3 Alasan Anda Takut Jatuh Cinta

Rose On Wood BW

Mendengar kata ‘jatuh cinta’, apa yang terbayang oleh Anda? Apakah di antara bayangan-bayangan tersebuat ada kata “takut jatuh cinta”?

Walau semua orang mengaku jatuh cinta itu berjuta-juta rasanya, tapi diam-diam banyak juga yang mengakui bahwa mereka sering dicekam rasa takut jatuh cina saat memulai hubungan cinta. Mulai dari takut salah langkah, takut ditolak, takut mengulangi kesalahan yang sama seperti hubungan sebelumnya, takut salah memilih, dan segudang takut ini-itu lainnya.

Salah satu cara untuk mengatasi rasa takut adalah dengan memahami sumber rasa takut itu sendiri. Saya setuju sekali. Berikut ini adalah tiga buah penyebab Anda merasa takut jatuh cinta serta bagaimana mengatasinya.

Berpikir serius terlalu cepat.

Jelas kita semua ingin punya sebuah hubungan cinta yang langgeng untuk seumur hidup, tapi ekspektasi kejauhan seperti itu bisa membuatmu kaku lumpuh di masa-masa PDKT. Kalau saat single Anda sudah memikirkan tetek-bengek membina rumah tangga sempurna, wajar Anda jadi cemas was-was sehingga sulit jatuh cinta.

OBATNYA: lupakan deadline pernikahan, bergaul saja secara santai tanpa target buru-buru, karena justru dengan begitu hatimu lebih mudah terjatuh (cinta).

Pengalaman trauma masa lalu.

Kalau Anda pernah dilukai, Anda cenderung jadi lebih sensitif setiap kali berurusan di area yang sama. Jadi jika hati Anda pernah dikecewakan oleh orang yang Anda cintai, tentunya memori itu akan membekas dan menakut-nakuti Anda supaya tidak mengalami hal yang sama lagi.

Content continue below...

OBATNYA: ubah memori itu jadi poin-poin pelajaran positif untuk hubungan berikutnya, bukannya untuk mencurigai setiap orang baru yang Anda temui!

Memusingkan apa kata orang.

Orangtua, keluarga besar, sahabat dekat, temannya teman, dan kenalan baru pasti punya pendapat mereka masing-masing tentang bagaimana kehidupan cinta Anda seharusnya. Berusaha mengikuti dan menyenangkan mereka semua adalah cara jitu untuk takut jatuh cinta. Anda jadi tegang bingung menuruti petuah-petuah mereka yang seringkali saling bertentangan. Orang yang serius tegang itu sulit jatuh cinta, dan jarang juga orang yang jatuh cinta pada orang demikian.

OBATNYA: buat nilai dan peraturan Anda sendiri dalam hubungan cinta agar Anda tidak perlu sibuk mengikuti apa kata orang-orang. Karena kata-kata orang tidak akan pernah ada habisnya!

Dalam materi pelatihan Hitman System, saya sering mengajar bahwa ‘jatuh cinta’ adalah efek dari permainan yang indah dan menyenangkan. Demikianlah sebuah hubungan bisa berkembang jadi pernikahan yang membahagiakan.. pasti dimulai dari sesuatu yang santai menyenangkan, bukan serius menakutkan.

Share Your Thoughts