama Dirinya

Saat bertengkar, rasa lelah tentu menghampiri bukan? Kamu merasa sepertinya hubungan lebih baik diakhir. Eits, jangan lanjutkan pikiran tersebut. Selama hubungan masih dapat diperbaiki, selama pertengkaran masih bisa diselesaikan dengan baik, jangan berpikir untuk putus atau hal buruk lainnya.

Untuk menghindari pikiran negatif tersebut, coba putar kembali momen-momen indah yang kamu habiskan bersamanya. Ingat bahwa ada banyak kebahagiaan  yang telah terjadi di antara kalian. Dengan begitu, pikiran negatifmu jadi menghilang dan kamu bisa tetap sabar untuk menyelesaikan masalah ini.

 

Share the knowledge!