6 Tips Atasi Kejenuhan Dalam Hubungan

kejenuhan

Anda pernah mengalami kebosanan atau kejenuhan dalam sebuah relationship?

Salah satu penyebab perpecahan dalam sebuah hubungan seringkali adalah rasa jenuh/bosan yang disalah artikan menjadi “kehilangan cinta”, padahal bosan/jenuh adalah sebuah tanda bahwa hubungan kalian sudah mencapai titik plateau atau titik stabil di tempat yang tinggi.

Di titik plateau ini sebuah hubungan sudah diisi dengan pemahaman antar pasangan, komunikasi yang sudah baik dan juga kecocokan yang senada. Tetapi seringkali di titik ini karena sudah saling mengenal maka rasa bosan/jenuh mulai muncul. Rasa bosan ini diartikan kebanyakan orang menjadi kurangnya perasaan cinta. Tentu saja perasaan cinta yang di awal hubungan begitu menggebu-gebu mulai memudar karena satu dan lain hal.

cinta jenuh
Klik gambar untuk baca penjelasannya!

Berikut tips tentang bagaimana mengatasi rasa jenuh/bosan dalam relationship.

1. Sadari Bahwa Kebosanan Itu Normal

Kebosanan bukan berarti Anda dan dia tidak lagi saling mencinta, hanya saja Anda dan dia kekurangan aktifitas yang menarik atau aktifitas yang bisa membakar kembali semangat kalian.

2. Kumpul Bersama Teman

Seringkali ketika seseorang memasuki relationship mereka akan meninggalkan teman-temannya dan memasuki “Dunia milik berdua.” Hal ini akan memicu kebosanan secara cepat! Karena itu coba pergi bersama teman-teman juga, coba double date, atau bahkan triple date. Ajak pasangan untuk bergabung dan nongkrong di komunitas Anda.

3. Personal Time

Pastikan kalian memiliki personal time masing-masing. Misalnya ambil satu weekend di mana Anda dan dia tidak saling bertemu dan melakukan kegiatan masing-masing. Ini akan membuat kalian merasa fresh dan teringat pada rasa “kangen” yang sudah lama tidak pernah muncul lagi karena terlalu sering berdua.

Content continue below...

4. Aktifitas Berdua

Coba ikut kelas/kursus unik yang memang sengaja disusun untuk pasangan. Misalnya memasak bersama, outbound bersama. Kegiatan ini akan mendorong kalian menjadi kreatif dan membentuk kerjasama di tempat lain selain di dalam pacaran saja. Selain jadi pengalaman yang unik, juga akan me-refresh rutinitas pacaran kalian selama ini.

5. Surprise

Terdengar aneh? Seringkali ketika pasangan sudah mencapai titik plateau (stabil, datar) hadiah-hadiah kecil atau kejutan seringkali tidak lagi dilakukan. Karena mungkin menganggap sudah cinta mati, jadi walau nggak kasih kado pun bakal tetep setia. Nah ini adalah kesempatan kamu untuk memberikan surprise untuk pasangan. Misalnya, tiba-tiba ajak dia untuk makan siang bersama atau “culik” dia dari kantor untuk pergi ke Seaworld di hari biasa.

6. Break The Routine

Kreatifitas seseorang sebenarnya tidak terbatas tapi seringkali ketika dalam pacaran malah terbentur dan jadi nyaman dengan kebiasaan/rutinitas. Kreatifitas kecil pada sebuah date akan membantu kamu dan pasangan memecahkan kebosanan. Misalnya tiba-tiba ajak dia makan-makanan yang aneh, misalnya kuliner India atau Thailand. Atau bisa juga diam-diam selipkan kartu Hallmark yang puitis di tasnya setelah date.

Tapi ingat “it takes two to tango.” Artinya, Anda dan pasangan harus bersama-sama untuk mengatasi kebosanan atau kejenuhan ini. Bukan Anda saja atau dia saja yang berusaha. Ingat, kita selalu bilang bahwa bila dalam sebuah hubungan cuma Anda yang berusaha, itu artinya kalian cuma dua orang jomblo yang ngerasa lagi pacaran. Jadi, bekerjasamalah!

Praktekkan juga tips Lex dePraxis tentang Mengatasi Cinta Yang Jenuh.

Nah, kalo Anda apa saja yang sudah Anda lakukan untuk menghindari kejenuhan selama ini?

Share Your Thoughts