Cara Komunikasi Berkualitas dengan Pasangan

Home Articles Cara Komunikasi Berkualitas dengan Pasangan

Semua orang selalu bilang kunci hubungan sukses adalah komunikasi yang berkualitas. Jika itu benar, bagaimana cara kita menemukan kuncinya? Terkadang, kita merasa sulit berkomunikasi dengan pasangan. Tentu saja, semua orang yang memiliki hubungan asmara pasti pernah mengalami kesulitan berkomunikasi dengan pasangan.

Happy couple watching media in a tablet in a restaurant terraceNamun, bersama pasangan kita belajar bagaimana berkomunikasi berkualitas yang lebih baik. Selain untuk mengekspresikan perasaan dan kebutuhan kita dengan lancar, komunikasi berkualitas membantu kita mengenali kebutuhan pasangan juga.

Melalui tips ini, temukan cara berkomunikasi berkualitas yang menjadi kunci hubungan yang sukses.

Diskusi Langsung

Membicarakan persoalan yang sangat penting kepada pasangan seharusnya dilakukan secara langsung. Membicarakan hal-hal penting melalui chat atau pesan singkat akan menjadi kurang sehat karena kemungkinan untuk terjadi miskomunikasi sangat besar. Kita tidak bisa mendengar nada bicara pasangan dan membaca bahasa tubuhnya. Oleh karena itu, selalu bicarakan masalah penting dengan pasangan secara tatap muka.

Baca juga:
Bagaimana Komunikasi Yang Baik?

Terbuka pada Pasangan

Pasangan bukan cenayang atau dukun yang bisa membaca pikiran kita. Selalu sampaikan apa yang ada di pikiran ke pasangan dengan jelas dan terbuka. Saling menebak-nebak dan tetap diam dengan harapan pasangan bisa langsung paham bisa menyebabkan terjadinya kesalahpahaman besar. Berhentilah berkata pasangan tidak pernah peka dan jangan terus diam, ceritakan dengan terbuka melalui kata-kata.

Kejujuran

Salah satu tanda komunikasi berkualitas adalah mampu memberitahu pasangan apa yang sebenarnya kita rasakan. Kejujuran selalu menjadi hal yang terbaik dalam berkomunikasi dengan pasangan. Berkata jujur memang sulit, namun pasangan membutuhkan ucapan yang jujur dari satu sama lain. Bicarakan masalah atau keluhan sejujur-jujurnya kepada pasangan dengan baik.

Baca juga:
4 Tips Agar Pasangan Mau Berkata Jujur

Siap Mendengar

Mendengar bukan asal mendengar. Buatlah pasangan tahu kita mendengarkan apa yang dia katakan dengan sungguh-sungguh. Mendengar yang baik melibatkan kontak mata, memahami apa yang dikatakan pasangan, dan memberi perhatian penuh. Jangan pernah mendengarkan pasangan berbicara sambil bermain ponsel atau melakukan hal lain. Pasangan akan tersinggung dan merasa dirinya tidak benar-benar didengar.

Baca juga:
Kuasai 4 Trik Menjadi Pendengar Terbaik Kurang Dari 5 Menit!

Buktikan Ucapanmu

Komunikasi berkualitas bukan hanya berkomunikasi lewat ucapan. Tunjukkan perasaan sayang terhadap pasangan melalui sikap. Actions speak louder than words. Temukan cara lain untuk mengkomunikasikan rasa sayang melalui tindakan. Tunjukkan pada pasangan bahwa kamu peduli. Ucapan tidak akan ada artinya jika tidak dibuktikan.

Bagaimana caranya mengomunikasikan rasa sayang lewat tindakan? Caranya bisa Anda pelajari di KC STAR. Pesan sekarang untuk belajar bagaimana membangun hubungan harmonis dengan pasangan. 

Pesan KC STAR lewat LINK di bawah:

YA SAYA MAU PESAN KC STAR SEKARANG!

Referensi:
[1] Study challenges theory that good communication leads to marital satisfaction