9 Cara Mengelola Kebahagiaan Rumah Tangga yang Realistis

Kebahagiaan Rumah Tangga Kelas Cinta

Memiliki kebahagiaan rumah tangga memang tidak mudah, tetapi sama sekali tidak mustahil. Kebahagiaan rumah tangga yang sebenarnya didapatkan dari usaha yang seimbang dan komitmen yang berkelanjutan. Kamu dan pasangan tidak sepantasnya mengharapkan kebahagiaan rumah tangga dari usaha secara sepihak atau tidak ada usaha sama sekali.

Untuk itulah, penting sekali mengetahui cara mengelola kebahagiaan rumah tangga yang realistis. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengelola kebahagiaan rumah tangga dengan sehat dan realistis.

1. Jangan Hindari Konflik Apabila Terjadi, Karena Konflik Bisa Menjadi Pelajaran Berharga Untukmu dan Pasangan

anthony-mapp-254864 (1)
via Unsplash

Bukannya kamu sengaja mencari masalah, tetapi masalah yang hanya ditutupi tanpa diselesaikan agar kalian tidak perlu bertengkar tidaklah sehat. Melakukan kesalahan dalam batas kewajaran dapat membantu kamu mengenal pasangan lebih baik sekaligus belajar bertanggungjawab atas kesalahanmu. Proses ini akan mendorong perkembangan dan menumbuhkan kualitas hubungan ke arah yang lebih sukses untuk sekarang dan di masa depan.

2. Kebahagiaan Rumah Tangga Tidaklah Instan, Sadari Bahwa Segalanya Membutuhkan Waktu dan Proses

tom-pumford-250287
via Unsplash

Banyak pasangan masih percaya bahwa hubungan yang sukses sama sekali tidak butuh usaha. Kenyataannya salah. Semua usahamu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri bersama pasangan selalu membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar. Untuk bisa memiliki hubungan yang sukses, kamu akan terus ditantang untuk evaluasi diri, meningkatkan kualitas diri, serta belajar untuk berkompromi secara konstan.

3. Jangan Pernah Berasumsi, Selalu Bertanya dan Klarifikasi Pada Pasangan

StockSnap_UKQFANM68P
via Stocksnap

Semakin lama kamu menjalin hubungan dengan pasangan, akan makin mudah untuk berasumsi kamu tahu apa yang dia pikirkan dan rasakan. Atau sebaliknya, kamu menuntut pasangan untuk langsung memahami kamu tanpa mengatakan apapun.

Jika kamu menginginkan sesuatu dari pasangan, mintalah secara langsung. Tanpa bertanya dan mengkomunikasikan kebutuhanmu, kamu tidak akan pernah tahu atau mendapatkan apa yang kamu mau. Hal ini berlaku dalam segala jenis hubungan, termasuk hubungan asmara.

4. Selesaikan Semua Pertengkaran Sampai Tuntas Agar Tidak Menimbulkan Masalah Baru di Masa Depan

StockSnap_5TKU0RRD2W
via Stocksnap

Banyak pasangan bertengkar tetapi enggan menyelesaikannya sampai tuntas karena tidak sanggup menghadapi konflik. Mereka lebih memilih mengalah lalu melupakannya begitu saja tanpa solusi. Masalah yang tidak terselesaikan tersebut akan mengendap dan tumbuh menjadi kebencian dan kemarahan yang bisa muncul kapan saja. Oleh karena itu, segera selesaikan sampai tuntas seluruh permasalahan yang kalian miliki tanpa ditunda-tunda lagi, ya!

Content continue below...

5. Beranikan Diri Untuk Mencoba Hal-Hal Baru Bersama Pasangan

StockSnap_PYMB2QKITE
via Stocksnap

Selama hal baru tersebut positif dan berpotensi membawa perubahan baik pada hubungan, kenapa tidak? Kalau kamu takut keluar dari zona nyaman, anggap saja sebagai kesempatan untuk berkembang bersama pasangan. Jangan lagi terlalu banyak berkata ‘tidak’ pada hubungan. Jika kamu ingin dijauhkan dari kejenuhan hubungan, segera lakukan hal baru bersama pasangan sekarang juga.

6. Selalu Miliki Kesibukan Pribadi, Meskipun Kamu Sudah Memiliki Pasangan

StockSnap_T3EKGWM607
via Stocksnap

Hanya karena kamu sudah punya pasangan, bukan berarti kamu berhenti melakukan semua kesibukanmu saat masih single. Kamu dan pasangan tetap harus punya kesibukan masing-masing. Seperti menggeluti karir, berkumpul dengan teman, mengikuti komunitas, dan lain sebagainya. Memiliki kehidupan pribadi yang berwarna akan memperkaya kualitas hubungan kamu.

7. Meski Sudah Punya Pasangan, Jangan Lupa Untuk Terus Mengejar Mimpimu!

timo-stern-234939 (1)
via Unsplash

Apapun impian dan harapan yang kamu miliki saat masih single, jangan sampai kamu lupakan hanya karena kamu sudah punya pasangan. Banyak orang yang melupakan impiannya saat sudah memiliki pasangan dan di masa depan mereka sengsara karena membuang mimpinya tersebut. Kamu boleh mengondisikan visi misimu untuk pasangan, tetapi jangan sampai impianmu tersebut terbuang seluruhnya.

8. Jangan Lupa Menyayangi Diri Sendiri!

ib-wira-dyatmika-115368
via Unsplash

Banyak orang yang kehilangan jati dirinya setelah dia menjalani hubungan dengan pasangan. Itu karena mereka lupa merawat dan menyayangi diri sendiri dalam hubungan. Kamu tidak akan bisa memberi perhatian penuh pada pasangan kalau kamu belum memperhatikan diri sendiri. Kamu berhak meminta waktu sendiri untuk merawat diri pada pasangan.

9. Jangan Takut Mengakui Kesalahan Apabila Diperlukan

inna-lesyk-191832
via Unsplash

Jangan pernah berhenti memperjuangkan hubunganmu. Hal itu termasuk mengakui kesalahanmu saat bertengkar. Karena hubungan yang saling menyalahkan satu sama lain bukanlah hubungan yang sehat. Hubungan yang terus-menerus mengalah tanpa pertanggungjawaban juga bukan cara menyelesaikan konflik yang baik. Mengakui kesalahanmu sama saja membuka kesempatan untuk memperbaiki diri dan hubungan.

Share Your Thoughts