7 Cara Membuat Pesta Pernikahan Tanpa Menguras Dompet

pesta pernikahan kelas cinta

Kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah tetapi budget terbatas? Tidak perlu khawatir. Merencanakan pesta pernikahan dengan budget terbatas memang tidak mudah, tetapi bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin. Salah satu kunci suksesnya adalah dengan memangkas biaya tanpa mengurangi keindahan pernikahan yang akan kalian rasakan bersama para tamu undangan.

Selama kamu disiplin, tahu prioritas, dan apa yang benar-benar kamu inginkan dari pesta pernikahan, semua bisa terwujud! Berikut ini adalah beberapa ide dan cara membuat pesta pernikahan yang sama sekali tidak menguras dompet!

1. Hindari Mengundang Tamu Secara Berlebihan

StockSnap_YXMA9E84JN
via Stocksnap

Mengundang semua orang yang kalian kenal memang sangat menggoda. Namun, setiap tambahan tamu yang kalian buat, bertambah juga biaya tambahan yang harus kalian berikan. Selain itu, kehangatan pesta pernikahan juga berkurang karena terlalu banyak orang yang hadir.

Mulailah mengurangi kapasitas tamu dengan mengurangi 20% daftar undangan yang sudah ada, lalu kurangi lagi 20%. Lakukan terus sampai kalian puas dengan hasilnya.

Baca juga:
4 Alasan Resepsi Pernikahan Sama Sekali Tidak Penting!

2. Daripada Meminta Kado Dari Teman, Minta Bantuan Saja Pada Mereka

StockSnap_OYPB0SVE0V
via Stocksnap

Kalau ada teman atau kerabat yang jago menyanyi atau bermain alat musik, minta saja mereka untuk tampil di resepsi. Lebih bagus lagi kalau ternyata ada kenalan yang jago memotret, sehingga dia bisa memotret kalian untuk sesi pre-wedding. Memiliki kenalan atau kerabat yang bakatnya berguna untuk suksesnya pesta pernikahan sangat berguna untuk menghemat budget pernikahan.

3. Dekorasi Bunga Secara Minimalis

StockSnap_W4FO7Z757S
via Stocksnap

Daripada membuang uang untuk bunga yang pasti layu setelah resepsi usai, siapkan saja dekorasi bunga yang minimalis tetapi elegan. Contohnya, buket bunga kecil untuk pengantin wanita. Jika ingin lebih berhemat, gunakan saja bunga palsu. Tidak akan ada orang yang memperhatikan, kok!

4. Ajak Kerabat dan Teman Berpartisipasi Merencanakan Pesta Pernikahan

photo-booth-wedding-party-girls-160420
via Pexels

Saat kalian merencanakan budget pernikahan, ajaklah teman atau kerabat terdekat yang bisa kalian percaya. Siapa tahu, mereka punya beberapa ide bagus yang dapat membantu menghemat biaya lebih banyak lagi. Misalnya, salah satu kerabat punya kenalan event organizer yang bisa memberikan penawaran terbaik, teman punya aksesoris atau peralatan yang bisa dipinjam untuk resepsi. Orang-orang tersayang kalian pasti senang hati mau membantu!

Baca juga:
8 Rahasia Jitu Berhemat dan Menabung Untuk Biaya Pernikahan

5. Rencanakan Bulan Madu yang Sederhana

StockSnap_6QL9J3HF2C
via Stocksnap

Content continue below...

Tidak perlu merencanakan bulan madu yang mahal, fokus saja pada hal terpenting: menikmati waktu romantis bersama pasangan. Bulan madu tidak perlu ke luar negeri. Cukup kunjungi saja kota domestik. Berwisata ke objek lokal yang belum pernah kalian lihat sebelumnya, menikmati kuliner yang tidak pernah kalian temui di kota asal, dan merasakan pengalaman yang belum pernah kalian alami sebelumnya!

6. Rencanakan Dari Jauh-Jauh Hari

StockSnap_ZBKPJ1TR37
via Stocksnap

Agar pesta pernikahan sukses tanpa menguras biaya, rencanakanlah jauh-jauh hari. Buatlah daftar rencana sebanyak-banyaknya lalu review rencana tersebut. Semakin awal direncanakan, makin banyak pula ide-ide yang terkumpul. Stres juga berkurang lebih banyak. Dan waktu yang dibutuhkan untuk mencari diskon dan penawaran terbaik lainnya juga makin banyak!

7. Desain Kartu Undangan Sendiri

pexels-photo-262023
via Pexels

Dengan skill desain yang cukup, kamu dan pasangan dapat membuat kartu undangan sendiri yang personal. Kamu juga bisa meminta bantuan teman atau desainer amatiran yang ahli mendesain kartu undangan untuk tambahan portofolio desain mereka.

Nah sekarang kamu sudah tahu cara membuat pesta pernikahan meriah tanpa keluar banyak biaya, tapi kok pasangan belum melamar-lamar kamu yah? Padahal keuangan, kedewasaan, dan keharmonisan kalian sudah lebih dari cukup untuk melanjutkan hubungan ke pernikahan.

Kalau kamu merasa pasangan dan kamu sendiri sudah cukup matang untuk menikah, jangan takut meminta pasangan untuk melamar kamu. Tapi di titik ini, banyak wanita memulainya dengan cara yang salah seperti memborbardir pasangan dengan pertanyaan “Kapan kamu nikahi aku? Kapaaaaaaaaaaaan?”, ngambek dan ngedrama berbulan-bulan karena ingin cepat dinikahi, atau mengancam bakal meninggalkan pasangan kalau tidak segera digandeng ke pelaminan. Cara ini bukan cara yang cerdas karena malah membuat pasangan lari terbirit-birit kalau kamu menggunakan cara seperti itu.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membuat pasangan melamar kamu secepat dan setepat mungkin?

Caranya bisa kamu ketahui di ebook Buat Dia Melamar Kamu yang bisa membuatnya memutuskan untuk berkomitmen menikahi kamu, sambil membuatnya mengira itu keputusan yang dia buat sendiri. Ada belasan langkah praktis yang wajib kamu praktikkan ke pasangan agar dia sadar bahwa menunda untuk menikahi kamu adalah keputusan yang salah. Ingat, kamu terlalu berharga untuk dibiarkan terlunta-lunta tanpa kepastian hubungan di masa depan.

Yuk dapatkan ebook-nya di LINK bawah ini:

BUAT DIA MELAMAR KAMU

cover_bdmk

Jangan lupa dipraktikkan ya!

Share Your Thoughts