7 Cara Cepat Meredakan Pertengkaran Dengan Pasangan

pertengkaran dengan pasangan kelas cinta

Percaya atau tidak, bertengkar dengan pasangan ternyata sehat, lho. Tetapi, pertengkaran yang sehat adalah yang konstruktif, bukannya destruktif. Pertengkaran diperlukan untuk membahas perbedaan dan kebutuhanmu pada pasangan. Namun, yang bikin pertengkaran dengan pasangan tidak sehat adalah kalau kalian saling membentak dan menyakiti.

Begitu pertengkaran dimulai, sulit rasanya menenangkan diri dan mencoba meredakan situasi. Tahu-tahu semuanya sudah di luar kendali dan rasanya seperti tidak bisa kembali seperti dulu lagi. Jangan bersedih dulu. Sebenarnya, ada banyak cara meredakan pertengkaran agar kalian cepat baikan.

Bagaimana caranya? Pertama-tama, tenangkan dulu dirimu, tarik napas dalam-dalam, dan ingat, kamu ingin masalah selesai dan berbaikan dengan pasangan. Setelah itu, pelajari caranya meredakan pertengkaran dengan pasangan berikut ini.

1. Fokus Pada Apa yang Kamu Rasakan Saat Ini

stas-ovsky-90602
via Unsplash

Kalau selama ini kamu selalu fokus pada kesalahan dan ucapan pasangan dalam pertengkaran, fokus pada apa yang kamu rasakan saat ini. Artinya kalian peduli satu sama lain dan kamu ingin fokus pada perasaan pasangan juga. Tidak hanya meredakan pertengkaran, pasangan akan merasa dimengerti olehmu.

Atasi pertengkaran dengan kelembutan dan kebaikan. Jika pasangan tidak merasa dimengerti, dia makin sedih dan sulit diajak menyelesaikan masalah bersamamu.

2. Jangan Perhitungan!

tim-foster-333708
via Unsplash

Kalau kamu mulai menjabarkan kesalahan pasangan satu per satu, akibatnya sangat fatal. Sikap perhitungan seperti ini berasal dari rasa insecure karena kamu merasa dihakimi oleh pasangan. Two wrongs don’t make a right. Daripada saling menyalahkan, lebih baik segera cari akar permasalahan dan selesaikan semuanya.

3. Akui Kesalahan Kamu

a-xromatik-230597
via Unsplash

Ketika masalah kelihatannya tidak menemui titik terang, pastikan kamu sadari kesalahanmu. Akui kesalahanmu yang mengakibatkan masalah kalian terjadi. Lalai mengakui kesalahan berakibat saling menyalahkan. Tentunya hubungan akan berubah jadi tidak sehat, karena kalian jadi tidak puas dan tidak bahagia. Own your mistakes, karena ini adalah sikap rendah hati yang sangat berharga dalam kesuksesan hubungan.

Content continue below...

4. Pikirkan Masa Depan yang Ingin Kamu Lalui Bersama Pasangan

allef-vinicius-258276
via Unsplash

Membayangkan masa depan bersama pasangan dapat menyadarkanmu betapa pentingnya hubungan kalian. Dari menikah, memiliki anak, liburan bersama, dan lain sebagainya. Ingat-ingat juga alasan kamu memilih dan mencintai pasangan. Ingat betapa berharga pasangan untuk kamu sebelum kamu menegur kesalahan dia saat ini. Terkadang satu kesalahan dapat menghapus semua kebaikan yang ada. Jangan biarkan itu terjadi dalam hubungan kalian.

5. Sadari Ketika Pertengkaran Mulai Memuncak

blake-connally-346988
via Unsplash

Ketika pertengkaran sudah tidak bisa dikendalikan lagi, segera akhiri dengan berkata, “Tunggu. Kenapa kita sampai marah-marah begini? Kita tenangin diri dulu, yuk.” Dengan begitu, kamu dan pasangan bisa mengambil napas sejenak dan menenangakan diri.

6. Pahami Sudut Pandang Pasangan

erik-lucatero-254008
via Unsplash

Inilah yang disebut empati. Kamu tidak perlu setuju atau membenarkan sudut pandang pasangan, tetapi argumen bisa jadi tidak berujung kalau kalian tetap keras kepala. Anggap saja mencoba memahami perasaan pasangan seperti berkunjung ke kota baru. Kamu tentu ingin bersikap hormat, ingin tahu, dan terbuka dengan semua atraksi dan tradisi kota tersebut.

7. Beri Pertanyaan yang Memudahkanmu Memahami Perasaan Pasangan

freestocks-org-227646
via Unsplash

Beri pertanyaan yang jawabannya bisa memudahkanmu memahami perasaan pasangan. Cara ini dapat mengurangi panasnya emosi dan memberi kesempatan untuk mengenal pasangan. Memberi pertanyaan bisa jauh lebih baik daripada saling menyalahkan dan mengejek.

Pertengkaran sering kali tidak bisa dihindari. Namun, kuncinya adalah belajar meredakan pertengkaran dengan pasangan sebelum kalian saling menyakiti.

Share Your Thoughts