4 Cara Komunikasi dengan Pasangan

Home Articles 4 Cara Komunikasi dengan Pasangan

Salah satu landasan penting dalam sebuah hubungan adalah komunikasi dengan pasangan. Tanpa adanya komunikasi, maksud dan keinginan salah satu pihak tak bisa tersalurkan dengan jelas dan baik.

Sayangnya, beberapa pria enggan untuk komunikasi panjang lebar dengan pasangan, apalagi jika ada masalah. Perbedaan pendapat membuat pria akhirnya mengalah kemudian berpikir jika wanita sulit sekali dimengerti. Padahal komunikasi dengan wanita sama saja jika dibandingkan saat kamu berbicara dengan teman priamu, Guys.

Kamu harus baca 5 cara berkomunikasi yang baik dengan wanita, agar hubungan nggak terus-menerus ribut karena salahnya komunikasi.

Berikan Waktu

Anggap saja, memberikan waktu untuk mendengarkan pasangan kamu berbicara sama saja dengan saat kamu memberikan waktu untuk makan, nonton bola, atau hangout sama sahabat. Anggap saja kamu menghabiskan waktu sekitar satu atau dua jam untuk ngobrol sama dia sebagai bentuk perhatian dan upaya kamu untuk hubungan yang lebih berkualitas dan memprioritaskan dia.

Menyediakan waktu untuk duduk di depannya setelah kalian bekerja seharian—atau mungkin menyediakan telinga untuk mendengarkan ceritanya di telepon, untuk membahas pekerjaan, teman-teman dia, dan hubungan kalian atau bahkan membicarakan cuaca yang tak menentu.

Apa pun yang dibicarakan, sebenarnya nggak begitu penting bagi wanita. Hanya saja, saat kamu menyediakan waktu untuknya, dia tahu jika kamu perhatian dan memprioritaskan dia.

Saat ada masalah pun, sebaiknya pria tidak pernah menghindar untuk menjelaskan apa yang kamu butuhkan dari pasangan. Ini yang seringkali dilakukan pria. Karena pusing melihat wanitanya marah dan menangis, mereka harus mengalah. Justru jika tak membicarakan apa keinginan kamu, pasangan kamu jadi nggak mengerti. Masalah wanita adalah kode, masalah pria adalah menghindari masalah. Tampak berbeda, tapi sebenarnya sama saja.

Baca juga:
Kode-kodean: Karena Wanita Ingin Dimengerti

Be an Active Listener

Mungkin bagi beberapa pria akan terasa sulit menjadi pendengar yang aktif untuk pasangannya. Masalah pekerjaan di kantor, kadang kala membuat kamu nggak bisa konsentrasi, padahal konsentrasi menjadi kunci utama dalam sebuah komunikasi. Dibutuhkan kesabaran saat pasangan kamu berbicara panjang lebar—bahkan bagi kamu untuk hal yang nggak penting. Kamu bukan hanya sekadar mendengarkannya, tapi kamu juga harus memperhatikan gestur, wajah, suara, dan isi pesannya. Ini yang kadang kala membuat pria pusing.

Namun, ada satu rahasia yang membuat komunikasi dengan pasangan tampak lebih mudah, Guys. Saat pasangan kamu bicara panjang lebar dan sekali kamu memberikan komentar tapi tampaknya dia nggak mendengarkan dan terus bicara, itu tandanya dia memang hanya ingin didengarkan—tanpa saran apa pun. Tugas kamu jadi lebih mudah. Kamu hanya butuh melihat dia, sesekali mengangguk, mengomentari dengan “Oh” atau “Terus, Beb?” atau “Ah, masa?” itu lebih dari cukup. Berbeda jika di awal dia sudah mengatakan butuh saran dari kamu.

Baca juga:
Mengapa Orang Malas Ngobrol Dengan Anda?

Non-Verbal Communication

Jangan mentang-mentang wanita dilarang kode, pria bisa dangkal dalam menangkap bicara nonverbal pasangan kamu, Guys. Seringkali wanita memang nggak ingin mengatakan apa yang dia rasakan—dan itu memang salah—karena pria tak akan mengerti. Sama seperti kamu hanya diam saat kamu kena masalah di kantor. Hanya saja, sebagai pria kamu juga harus mengerti bagaimana gesture dan ekspresi pasangan kamu. Hal ini untuk menunjukkan bahwa kamu sedikit peka dengan dirinya.

Perhatikan setiap gerakan, ekspresi wajah, bahasa tubuhnya, hingga suaranya. Apakah dia berbicara dengan nada kesal, sedih, atau berteriak. Bisa dikatakan bahwa komunikasi nonverbal bisa berfungi sebagai tanda instan untuk mengetahui bagaimana perasaannya tentang kamu pada saat itu. Kadang kala memang pria nggak harus terus memikirkan kata-kata yang diucapkan karena bahasa tubuh dapat “berbicara” lebih.

Ini Bukan Kompetisi

Sifat kompetitif para pria mendorong kamu ingin memenangkan setiap hal, tak terkecuali saat kamu sedang bertengkar dengan pasangan. Namun, kamu harus sadar betul bahwa setiap pertengkaran di antara kamu dan pasangan, nggak ada pemenangnya. Berhenti berpikir bahwa setiap masalah adalah sebuah pertarungan dalam menentukan siapa menang dan kalah. Memenangkan perdebatan saat ada masalah bukan menjadi sebuah tujuan kamu, Guys, karena ada saatnya wanita hanya ingin tahu kalau kamu masih tetap mencintainya di saat kalian sedang bertengkar.

Tarik napas dalam-dalam, pegang tangannya, dan katakan bahwa kamu masih tetap peduli dengannya—bagaimana pun sikapnya saat kalian sedang bertengkar. Kemungkinan besar wanita akan menepis tangan atau pelukannya.

Jangan tersinggung atau emosi, Guys. Beberapa puluh menit saat kamu membiarkannya seperti itu, wanita justru akan membalas pelukan dan ciuman kamu saat dia sudah sadar kalau kamu adalah pasangan yang paling mengerti dia. Malah kadang kala, wanitamu yang meminta maaf karena sikapnya.

Berkomunikasi dengan pasangan memang gampang-gampang sulit tergantung dari bagaimana Anda menerapkan 4 langkah di atas. Jika komunikasi Anda dengan pasangan belum kunjung membaik, berarti ada yang salah dengan penerapan 4 langkah tersebut.

Bagaimana langkah tepatnya? Caranya bisa Anda dapatkan di KC STAR; online course berisi ratusan solusi percintaan Anda. Mulai dari bagaimana menciptakan keharmonisan dalam hubungan yang mulai dingin, cara mengatasi konflik dengan pasangan tanpa merugikan pihak mana pun, apa yang harus Anda persiapkan sebelum menikah, dan masalah-masalah cinta lainnya.

Semua materi disajikan dalam bentuk video, audio, dan ebook yang bisa Anda akses lewat handpone dan komputer asalkan Anda tersambung ke internet. Karena mudah diakses, Sehingga Anda bisa belajar cinta di mana pun dan kapan pun. Jadi Anda tidak ada alasan untuk tidak belajar.

Pesan KC STAR sekarang lewat LINK di bawah:

YA SAYA MAU MEMESAN KC STAR!