Kurang Tidur? Hindari 5 Hal Ini

Home Articles Kurang Tidur? Hindari 5 Hal Ini

Kurang tidur menjadi hal yang lazim bagi kita yang bekerja dan bersekolah setiap harinya. Akibat dari kurang tidur, aktivitas yang dijalani pada siang hari menjadi kurang optimal. Biasanya, kita mengatasi kurang tidur dengan berbagai cara yang dianggap efektif untuk tubuh. Namun, patut diperhatikan bahwa cara-cara tersebut umumnya malah akan merusak tubuh dan mengacaukan jadwal tidur kita.

Menurut pakar kesehatan Mark Muehlbach, Ph.D., mengurangi jam tidur berdampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Kurang tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah dalam hubungan, suasana hati mudah berubah-ubah, meningkatnya risiko kecelakaan kerja, dan bolos kerja.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Jika kamu kurang tidur, hindari 5 hal ini karena hanya akan memperparah kondisimu.

Tidur Siang Terlalu Lama

Ya, menggoda sekali rasanya mencuri waktu pada siang hari untuk meneruskan tidur yang kurang cukup pada malam hari. Menurut pakar tidur sehat Dr. Robert S. Rosenberg, tidur siang selama 20 menit sudah cukup memenuhi kurangnya selama 4 jam. Namun, tidur siang selama lebih dari 45 menit dapat menyebabkan sulit tidur pada malam hari.

Terlalu Banyak Kafein

Menurut Rosenberg, hindari mengonsumsi kafein secara berlebihan untuk menghilangkan rasa kantuk. Mengonsumsi kafein berlebihan dapat mengganggu jadwal tidur yang sudah terekam dalam tubuh dan mudah merusak suasana hati sehingga orang lebih mudah marah.

Menyetir Jarak Jauh

Meskipun tidak sadar, saat seseorang mengalami kekurangan tidur, waktu respons mereka terhadap sesuatu jadi lebih lama. Sebuah penelitian melalui driving simulator mengungkapkan bahwa partisipan tidak sadar mereka terlambat mengerem mobil dan cenderung menyetir di luar jalur saat kurang tidur.

Olahraga Berlebihan

Meskipun lari-lari kecil dapat meningkatkan energi, olahraga terlalu keras dan berlebihan dapat membahayakan. Jadi, jika kamu kurang tidur dan memaksakan diri berolahraga dapat berisiko cedera karena kurang tidur dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan motorik. Jadi, lakukan olahraga kecil atau beristirahat saja.

Junk Food

Menurut Muehlbach, orang yang kurang tidur cenderung memakan makanan yang tidak sehat. Para peneliti dari Universitas Columbia menyatakan bahwa makanan cepat saji terlihat lebih lezat saat kurang tidur. Jadi, lawan keinginan untuk memakan junk food karena memakan junk food dapat menyebabkan kamu lebih lambat dan kurang responsif.