Tanda Kamu dan Pasangan Perlu Konseling Demi Rumah Tangga Harmonis

Rumah Tangga Harmonis Kelas Cinta

Semua pasangan pastinya menginginkan rumah tangga harmonis. Dalam impian rumah tangga harmonis tersebut tersimpan keinginan dan harapan dari kamu dan pasangan. Seperti misalnya, kamu menginginkan pasangan lebih peka dan perhatian sedangkan pasangan menginginkan kamu untuk lebih romantis dan selalu ada buatmu setiap saat.

Apakah memiliki harapan dan ekspektasi seperti itu salah? Tentu tidak. Namun, dalam usahamu mewujudkan ekspektasi tersebut, pasti akan menemui hambatan. Baik dari penolakan pasangan yang merasa keberatan dengan ekspektasimu maupun sebaliknya. Konflik inilah yang apabila tidak segera ditangani dengan cerdas, ekspektasi rumah tangga harmonis akan makin susah untuk diwujudkan.

Untuk itulah konseling pernikahan hadir untuk kalian. Tidak hanya membantu kalian menyelesaikan masalah rumah tangga, tetapi juga mendorong kalian untuk bekerja sama membangun rumah tangga harmonis. Inilah beberapa permasalahan rumah tangga yang bisa kamu selesaikan dalam konseling agar rumah tangga harmonis setiap saat.

1. Kamu dan Pasangan Sering Bertengkar

andrew-neel-199490
via Unsplash

Inilah permasalahan yang jelas-jelas wajib diselesaikan bersama konselor atau relationship coach, yakni belajar berkomunikasi secara lebih cerdas dan sehat. Semua pasangan pasti pernah mengalami pertengkaran, tetapi mereka selalu punya pilihan untuk menyelesaikannya dengan cara yang sehat dan efektif atau cara kekanakan dan merusak. Konsultasi dapat membantu kamu dan pasangan mencari tahu metode penyelesaian masalah yang paling efektif untuk kalian, serta menemukan cara untuk berkomunikasi dengan hormat dan dewasa.

2. Kamu dan Pasangan Cekcok dan Berdebat Secara Konstan

scott-webb-252718
via Unsplash

Cekcok dan saling menyindir terkesan sangat sepele, tetapi jika dilakukan secara konstan, berarti ada masalah besar tersembunyi yang diabaikan kamu dan pasangan. Apabila terus dibiarkan, kebencian akan tumbuh di antara kamu dan pasangan. Setiap interaksimu dengannya selalu bikin kamu gerah dan gampang marah.

Hal ini disebabkan karena pasangan tidak tahu cara berkomunikasi yang baik. Bisa juga pasangan tidak sadar kebiasaan mereka satu ini sangatlah buruk dalam hubungan. Apapun alasannya, segera bicarakan saat konselor demi rumah tangga harmonis.

3. Kamu dan Pasangan Sama Sekali Tidak Menemukan Kecocokan

crew-56839
via Unsplash

Bertengkar dan cekcok tidak hanya salah satu konflik yang terjadi dalam hubungan. Terkadang, ada kalanya kamu dan pasangan tidak menemukan kecocokan saat berkomunikasi. Ketidakcocokan ini sering menjadi penyebab kesalahpahaman dan salah satu pihak yang merasa kurang didengar atau dipahami. Berkonsultasi dapat membantu kamu dan pasangan menemukan persamaan dalam gaya berkomunikasi kalian, sekaligus belajar beradaptasi untuk saling memahami satu sama lain.

4. Ketika Kamu dan Pasangan Berpura-pura Rumah Tangga Kalian Baik-Baik Saja

rachael-crowe-78854
via Unsplash

Demi menghindari pertengkaran, salah satu dari kalian akan mengalah. Tidak ada salahnya mengalah, tetapi jika kamu melakukannya karena tidak mau berdiskusi dan malas menghadapi konflik, lebih baik segera konsultasikan masalahmu. Berpura-pura semuanya baik-baik saja hanya akan tetap menumpuk masalah terus-menerus. Relationship coach dapat membantu kamu dan pasangan mengatasi masalah secara aman dan nyaman untuk kalian.

Content continue below...

5. Kamu dan Pasangan Terus Mengulangi Masalah dan Kesalahan yang Sama

ryan-franco-235101 (1)
via Unsplash

Ketika kamu dan pasangan terus cekcok dan bertengkar tentang topik atau kesalahan yang sama dan tidak kunjung menemukan titik terang setiap kali kalian membahasnya bersama, saatnya mulai pertimbangkan untuk berkonsultasi. Konsultasi akan membantu kalian menemukan akar permasalahan dan mencari tahu apakah kalian bisa memecahkan masalah tersebut dengan adil atau tidak.

6. Ketika Kamu dan Pasangan Hendak Melakukan Keputusan Besar

artsy-vibes-258619
via Unsplash

Kamu tidak perlu menunggu masalah tiba untuk melakukan konsultasi! Konsultasi sangat membantu apabila kalian hendak melakukan keputusan atau perubahan besar dalam hidup, seperti pindah rumah, memiliki anak, atau pun memasuki tahap baru lainnya dalam rumah tangga. Pasangan yang memiliki rumah tangga harmonis adalah yang tidak takut mengambil antisipasi dan menyiapkan diri untuk perubahan di depan mata.

7. Ketika Kalian Memiliki Masalah Keuangan yang Menghalangi Kalian Memiliki Rumah Tangga Harmonis

alejandro-escamilla-2 (1)
via Unsplash

Inilah salah satu masalah terbesar dalam rumah tangga. Setiap pasangan pasti pernah bertengkar soal uang. Mungkin kalian bertengkar tentang siapa yang lebih boros, atau menemukan perbedaan dalam cara mengelola keuangan. Apapun itu, masalah yang ada kaitannya dengan keuangan sama sekali tidak boleh diabaikan dan harus segera dikonsultasikan apabila diperlukan.

8. Ketika Kamu dan Pasangan Memiliki Keinginan yang Berbeda

jon-asato-246160 (1)
via Unsplash

Pacaran saja sudah sulit, apalagi menikah, khususnya ketika kalian menemukan keinginan yang berbeda. Mencari jalan tengah atau celah kompromi bisa sangat susah! Daripada dipendam terus dan menjadi sumber konflik yang tidak ada habisnya, konsultasikan saja dengan relationship coach terpercaya kamu untuk mendapat pencerahan.

9. Kamu dan Pasangan Memiliki Masalah Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga

sweet-ice-cream-photography-247759
via Unsplash

Cepat atau lambat, semua pasangan akan memiliki masalah perselingkuhan. Masalah perselingkuhan apapun, baik godaan selingkuh, salah satu dari kalian sudah berselingkuh, pihak yang berselingkuh ingin rujuk, atau yang diselingkuhi ingin berpisah, sebaiknya bicarakan segera dengan relationship coach untuk menemukan solusi yang terbaik. Perselingkuhan adalah salah satu masalah terberat dalam hubungan, sehingga kalian membutuhkan dukungan eksternal untuk bisa menyelesaikannya.

Share Your Thoughts