Cinta Beda Agama? 5 Tips Agar Hubungan Langgeng dan Sukses

Home Articles Cinta Beda Agama? 5 Tips Agar Hubungan Langgeng dan Sukses
Share the knowledge!

Cinta bisa hadir di mana saja, kapan saja, dan pada siapa saja. Nggak peduli dengan usia, jarak, kebudayaan, hingga perbedaan agama.

coupleYa, cinta terkadang bisa menembus perbedaan agama. Meski di Indonesia sendiri masih tabu dengan cinta beda agama, ada beberapa pasangan yang bersikukuh ingin tetap menjalaninya. Well, urusan hati memang nggak bisa dibantah bukan?

Namun tentu saja, perbedaan agama ini bisa menjadi sumber masalah dalam hubungan itu sendiri. Sebagian pasangan yang nggak bisa menyikapi perbedaan ini dengan baik, akhirnya memilih berpisah dengan penyesalan yang menyakitkan hati.

Cinta beda agama memang cukup rumit untuk dijalani. Namun jika kamu dan pasangan (yang berbeda agama) merasa sudah cocok satu sama lain, jika kamu dan pasangan menginginkan hubungan tetap berlanjut, maka hubungan tersebut masih memiliki harapan untuk bisa langgeng dan harmonis. Berikut ini adalah tips yang dapat kamu dan pasangan lakukan agar hubungan cinta kalian berjalan baik.

Jangan Mengubah Pasangan

Kamu dan pasangan memiliki keyakinan masing-masing. Ada kalanya, kamu mungkin pernah merasa bahwa keyakinan yang kamu pegang lebih baik dari dirinya. Kemudian secara halus, kamu mencoba membuatnya berubah hingga menganut keyakinan yang kamu pegang. Hal ini justru membuat hubungan kalian menjadi renggang dan berakhir putus.

Kamu dan pasangan sedang menjalani hubungan cinta, bukan hubungan untuk menghasut orang lain agar mau menganut keyakinanmu. Jadi, biarkan pasanganmu berpegang pada prinsipnya, dan begitu pula dengan kamu. Kalau mencoba mengubah pasangan, maka sebenarnya kamu nggak pernah tulus menerima dirinya apa adanya, seutuhnya.

Menghargai Pasangan

Hubungan dengan perbedaan yang cukup kental ini butuh banyak rasa toleransi dan saling menghargai di antara kamu dan pasangan. Jika kamu nggak bisa menghargai pasangan dan lingkungannya, dengan keyakinan yang mereka anut, hubungan asmara kalian dapat dipastikan nggak akan bisa berhasil. Kalau kamu nggak bisa menghargai pasangan, atau orang lain yang berbeda keyakinan denganmu, mengapa mencari pasangan yang berbeda denganmu?

Open Minded

Pada dasarnya, kita memang hidup di negara yang sarat akan perbedaan. Di luar hubungan asmara, tentunya kamu sudah bergaul dengan orang yang berbeda suku, berbeda ras, dan berbeda agama denganmu. Jika pikiranmu terlalu sempit untuk dunia yang penuh keberagaman ini, maka selamanya kamu nggak bisa menjalin pergaulan dengan siapa pun yang berbeda denganmu. Pandanganmu yang tertutup itu membuatmu nggak pernah bisa berkembang, malah membuatmu dimusuhi banyak orang.

Jika kamu ingin mencoba menjalin hubungan dengan orang yang berbeda keyakinan denganmu, ubahlah cara pandangnmu. Berpikiranlah secara terbuka, dan terima perbedaan yang ada di antara kalian.

Singgungan di Antara Kalian adalah Sebuah Renungan

Memang benar, pasti akan ada masalah yang bersumber dari perbedaan di antara kalian. Namun, jangan memikirkan masalah tersebut terlalu jauh. Misalnya saja, terjadinya sebuah masalah membuatmu berpikir bahwa orang-orang yang sama seperti pasanganmu itu semua buruk. Bahkan sampai berpikir bahwa memang keyakinannya mengajarkan seperti itu. Hal tersebut justru akan merusak hubungan kalian. Kamu pun sudah berpikiran negatif pada keyakinannya.

Jadikan masalah yang ada di antara kalian sebagai sebuah renungan untuk masa depan hubungan kalian. Jadikan juga persinggungan di antara kalian sebagai pelajaran untuk bisa lebih mengerti dan mengharai perbedaan yang ada di antara kalian, dan juga di dunia ini.

Bicarakan Masa Depan Cinta Beda Agama Kalian

Lambat laun, kamu dan pasangan akan sadar bahwa hubungan ini pasti punya tujuan, hubungan ini harus punya masa depan. Jadi, bicarakanlah hal tersebut dengan pasangan di momen yang tepat. Tentukan tujuan dari hubungan yang sedang kalian jalani ini, serta pertimbangkan keyakinan kalian masing-masing. Kalau hanya dibiarkan mengalir begitu saja, hubungan cinta beda agama kalian hanya akan mengambang nggak tentu arah. Bicarakan matang-matang serta perhitungkan segala konsekuensi yang akan kalian hadapi nantinya.

Cinta memang rumit untuk sebagian orang. Namun percayalah, cinta itu cukup sederhana, bahkan di antara perbedaan yang cukup kental tersebut.

 

 

Share the knowledge!