9 Alasan Kamu Patut Memperjuangkan Hubunganmu Hingga Titik Darah Penghabisan

photo-1469507014779-a64b535f8e5f

Banyak pasangan putus ketika hubungan mulai terasa sulit. Sekalipun diperjuangkan dan dipertahankan mati-matian, hanya satu pihak yang melakukannya. Pasangan akan beralasan hubungan berakhir karena terlalu banyak perbedaan, tidak ada usaha dari salah satu pihak, dan lain sebagainya.

Ya, memang ada banyak masalah yang membuat sebuah hubungan tidak layak lagi dipertahankan. Tetapi, kamu juga harus tahu kapan saja harus mengakhiri hubungan atau mempertahankannya habis-habisan karena hubungan itu layak untuk diperjuangkan. Mengapa? Karena hubungan yang sukses membutuhkan usaha keras yang seimbang. Untuk hubungan sukses, kadar usaha dan cinta yang dibutuhkan hanya berbanding 80/20 atau 70/30. Mengejutkan, bukan? Berikut ini adalah 9 alasan dan ciri-ciri kamu patut memperjuangkan hubunganmu sampai titik darah penghabisan.

1. Kamu Masih Bisa Jadi Diri Sendiri dalam Hubungan

photo-1459947727010-6267d2c1232fvia Unsplash

Pasangan pasti memiliki kebiasaan buruk yang sering buat kamu kesal, dia juga pasti pernah melakukan kesalahan yang bikin kamu geleng-geleng kepala. Pasangan bukanlah manusia sempurna. Terlepas dari kesalahan dan kebiasaan buruknya, kalau kamu masih tetap bisa jadi dirimu yang terbaik di depannya, serta bisa memaafkan dan mengikhlaskan kesalahan dia, dan dia juga mendukung hobi dan karir kamu, kenapa kamu harus meninggalkan dia?

2. Masalah yang Kalian Hadapi Masih Bersifat Situasional

Processed with VSCOcam with t1 presetvia Unsplash

Jadwal kerja yang bentrok dengan quality time, pasangan tidak bisa memberi perhatian karena sedang stres, berdebat soal hal-hal kecil, atau karena LDR? Semua masalah itu masih bisa diselesaikan dengan rasional. Selama masalah tersebut tidak menyangkut batasan diri dan hubungan serta masih bisa diselesaikan dengan baik, hubungan kalian layak dipertahankan, kok. Pastikan masalah-masalah yang kalian hadapi bisa mempererat hubungan ketimbang menghancurkannya.

3. Momen Baik Masih Jauh Lebih Banyak Daripada Momen Buruk

photo-1467678906229-789c80c3d7davia Unsplash

Meski bertengkar, kalian masih rindu satu sama lain. Pasangan masih orang pertama yang ingin kamu kabari ketika kamu menerima kabar baik. Pasangan juga masih orang yang bisa kamu andalkan dan sanggup memahamimu. Dia tetap ada buatmu untuk mendukungmu di saat baik dan buruk. Kalau menurutmu pasangan masih melakukan ini padamu, memutuskan dia justru malah merugikanmu.

4. Dalam Masa-Masa Buruk, Kalian Masih Menghormati dan Mempercayai Satu Sama Lain

pexels-photo-58572 (1)via Pexels

Kamu bisa bertengkar dan melalui masa buruk tanpa merasa dikhianati, terancam, atau tidak dihargai. Sesulit apapun situasi yang kalian hadapi, kalian tetap bisa berkomunikasi sehat dan terus berusaha. Bukankah seperti inikah tipe pasangan yang kamu cari-cari untuk jadi belahan jiwamu?

5. Kalian Mampu Bertengkar dengan Produktif

pexels-photo-136411via Pexels

Content continue below...

Keluhan bisa didengar dengan baik, kamu dan pasangan bisa menanggapi dengan serius kekhawatiran satu sama lain, kalian bisa berkompromi dan menemukan jalan keluar yang sesuai. Setelah itu, kalian tidak lagi mengungkit-ungkit masalah dan pertengkaran yang sama di masa depan.

6. Teman dan Keluarga Mendukung Kalian Bersama

pexels-photo-40525via Pexels

Kamu dan pasangan merasa tidak perlu menyembunyikan masalah hubungan dari teman dan keluarga karena khawatir mereka akan menyuruh kalian putus. Keluarga dan teman terkadang bisa menilai apakah hubungan yang kamu jalani baik untukmu atau tidak. Jika mereka mendukungmu bersama pasangan, itu bisa menjadi tanda positif hubungan kalian layak dipertahankan.

7. Kamu Masih Menganggap Pasangan Menarik dan Kamu Menyukai Kualitas Dirinya

photo-1455849318743-b2233052fcffvia Unsplash

Ketertarikan terhadap pasangan bisa hilang sedikit demi sedikit dalam hubungan jangka panjang. Tidak hanya ketertarikan fisik, kalau kamu juga menyukai kualitas dirinya meski sudah bertahun-tahun bersama, artinya hubungan kalian baik-baik saja. Poin ini sangat penting untuk pasangan suami-istri: walau sudah bertahun-tahun tetaplah berusaha membuat dirimu menarik dan berkualitas untuk satu sama lain.

8. Kalian Masih Mau Berjuang Menjadi Lebih Baik Untuk Satu Sama Lain

pexels-photo-121848via Pexels

Kesalahan pasti ada, kekurangan tidak dapat dihindari, musibah akan datang cepat atau lambat. Semua itu tidak membiarkan kalian terpuruk dan meruntuhkan hubungan yang sudah dibangun susah payah. Kamu berusaha menjadi lebih baik untuk pasangan dan kamu percaya pasangan juga melakukan hal sama buatmu.

9. Kamu Masih Bisa Mengambil Pelajaran dari Hubungan yang Kamu Jalani

photo-1449431312639-a3fdaaa11aa8via Unsplash

Meski kamu sadar hubungan kalian tidak bisa langgeng, kamu tahu kamu bisa belajar banyak dari hubungan ini. Mungkin kamu belajar menjadi lebih dewasa, mengalahkan ketakutanmu sendiri, dan ada kalanya evolusi dirimu tidak sejalan dengan pasanganmu. Dan itu bukan hal yang salah, kok. Pastikan hubunganmu berakhir baik dan kamu bisa mengambil hikmah positif darinya.

Share Your Thoughts