5 Kreativitas Membuat Tradisi Ramadan Baru Bersama Pasangan

Tradisi Ramadan Kelas Cinta

Karena sudah cukup lama bersama, kamu dan pasangan telah melewati beberapa bulan Ramadan dan hari raya. Mungkin kalian menjalaninya seperti biasa, sebelum kalian menyadari betapa beruntungnya kalian karena sudah berhasil melewati beberapa kali hari raya bersama-sama. Jadi, tentu tidak ada salahnya kalian membuat tradisi Ramadan, bukan?

Membuat tradisi Ramadan baru bersama pasangan bisa sangat menyenangkan, tetapi juga mendebarkan. Kamu dan pasangan berasal dari keluarga atau suku yang berbeda, sehingga pastilah kalian akan menemukan beberapa perbedaan perspektif tentang cara kalian merayakan bulan suci ini.

Pada saat inilah kalian harus bisa mengetahui caranya membentuk tradisi Ramadan baru bersama-sama dengan mencari tahu apa saja yang kalian sukai dan ingin kalian hadirkan saat Ramadan. Berikut ini adalah 5 cara kreatif membuat tradisi Ramadan baru bersama pasangan yang sejalan dengan keinginan dan prinsip kalian berdua!

1. Bicarakan Apa Saja yang Menurut Kalian Sangat Penting Pada Bulan Ramadan

harits-mustya-pratama-74873
via Unsplash

Tentunya kalian harus mengkomunikasikan apa yang bagi kalian sangat penting pada bulan Ramadan. Misalnya, pasangan senang ada sajian kolak dan gorengan saat berbuka puasa, beribadah bersama di masjid, dan lain sebagainya. Bagaimana denganmu? Mungkin kamu suka mengundang teman-teman dan kerabat untuk acara bukber, ngabuburit berdua sambil menunggu waktu berbuka tiba, dan memasak makanan untuk santapan buka puasa bersama.

Jika kalian sudah tahu apa saja yang kalian sukai dari bulan Ramadan, kalian akan lebih mudah menggabungkan seluruhnya menjadi tradisi baru!

2. Jangan Lupakan Tradisi Ramadan Dari Keluarga Masing-Masing

pexels-photo-353259
via Pexels

Hanya karena kalian sedang membuat tradisi Ramadan baru, bukan berarti kalian harus melupakan yang lama. Kamu dan pasangan pasti memiliki prinsip serta tradisi Ramadan yang berbeda karena bawaan dari keluarga masing-masing. Tunjukkanlah dengan melakukan beberapa tradisi keluarga masing-masing saat Ramadan. Dengan begitu, kalian tidak akan melupakan keluarga satu sama lain meskipun saat ini kalian sedang memulai tradisi baru bersama-sama.

Content continue below...

3. Lalu, Gabungkan Semua Tradisi Lama dan Tradisi Baru!

pexels-photo-289701
via Pexels

Setelah tahu apa yang kalian inginkan pada tradisi baru serta melakukan tradisi keluarga masing-masing, saatnya menggabungkan seluruhnya menjadi satu. Apapun tradisi baru yang lahir nantinya, pastikan kamu dan pasangan sudah menyempatkan waktu untuk membicarakan apa saja tradisi yang sangat penting bagi dia dan bagi kamu juga.

4. Singkirkan Tradisi Lama yang Kamu Benci

pexels-photo-354984
via Pexels

Selain membicarakan apa saja tradisi penting dan disukai oleh kamu dan pasangan, tidak ada salahnya membicarakan apa saja bagian dari tradisi keluarga pasangan yang dia benci dan sebaliknya. Pilihlah tradisi mana saja yang sekiranya sangat cocok untuk digabungkan menjadi tradisi baru kalian, baik itu dari tradisi dari keluarga atau tradisi baru yang kalian buat.

5. Buatlah Tradisi Baru Bersama-sama Dari Aktivitas Ramadan yang Pernah Kalian Lakukan

pexels-photo-247975
via Pexels

Apakah ada aktivitas atau kegiatan Ramadan yang cukup membekas di benak kamu karena aktivitas tersebut sangat menyenangkan dan membuat suasana Ramadan kamu dan pasangan terasa lebih meriah? Jika ada, lakukan lagi aktivitas tersebut. Baik pergi ke event Ramadan, bukber dengan pasangan sepulang kerja, jalan-jalan ke luar kota sebelum hari lebaran, memasak atau menikmati menu khas Ramadan, melakukan kegiatan amal, dan lain sebagainya.

Tradisi baru tidak selalu melupakan tradisi lama. Meskipun kalian sudah menjadi partner, bukan berarti kalian boleh melupakan prinsip, keyakinan, dan tradisi yang telah tertanam pada diri kalian. Ingat, tradisi baru tersebut akan menjadi bagian dari diri kalian dan calon keluarga kalian di masa depan!

Share Your Thoughts